news
LIGA 1
Rohit dan Toncip Siap Mematikan Pergerakan Makan Konate
19 February 2020 21:25 WIB
berita
JAKARTA - Persija bakal menghadapi Persebaya pada final Piala Gubernur Jatim 2020, Kamis (20/2). Kepastian itu didapat setelah pada laga semifinal kedua, kemarin (18/2), tim Bajul Ijo ini berhasil mengalahkan rivalnya Arema FC 4-2 di Stadion Soeprijadi, Kota Blitar.
Jelang menghadapi Persebaya, pasukan Macan Kemayoran sendiri sudah memperlihatkan progres positif. Melakoni turnamen dengan jadwal pertandingan berdekatan dan melelahkan, Riko Simanjuntak dan kawan-kawan tetap mampu tampil prima dalam empat laga.

Lewat PGJ ini pelatih Persija Sergio Farias juga bisa melihat pemain mana saja yang menunjukkan performa yang stabil. Farias bahkan tidak melakukan rotasi besar-besaran dalam setiap pertandingan. Ia hanya melakukan pergantian tiga sampai empat pemain berbeda dari satu laga ke laga lainnya.




Baca Juga :
- Zulfikar Akhmad, si Anak Jurnalis yang Berhasil Menembus Skuat Senior Persebaya
- Setelah Akad Nikah, Bek Persija Ini Urung Menggelar Resepsi karena Wabah Virus Corona


Dari empat laga PGJ yang sudah dimainkan hingga semifinal, praktis hanya lima pemain yang selalu dimainkan dari menit pertama sebagai starter. Kelima pemain itu adalah Otavio Dutra,  Rohit Chand, Tony Sucipto, Riko Simanjuntak, dan Marko Simic. Tiga nama terakhir bahkan selalu tampil penuh selama 90 menit.

Paling mengejutkan tentu ketika pelatih 52 tahun itu lebih memilih memainkan Tony Sucipto ketimbang Evan Dimas. Toncip, sapaannya, memang bisa menjamin keseimbangan saat menyerang dan bertahan.


Baca Juga :
- Ikut Until Tomorrow Challenge, Ramdani Mengenang Timnas Indonesia B
- Legenda Persib Ceritakan Kisah Telur Jimat di Gawang Barito Putera


Kolaborasinya dengan Rohit Chand semakin klik, dan membuat kedua pemain ini saling mengisi. Ditambah tenaga muda Adrianus Dwiki Dharmawan, yang musim ini punya kans besar untuk mendapatkan banyak menit bermain meski dari bangku cadangan.

Toncip dan Rohit pun siap untuk mematikan pergerakan kreator serangan Persebaya Makan Konate pada laga final nanti.

Memastikan tampil di final PGJ, Persija bertekad jadi tim luar Jatim pertama yang angkat trofi PGJ. Sejak kali pertama digelar pada 2002, Persela dan Persik jadi pengoleksi gelar terbanyak dengan lima trofi.

Sementara Arema FC dan Persebaya Surabaya, masing-masing mengoleksi satu piala. Trofi PGJ akan jadi oleh-oleh terbaik bagi Persija sebelum tim melakukan launching pada akhir pekan ini. Rencananya skuat musim 2020 akan diperkenalkan secara resmi di sela uji coba melawan Geylang FC Singapura di Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan, Minggu (23/2) mendatang.

“Turnamen ini bagus untuk memperkuat komunikasi antarpemain jelang Liga 1. Saya mengapresiasi daya juang teman-teman,” kata Riko Simanjuntak. “Syukur kami akhirnya bisa masuk final dan saya berharap bisa membawa piala ke Jakarta. Kami sudah di final dan jangan sia-siakan.”* M BAHRUL MARZUKI/FURQON AL FAUZI


 

R
Penulis
Rizki Haerullah
news
news