news
LIGA 1
Faktor Ini Bikin LIB Pede Penyelenggaraan Liga 1 Akan Berjalan Lancar
25 February 2020 15:50 WIB
berita
Cucu Somantri / Foto: Liga Indonesia Baru
JAKARTA – Liga 1 musim 2020 kickoff pada Sabtu (29/2). Cucu Somantri, Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), mengaku optimis penyelenggaraan kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Indonesia berjalan lancar.

Liga 1 musim 2020 diresmikan pada Senin (24/2) kemarin. Kompetisi diresmikan oleh Cucu Somantri, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, serta perwakilan dari sponsor terkait.




Baca Juga :
- Begini Penilaian Pelatih Persita Widodo terhadap Pemain Asingnya
- PSSI Harus Concern Pada Tiga Pilar FIFA Terkait Kelanjutan Kompetisi


Dalam sambutannya, Cucu Somantri mengungkapkan bahwa pihaknya optimis Liga 1 musim 2020 akan berjalan dengan lancar. Selain itu, Liga 1 musim 2020 juga diyakini akan menjadi kompetisi yang lebih menarik dibandingkan musim lalu.

“Ada beberapa faktor yang membuat kami optimis Liga 1 musim ini akan berjalan dengan lancar. Yang pertama adalah durasi kompetisi. Dari pembukaan sampai pekan 34, akan dilangsungkan selama 246 hari. Jumlah tersebut lebih lama dibandingkan musim lalu, yang mencapai totalnya 221 hari,” tutur Cucu Somantri.


Baca Juga :
- Bantu Penanganan Corona, Persija Lelang Jersi dan Sepatu Pemain
- Meski Libur, Gelandang Persiraja Ini Wajibkan Diri Berlatih 45 Menit Setiap Pagi


“Artinya, sebaran rata-rata recovery time masing masing tim berada di angka 4,78 hari. Ini lebih baik dibandingkan musim lalu, mengingat recovery time per tim hanya mencapai 4,68 hari. Dengan begitu semua kontestan akan lebih fokus dan maksimal untuk mempersiapkan diri sebelum pertandingan tiap pekannya. Ujungnya persaingan antar tim akan lebih kompetitif.,” tambahnya.

Faktor kedua yang membuat LIB optimis penyelenggaraan Liga 1 2020 akan lebih seru ketimbang musim lalu adalah perangkat pertandingan.

“Hal lain yang membuat kami optimis adalah adanya tambahan alat yang akan membantu kinerja wasit di setiap pertandingan. Ini sudah menjadi kebijakan umum dari bapak (Mochamad) Iriawan selaku ketua umum. Alat tersebut di antaranya merupakan vanishing spray dan bantuan alat komunikasi wasit,” ucapnya.

Terakhir, Cucu Somantri mengungkapkan bahwa banyak pertandingan akan digelar di akhir pekan. Itu agar seluruh masyarakat Indonesia bisa menyaksikan klub-klub favoritnya berlaga di hari libur.

“Kami juga sudah bekerja dengan maksimal agar pertandingan Liga 1 musim 2020 bisa dinikmati oleh masyarakat Indonesia. Akan ada 238 pertandingan yang disiarkan langsung secara eksklusif di indosiar, dan dari jumlah itu, sekitar 65 persen pertandingan akan diselenggarakan di akhir pekan,” Cucu mengakhiri. ***

M
Penulis
Muhammad Pratama Supriyadillah
news
news