news
TOP INTERVIEW
Indra Thohir Menilai Pemangku Kepentingan Daerah Harus Dilibatkan sebagai Pembina atau Penasihat Persib
25 February 2020 19:13 WIB
berita
Mantan pelatih Persib Indra Thohir/Foto:TopSkor/Istimewa
BANDUNG – Dalam usianya yang sudah menginjak 79 tahun, Indra Thohir masih terlihat lincah. Mantan pelatih Persib Bandung itu masih terlibat dalam urusan sepak bola bersama para mantan pemain Persib yang diantarkannya jadi juara Liga Indonesia perdana musim 1994/95 lalu.

Mereka berkeliling Jawa Barat untuk bertanding persahabatan atas undangan manajemen Persib yang bekerja sama dengan salah satu sponsor. Bagaimana keseharian Indra saat ini? Apa harapannya terhadap Persib musim ini? Berikut obrolannya dengan TopSkor di sela acara Forum Wartawan Persib (FWP) Awarding 2019, Minggu (23/2) malam:




Baca Juga :
- Yanto Basna dan Victor Igbonefo Masuk Daftar Best Eleven Thai League
- Ritual-ritual Khusus Pemain Liga 1 Sebelum Bertanding


Apa kabar Pak Indra?

Alhamdulillah baik. Senang bisa diajak bergabung di acara Forum Wartawan Persib menggelar penyerahan awarding buat insan sepak bola.


Baca Juga :
- Selepas Wabah Corona Persib Bisa Berlari Kencang
- Alasan Robert Rene Alberts Selalu Pakai Topi, Awalnya karena Cewek


Anda terpilih sebagai Lifetime Achievement versi FWP. Komentarnya?

Jelas bangga. Ini hadiah yang indah pada usia senja saya. Enggak pernah menyangka dapat penghargaan ini. Apalagi, ketika masih aktif melatih, tidak ada forum-forum wartawan yang peduli dengan kiprah pelatih dan pemain. Apalagi menganugerahi kami dengan piala. Terima kasih untuk terus peduli dengan praktisi sepak bola.

Berarti ini anugerah pertama yang Anda terima selama jadi bagian Persib?

Betul. Ini anugerah pertama yang saya terima sejak jadi pelatih Persib dulu. Semoga tahun berikutnya acara ini terus ada untuk menggairahkan semangat Persib, juga sepak bola di Bandung dan Jawa Barat.

Selama tidak bersinggungan dengan Persib, bagaimana atensi Anda terhadap Maung Bandung?

Saya besar bersama Persib. Tentu tidak bisa melupakan tim ini. Saya tetap memperhatikan Persib dan berharap Persib semakin besar. Terus berkembang lebih baik lagi.

Menurut Anda, Persib sudah berada di jalur sebenarnya dalam setiap aktivitasnya?

Sekarang Persib sudah dikelola secara profesional. Pasti banyak kemajuannya. Bisa berbuat banyak menggelorakan prestasi. Kita tinggal menunggu perjuangan tim dalam kompetisi nanti. Berharap yang terbaik, sudah pasti.

Kalau ada kekurangan, menurut Anda dari sisi mana?

Dikelola oleh siapa pun, saya hanya berharap Persib semakin besar. Makin aktif menyatukan elemen masyarakat dalam mencintai dan mendukung Persib. Itu yang harus terus dibuat manajemen. Demi Persib dan masa depannya.

Tanpa diminta, rasanya, dengan kecintaannya, masyarakat atau bobotoh akan membesarkan Persib dengan sendirinya...

Betul, saya setuju dengan kenyataan itu. Persib itu lahir dari daerah, lahir dari rakyat dan diperkuat oleh warganya. Saya gembira melihat fenomena itu. Mereka semua bersama-sama manajemen membangun kejayaan dalam pentas sepak bola nasional. Tapi kebersamaan ini tetap harus diikat. Tidak boleh putus.

Kalau sudah seperti itu, lantas apa yang kurang agar Persib tetap besar di daerahnya?

Syarat pertama, Persib tidak boleh pindah home base. Tetap di Bandung apa pun kondisinya. Kemudian, yang tidak kalah penting, meski Persib sudah jadi PT,  pemangku kepentingan di daerah harus dilibatkan. Rangkul mereka sebagai pembina atau penasihat. Jadi Persib jadi semakin besar dan kuat di daerahnya. Eksistensi klub tidak hanya diukur oleh gelar juara. Tapi kekuatan di kotanya juga jadi indikator sebuah tim yang besar.

Kalaupun ada kritik buat Persib, apa kira-kira kritik Anda?

Saya enggak sreg Persib membeli Blitar United yang kini bernama Bandung United. Buat apa? Urgensinya apa? Itu saja.*Dani Wihara

Data Diri

INDRA THOHIR

Lahir: Bandung, 7 Juli 1941

Karier Kepelatihan

1984               Persib (asisten)

1990               PSSI U-14

1993-1995     Persib

1996-1997     Persikabo

2001-2001     Persib

2005-2006     Persib

 

news
Penulis
Kunta Bayu Waskita
Nyaman di Harian TopSkor, Mantap di TopSkor.id
news
news