news
LIGA 1
Sudah Final, Robert Segera Daftarkan 26 Pemain Persib ke PT LIB
14 February 2020 09:13 WIB
berita
Pemain sayap Persib Febri Hariyadi absen dalam tur ke Solo dan Yogyakarta/Foto:TopSkor/Ady Sesotya
BANDUNG – Penambahan kuota pemain oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB) dari 30 menjadi 33 pemain untuk didaftarkan pada kompetisi Liga 1 2020, sepertinya tidak akan dioptimalkan oleh Persib Bandung. Sejauh ini pelatih Robert Rene Alberts cukup puas dengan performa pemain yang ada.

“Tidak akan ada lagi pemain baru untuk sementara sampai kompetisi digelar,” kata Robert, Kamis (13/2). Ia mengaku hanya akan menetapkan 26 pemain untuk diproyeksikan ke kompetisi Liga 1 mendatang dan siap didaftarkan ke operator PT LIB.




Baca Juga :
- Soal Denda Rp 30 Juta untuk Persib, Pentolan Viking Menilai Itu Bukan Hanya Kesalahan Bobotoh
- Mess Pemain Arema FC Kosong, Gaji Per Maret Sudah 25 Persen


Bahkan, dari 26 pemain tersebut, Robert masih menyisihkan tiga pemain di luar tim dan hanya dipanggil jika sewaktu-waktu dibutuhkan (outfield). Sedangkan, 23 pemain lainnya ditetapkan sebagai skuat inti yang siap diboyong untuk laga tandang maupun kandang.

Mereka yang tercantum dalam daftar 26 pemain Persib 2020 termasuk di antaranya tiga penjaga gawang yakni I Made Wirawan, Teja Paku Alam, dan Dhika Bhayangkara. Besar kemungkinkan salah satu dari tiga pemain yang masuk kategori outfield berasal dari posisi kiper. Sedangkan, dua pemain lagi berasal dari luar kiper.


Baca Juga :
- Dapur dan Kopi Persib Tutup Total, Pembelian Jersey Dialihkan via Online
- Masa Depan Saddil Ramdani di Bhayangkara FC Terancam


Seluruh pemain yang diproyeksikan ke Liga 1 akan diboyong dalam tur Solo-Yogyakarta untuk beruji coba melawan Persis Solo dan PSS Sleman Yogyakarta. Kecuali Febri Hariyadi karena namanya dipanggil untuk seleksi timnas Indonesia senior dan akan mengawali latihannya bersama pelatih Shin Tae Young, Jumat (14/2).

Rencananya Maung Bandung menghadapi Persis di Stadion Manahan Solo, Sabtu (15/2), dan menantang PSS di Stadion Maguwoharjo Yogyakarta, Senin (17/2). Sepulang dari Yogyakarta, Robert berencana menyeleksi pemain yang benar-benar dibutuhkan menuju Liga 1 2020.

Artinya, kata dia, sepekan menjelang kick-off Liga 1 2020 menjamu Persela Lamongan, tim asuhannya sudah ditetapkan. "Tur ke Solo dan Yogyakarta jadi tur uji coba terakhir di luar kandang, karena setelah itu akan ada seleksi yang lebih ketat,” ucap Robert. Supardi dan kawan-kawan rencananya berangkat ke Solo pada Jumat (14/2) ini.

Mantan pelatih PSM Makassar itu berharap, dalam dua partai uji coba tersebut baik skema maupun komposisi tim asuhannya sudah matang dan langsung diterapkan saat kick off Liga 1. "Masih ada waktu menuju kick off.  Kami akan memanfaatkan waktu tersebut dengan sebaik-baiknya,” Robert mengungkapkan.

Pelatih 65 tahun ini juga berharap menemukan lagi celah kelemahan timnya untuk segera diperbaiki, seperti halnya ketika menghadapi Barito Putera. “Waktu uji coba di Bandung kami mendapatkan jawaban setelah menghadapi Barito. Berikutnya di Solo dan Yogyakarta seharusnya kami bisa lebih banyak mendapatkan manfaat," ia menambahkan.

Robert menargetkan usai dua uji coba itu skuat inti dan skema terbaik sudah bisa dibentuk. "Di Bandung rangkaian pramusim kami cukup bagus dan teruji. Sebab selain memberikan jam terbang pemain, kami juga sedang mencari bentuk permainan dan tim terbaik, jadi keberangkatan kami ke Solo juga untuk lebih mematangkan tim," ujarnya.

Secara keseluruhan,  Persib sebenarnya saat ini memiliki lebih dari 30 pemain. Namun, Robert harus mengikis beberapa pemainnya terutama pemain muda yang dinilai masih  butuh jam terbang. Sebut saja Agung Mulyadi, Puja Abdillah (gelandang), Wildan Ramdani (striker), serta Muhammad Aqil Savik (kiper).

Menurut Robert, untuk menambah jam terbang bagi para pemain muda tersebut,  rencananya mereka akan dipinjamkan ke tim Liga 3 2020, Bandung United. "Mereka juga bisa kami panggil lagi sewaktu-waktu karena sebenarnya mereka juga pemain berpotensi. Tapi untuk sementara mereka harus menggali pengalaman lebih dahulu," katanya.*Arief Nugraha K

Skuat Persib 

Kiper: I Made Wirawan, Teja Paku Alam, Dhika Bhayangkara

Belakang: Supardi, Victor Igbonefo, Fabiano Beltrame, Ardi Idrus, Nick Kuipers, Zalnando, Henhen Herdiana, Mario Jardel

Tengah: Dedi Kusnandar, Omid Nazari, Beckham Putra Nugraha, Kim Jeffrey Kurniawan, Abdul Aziz, Erwin Ramdani, Ghozali Siregar, Frets Butuan, Gian Zola, Febri Hariyadi

Depan: Esteban Vizcarra, Zulham Zamrun, Beni Oktovianto, Wander Luiz, Geoffrey Castillion

 

news
Penulis
Kunta Bayu Waskita
Nyaman di Harian TopSkor, Mantap di TopSkor.id
news
news