news
LIGA 1
Belanja Hemat, Barito Siap Orbitkan 16 Pemain Muda
16 February 2020 20:53 WIB
berita
JAKARTA - Barito Putera tidak mau mengulangi kesalahan di musim lalu. Sejak kompetisi bergulir, tim berjulukan Laskar Antasari ini ingin menunjukkan kapasitas teknik yang luar biasa. Bukan asal meramaikan dan menggenapi kompetisi Liga 1 yang panas dan bergengsi.

Seperti rival-rivalnya yang punya target tinggi, Barito pun ingin bersaing di papan atas. Tim yang diarsiteki Djadjang Nurdjaman tidak silau dengan nama besar rivalnya. Termasuk tim-tim traditional langganan juara, yang banyak dihiasi pemain-pemain berkualitas jempolan.




Baca Juga :
- Hodak: Klub Mandiri saja Menderita, Apalagi yang Masih Bergantung kepada Pemerintah
- Sudah Angkat Koper dari Mes Lama, Persis Solo Belum Punya Mes Baru


Barito percaya diri bisa menjadi tim papan atas. Atau setidaknya, jika meleset, skuat Djanur, sapaan akrab Djadjang, bertengger di peringkat lima atau enam. Tidak boleh melorot lagi. Apalagi sampai terlempar ke posisi di luar 10 besar, seperti kejadian musim lalu.

“Misi awal memang memperbaiki peringkat. Dari 13 di musim lalu, beranjak ke peringkat atas. Atau kalau berat, ya peringkat lima atau enam jadi target akhir yang harus bisa di raih,” kata Djanur.


Baca Juga :
- Kiper hingga Striker Liga Indonesia yang Pernah Tersandung Hukum
- Kompetisi Dihentikan, Mantan Bek PBR Andalkan Pemasukan dari Bisnis Rumahan


“Itu target yang realistis. Karena tidak ada yang tidak mungkin di sepak bola. Semua tim, meski start dan pola perekrutan pemainnya jauh berbeda, tetap berpeluang menjadi yang terbaik. Tetap punya kesempatan mengguncang dan mengubah peta kekuatan," mantan pelatih Persib itu menambahkan.

Armada Barito siap menjadi penghambat tim-tim besar dan beredar di papan atas. Itu sebabnya, Djanur mendaratkan Aleksandar Rakic dari Madura United untuk menambah daya gedor Laskar Antasari. Rakic, pemilik 12 gol di musim lalu adalah nama mentereng dipersepak bolaan Indonesia.

“Rakic memang satu-satunya nama besar yang kami datangkan. Tapi struktur tim tidak jadi lemah karena tidak ada nama besar lainnya di musim ini. Karena masih ada Rizky Pora, M Riyandi, David Maulana, Bayu Pradana yang bisa jadi figur tim,” ucap Djanur.

Ada alasan yang mencukupi manajemen tidak jor-joran melakukan belanja pemain di musim ini. Pasalnya, manajemen ingin lebih banyak menggunakan servis pemain muda yang direkrutnya musim lalu. Plus pemain yang dibidani dari kompetisi Elite Pro Academy.

Itu sebabnya, untuk lini serang, Djanur menyuntikan Ammirudin Bagus Kahfi. Penyerang muda Indonesia yang tengah on fire di timnas usia muda itu, bisa menjadi kartu truf untuk melambungkan prestasi Barito di musim ini. Muda, prosfektif, dan tajam, adalah modal awal Bagus untuk merongrong dominasi para pesaing Laskar Antasari.

“Bagus tengah berkibar di level usianya. Pengalamannya pun sudah cukup. Makanya kami batasi belanja pemain top. Sebaliknya, 16 pemain muda lainnya, kami targetkan muncul di kompetisi musim ini,” ucap Djanur.

Tapi, jika dalam perjalanannya kapasitas teknik mereka tidak sesuai ekspektasi, bahkan membebani perjalanan prestasi tim, antisipasi sudah dipersiapkan. Djanur sudah memperhitungkan segalanya agar prestasi Laskar Antasari tetap berkibar.

“Sepak bola kan dinamis. Semuanya ada cara dan perhitungannya. Risiko pasti ada. Tapi semua pelatih harus bisa menghadapi dan menemukan solusi terbaik,” kata Djanur.*DANI WIHARA

 

 

PROFIL BARITO PUTERA

Nama Lengkap: PS Barito Putera

Berdiri: 21 April 1988

Julukan: Laskar Antasari

Stadion: Demang Lehman, Banjarmasin

Kapasitas: 15.000

Badan Hukum: PT Putera Barito Berbakti

CEO: Hasnuryadi Sulaiman

Manajer: Hasnuryadi Sulaiman

Pelatih: Djadjang Nurdjaman

Posisi musim lalu: peringkat ke-13

Prestasi: Juara Divisi Utama Liga Indonesia  2011/12

 

Skuat resmi Barito

Kiper: Muhammad Riyandi, Aditya Harlan, Setya Beni

Belakang: Dandi Maulana, Cassio Francisco de Jedus, OK John, Yuswanto Aditya, Reva Adi, Nazar Nurzaidin, Kurniawan Karman, Bagas Kaffa,

Tengah: Bayu Pradana, Rafi Syarahil, Ferdiansyah, Danilo Sekulic, Delvin Rumbino, David Maulana, Yashir Pinto, Rizky Pora, Ilham Armaiyn, Ambrizal Umanailo, Sandy Ferizal, Yashir Pinto

Penyerang: Aleksandar Rakic, Kahar Muzakar, Bagus Kahfi

 

 

 

R
Penulis
Rizki Haerullah
news
news