news
TOP OPINI FOOTBALL
Momen Perlawanan! Arteta Akan Pimpin Tim yang Bakal Mengalahkan Corona
14 March 2020 09:20 WIB
berita
Mikel Arteta, Pelatih Arsenal FC. -TopSkor.Id/Istimewa-
SUDAH berbusa seluruh dunia membicarakan virus Corona. Sudah berkerut kening pula para ilmuwan mencari vaksi untuk membunuh virus ganas itu. Corona pada hakikatnya telah menjangkiti segala aspek kehidupan manusia. Semuanya dikaitkan dengan Corona sehingga yang sehat pun kini seperti tertular secara batin.

Sudah pasti pula berdampak begitu hebatnya di arena sepak bola. Diawali dengan penundaan di sana-sini, hingga penghentian untuk jangka waktu yang lama. Puncaknya, insan sepak bola ada yang terjangkit virus ini. Daniele Rugani, bek tengah Juventus, pesepak bola di level atas pertama yang kena.




Baca Juga :
- Lautaro Harga Pas! Barca Siapkan Opsi Kejar Timo Werner, Harga Terjangkau
- Kebanyakan Titel, WBC Semrawut! Gelar Juara Dunia Petinju Ini Dicabut tapi Dikembalikan Lagi


Berselang sehari, pelatih Arsenal Mikel Arteta dan winger Chelsea Callum Hudson-Odoi pun dikarantina. Ada pula Manolo Gabbiadini, striker Sampdoria yang senasib dengan mereka. Lalu, ada tiga pemain Leicester City yang diyakini sudah positif Corona. Pelatih Leicester Brendan Rodgers belum mau mengungkap siapa saja mereka.

Dari hasil up-date, ternyata sudah banyak sekali yang terserang. Sampdoria yang paling banyak. Albin Ekdal, Morten Thorsby, Omar Colley, dan Antonino La Gumima. Ada pula dari Hannover, klub Bundesliga, Jannes Horn dan Timo Hubbers. Dari Fiorentina ada Dusan Vlahovic.


Baca Juga :
- Messi Permalukan Madrid di Santiago Bernabeu tapi Ronaldo yang Tertawa Belakangan
- Tak Hanya Modal Cantik dan Seksi, Beberapa WAGs Ini Punya Otak Encer, Sempurna!


Kini, Corona mulai menjajah Eropa. Setelah si virus tampaknya sudah jenuh di Wuhan, benua biru jadi wilayah barunya. Lebih dari 1.000 orang meninggal di Italia dan ratusan positif Corona di seantero Eropa. Termasuk daftar panjang para pemain di Eropa itu.

Corona belum ditemukan vaksinnya. Saat seseorang terkena Corona, dia dikarantina dan hanya dilakukan perawatan untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh. Artinya, sejauh ini, Corona hanya bisa diusir oleh tubuh manusia itu sendiri. Makin sehat dan bugar tubuh itu, Corona bisa dikalahkan.

Karantina hanya sarana agar tubuh tetap terjaga kebugarannya, atau dibuat makin bugar dan sehat. Ada obat yang diberikan untuk meredakan efek yang ditimbulkan. Selebihnya, vitamin dan makanan bergizi tinggi jadi asupan selama dikarantina. Tak lupa berolahraga selama dikarantina bila masih mampu.

Arteta dan para pemain itu dikarantina saat tubuh mereka terlihat bugar. Ya, atlet, khususnya pesepak bola adalah manusia paling bugar. Dan, Corona mau coba-coba menghajar mereka. Nanti dulu. Virus bisa saja masuk dengan berbagai cara. Artinya, mereka sangat mungkin tertular tapi apakah bisa membuat mereka jadi roboh.

Dalam berbagai pemberitaan, Rugani dan Hudson-Odoi dalam kondisi yang baik-baik saja. Para pemain ini harus sembuh. Mereka harus melawan Corona dan menang. Setelah itu, jadilah para pemain ini simbol perlawanan manusia terhadap Corona. Momennya, saat mereka dikarantina lalu keluar dengan kabar baik.

Artinya, tubuh pintar pemberian Tuhan ini punya obat terbaik yang bisa mengalahkan Corona. Selama ini, pemberitaan terbanyak hanya soal jumlah manusia yang terjangkit dan yang meninggal. Para pemain yang tersebar di Eropa itu harus sembuh. Kalahkan Corona dengan tubuh bugar mereka.

Setelah itu, jadikan mereka kampanye positif tentang perlawanan manusia terhadap Corona. Efeknya akan bagus mengingat para pemain itu, punya tim yang masing-masingnya memiliki fan yang banyak. Bagusnya lagi, Arteta bikin grup WA saja yang anggotanya para pemain yang kena Corona.

Lalu, Arteta terus memantau para anggota grup dengan memonitor perkembangan sambil menyemangati. Ini seperti memimpin tim yang sedang berlaga. Hampir sama, bedanya yang dlawan Corona. Sampai saat ini, jika para pemain itu dikumpulkan sudah bisa jadi sebuah kesebelasan.

Semoga jangan bertambah dan mereka ini harus sehat. Nantinya, mereka bisa jadi contoh bahwa Corona bisa dikalahkan dengan tubuh yang bugar dan sehat. Istirahat cukup, asupan gizi baik, dan olahraga jika masih mampu. Cegah Corona jangan sampai menyerang paru-paru, bagi pasien yang sudah terjangkit.

Virus tak dapat dihindari tapi bisa dikalahkan oleh tubuh manusia itu sendiri. Perlawanan sedang berlangsung di karantina masing-masing pemain. Media Eropa terus mengawasi perkembangan mereka. Harapannya, mereka bisa bergabung dengan pemain lain dan menyebarkan semangat ke seluruh dunia untuk melawan Corona dengan tubuh yang sehat.*

D
Penulis
Dedhi Purnomo
BarC4!