news
LIGA SPANYOL
Fakta Menarik Jelang Bergulirnya El Clasico
26 February 2020 14:40 WIB
berita
Lionel Messi dan Sergio Ramos saat melakoni laga El Clasico jilid pertama di 2019/20.-TopSkor.Id/LaLiga-
MADRID - Partai El Clasico antara Real Madrid dan FC Barcelona akan berlangsung akhir pekan nanti (1/3) di Santiago Bernabeu. Kedua tim sama-sama menjalani pertandingan Liga Champions di tengah pekan sebelum memainkan laga, dan praktis berpengaruh pada tingkat kebugaran para pemainnya.

Namun apapun itu yang jelas pertandingan ini selalu berlangsung panas, walau dalam kondisi tak stabil. Selain itu, pada akhir pekan nanti ada fakta-fakta menarik yang menarik untuk disimak. Berikut adalah ulasannya:

  • Wajah-wajah baru yang akan berlaga di El Clásico untuk pertama kalinya:
    • Martin Braithwaite: Penyerang asal Denmark ini baru bergabung dengan Barcelona pada 20 Februari lalu dari Leganés sebagai penyerang darurat, karena Ousmane Dembélé kembali mengalami cedera parah.
    • Júnior Firpo: Júnior Firpo datang ke Barcelona dari Real Betis pada musim panas lalu, tapi belum diikutsertakan dalam skuat yang bertanding di El Clásico pertama musim ini. 
    • Luka Jovi?: Pemain berusia 22 tahun ini biasanya menjadi cadangan Karim Benzema, tetapi ia dapat diturunkan oleh Zinedine Zidane jika Real Madrid membutuhkan gol di babak kedua. 
    • Quique Setién: Datang ke Barcelona pada Januari lalu untuk menggantikan Ernesto Valverde, Setién memiliki catatan impresif ketika melawan Real Madrid, terutama di Santiago Bernabéu. 
  • Sejarah El Clásico: Lima pemain terhebat sepanjang sejarah:
    • Lionel Messi: Tidak ada yang meragukan kemampuan Messi dalam pertandingan ini. Pemain asal Argentina ini adalah top skorer sepanjang masa El Clásico, dengan 26 gol dari 40 penampilan. 
    • Cristiano Ronaldo: Penyerang asal Portugal ini menghabiskan karir puncaknya bersama Real Madrid, dan menjadi bintang di El Clásico sejak tahun 2009 hingga 2018. Secara keseluruhan, ia mencetak 18 gol dari 30 penampilan El Clásico.
    • Alfredo di Stéfano: Setelah secara kontroversial memilih Real Madrid dibanding Barcelona pada 1953, Di Stéfano memulai kisah El Clásico-nya dengan dua gol dalam kemenangan 5-0 Madrid atas Barça, dan setelah itu ia juga mencetak gol dalam kemenangan 4-0 di tahun 1963.
    • Luís Figo: Setelah bermain dalam 13 pertandingan El Clásico dan mencetak tiga gol untuk Barcelona pada tahun 1995 hingga 2000, pemain sayap asal Portugal ini pindah ke ibukota dan menghadapi mantan timnya sebanyak 10 kali, dalam balutan seragam putih Real Madrid. 
    • Sergio Ramos: Kapten Real Madrid saat ini memegang rekor sebagai pemain dengan penampilan El Clásico terbanyak dalam sejarah (43), mengungguli nama-nama seperti Manuel Sanchís, Paco Gento, Xavi Hernández, dan Lionel Messi. Meskipun fokus utamanya adalah bertahan, Ramos tak segan untuk menyerang dan telah mencetak empat gol sejauh ini.
  • Real Madrid dan Barcelona bersiap untuk mencatatkan sejarah, ketika LaLiga bersiap menghelat El Clásico:
    • Kedua tim akan menghadapi pertandingan El Clásico nanti dengan memperebutkan posisi puncak klasemen LaLiga 2019/20, dan sama-sama memiliki catatan 72 kemenangan dalam El Clásico.
    • El Clásico pertama terjadi pada bulan Februari 1929, dimana Madrid berhasil menang 2-1 atas Barcelona, di stadion Les Corts milik Barcelona. Barça berhasil balas dendam dengan menang 1-0 di Stadion Chamartín milik Real Madrid, dan kemenangan tersebut membantu mereka menjuarai gelar LaLiga pertama dengan keunggulan dua poin dari Real Madrid.
    • Rivalitas El Clásico kemudian menjadi aspek penting di tiap musim LaLiga. Musim 1934-35 menghasilkan dua hasil pertandingan impresif, dimana Barça berhasil menang 5-0 di Les Corts, sebelum Real Madrid berhasil membalikkan keadaan dengan menang 8-2 di Chamartín.



Baca Juga :
- Mengerikan! Begini Starting XI Terbaik Versi Jose Mourinho, Sejumlah Nama Penting Tidak Masuk!
- Real Madrid Pantau The Next Kaka


I
Penulis
Igor Hakim
news
news