news
LIGA 1
Tercipta 21 Gol dalam Sembilan Laga Pekan Pertama, Deretan Trisula Penyerang Klub Liga 1 Ini Unjuk Ketajaman
04 March 2020 14:37 WIB
berita
Penyeramh sayap Persija Riko Simanjuntak/Foto:TopSkor/Ady Sesotya
JAKARTA – Euforia pekan pertama kompetisi Liga 1 2020 sudah dijalani 18 kontestan. Meski baru “pemanasan”, tim dan para pemain langsung unjuk gigi memperlihatkan performa dan motivasi tinggi. Bahkan dari sembilan laga sudah tercipta 21 gol.

Beberapa laga juga diwarnai terciptanya banyak gol. Tercatat hanya dua laga yakni Persiraja Banda Aceh melawan Bhayangkara FC dan Bali United kontra Persita Tangerang yang berakhir tanpa gol.




Baca Juga :
- Akademi Sepak Bola yang Baru Didirikan Mantan Striker Asing PSIS Ini Belum Bisa Berjalan karena Virus Corona
- Persija Sikapi SK PSSI Terkait Gaji Pemain dan Ofisial


Di luar dua laga itu, tercatat semua berakhir dengan jumlah gol lebih dari satu. Bahkan tiga laga dihujani tiga hingga lima gol. Dengan produktivitas menggigit ini, penampilan menawan lini depan dengan penyelesaian akhir nan tajam membuat performa pekan perdana kompetisi kasta tertinggi ini begitu memukau.

Pada laga Persija Jakarta melawan Borneo FC di Stadion Gelora Bung Karno, Minggu (1/3), lima gol tercipta dengan hasil 3-2 untuk kemenangan Macan Kemayoran. Penampilan apik trio Osvaldo Haay-Riko Simanjuntak-Marko Simic membuat Jakmania tersenyum lebar.


Baca Juga :
- Zalnando, Bek Persib, Tetap Jalankan Bisnisnya di Tengah Wabah Corona
- Kisah Yaris Riyadi, Pesona si Ucing yang Menancapkan Kukunya di Persib Bandung


Osvaldo dan Simic masing-masing mencetak satu gol, sedangkan Riko menyumbang dua assist. Sebuah kolaborasi meyakinkan dari para penggawa Persija.

Kemudian di Stadion Gelora Ratu Pamelingan, Madura United juga memperlihatkan ketajaman dengan menang 4-0 atas Barito Putera. Trio Alberto Goncalves-Bruno Matos-Emmanuel Oti mencuri perhatian. Beto mencatat dua gol, Oti mencetak satu assist, serta Bruno menyumbang satu gol dan satu assist pada proses gol Jaimerson.

Performa meyakinkan matchday pembuka ini juga diperlihatkan duet Geoffrey Castillion-Wander Luiz yang dimiliki Persib Bandung. Ketajaman keduanya membuat Maung Bandung menang 3-0 atas Persela Lamongan. Luiz menyumbang dua gol, Castillion mencetak satu gol dan satu assist.

Begitu pula Persipura Jayapura yang menang 2-0 atas PSIS Semarang di Stadion Klabat, Manado. Gol Boaz Solossa dan Gunansar Mandowen memperlihatkan ketajaman tim asuhan Jakcsen F Tiago ini.

Pengamat sepak bola Agustiar Batubara mengaku kaget dengan penampilan pemain depan para kontestan Liga 1 dalam pekan perdana. “Biasanya ada demam panggung saat laga perdana. Tapi nyatanya langsung tancap gas. Ini bukti mereka sangat siap bertarung pada kompetisi musim ini,” kata Agustiar, Senin (2/3).

Namun, ia memprediksi suatu saat nanti para juru gedor yang sudah menunjukkan taringnya bakal dapat ujian berat. “Perjalanan kompetisi baru dimulai dan masih sangat panjang. Kita belum bisa prediksikan apa pun saat ini,” Agustiar menambahkan.

“Sebab tim macam Persebaya Surabaya juga punya potensi besar namun belum terlihat karena baru mencetak satu gol dalam laga pembuka. Itu juga lewat bek bukan pemain depan,” mantan pemain Deltras Sidoarjo itu menambahkan.

Sementara itu mantan striker timnas Budi Sudarsono menilai motivasi tinggi begitu terlihat dari para pemain lini depan. “Bagi seorang pemain, bisa langsung mencetak gol dalam laga-laga awal adalah hal yang bagus untuk kedepannya,” kata pemain yang punya julukan “Ular Piton” saat masa jayanya itu.

Budi berharap banyaknya pemain asing berkualitas yang masuk ke Indonesia membawa dampak positif untuk pemain lokal. “Mungkin untuk barisan pencetak gol terbanyak nanti masih didominasi pemain asing. Artinya, pemain lokal bisa menimba ilmu dari para striker asing ini,” ucap mantan pemain Persija itu.*Sri Nugroho

news
Penulis
Kunta Bayu Waskita
Nyaman di Harian TopSkor, Mantap di TopSkor.id
news
news