news
UMUM
Preview Piala AFC 2020, Bali United Harus Langsung Menggempur Pertahanan Than Quang Ninh
11 February 2020 08:30 WIB
berita
Penyerang Bali United Melvin Platje diharapkan kembali tampil gemilang lawan Than Quang/Foto:TopSkor/Ady Sesotya
GIANYAR – Bali United akan mengawali langkah pada Piala AFC 2020 menjamu Than Quang Ninh pada laga penyisihan Grup G, Selasa (11/2). Kesempatan bermain di kandang, Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, tentu harus dimaksimalkan.

Belajar dari kegagalan pada kualifikasi Liga Champions Asia lalu, di hadapan pendukung sendiri Serdadu Tridatu mesti langsung menyerbu tamunya. Sebelum tampil pada Piala AFC 2020, Bali United berkesempatan mengikuti kualifikasi Liga Champions Asia yang mesti akhirnya gagal lolos ke babak utama.




Baca Juga :
- Patahkan Mitos Sial, Justru Angka 13 Jadi Berkah Bagi Bek Bali United Ini
- Libur Kompetisi, Gelandang Muda Bali United Ini Jalani Pemulihan Cedera


Dari dua bentrokan yang telah dilakoni sebelumnya, juara Liga 1 musim lalu ini tentu telah banyak belajar. Dan demi bisa mendapatkan hasil maksimal mereka harus langsung mengambil inisiatif sedini mungkin.

Strategi langsung menyerang terbukti berkhasiat kala menang 5-3 atas Tampines Rovers. Kala itu di markas tim asal Singapura tersebut, Serdadu Tridatu unggul dua gol lebih dulu pada 15 menit pertama lewat gol-gol Melvin Platje karena menekan dari awal.


Baca Juga :
- Pelatih Bali United Terkesan dengan Suasana Nyepi di Bali
- Bali United Galang Dana Bantu Penanganan Virus Covid-19


Sebaliknya, kekalahan dari Melbourne Victory pada duel kedua Liga Champions Asia terjadi lantaran tidak lekas mengambil inisiatif. Pada pertandingan di Australia kala itu, Bali United malah tertinggal satu gol dalam 15 menit awal.

Kemasukan dua gol saat turun minum kemudian membuat mereka kian sulit bangkit. Niat hati membalas malah ditekuk 0-5. Sekarang pelatih Stefano Cugurra atau yang akrab disapa Teco tentu sudah sadar betul atas kesalahannya dan kali ini bakal memanfaatkan fase awal pertandingan.

 “Saya rasa bagus ketika pertandingan pertama kami pada Piala AFC berlangsung di kandang. Bermain di depan penggemar jadi hal positif sebab menambah semangat dan  percaya diri. Kondisi pemain bagus dan sudah bekerja keras saat latihan. Sekarang kami harus berpikir positif demi memenangkan pertandingan,” ucap Teco, Senin (10/2).

Selama persiapan duel, stamina Serdadu Tridatu terus digenjot dengan latihan fisik. Itu disiasati agar tim bisa meladeni permainan tim-tim asal Vietnam yang penuh mobilitas tinggi. “Kami harus mengantisipasi permainan bola-bola pendek dan cepat yang jadi kekuatan mereka,” kata Gavin Kwan Adsit, gelandang anyar Bali United.

Than Quang Ninh merupakan tim peringkat ketiga Liga Vietnam 2019. Klub berjulukan The Hero Miner ini mempunyai serangan berbahaya karena meneror secara kolektif. Setiap pemain bisa mengancam, terbukti dengan rapor gelandang serangnya, Rod Dyachenko, yang lebih produktif (10 gol) dibanding striker tim, Mac Hong Quan (sembilan gol).

Dengan strategi menumpuk pemain di tengah (3-5-2) serta suburnya Dyachenko membuat gelandang Serdadu Tridatu harus waspada. Lebih khusus kepada gelandang bertahan yang sejauh ini terus diandalkan, Brwa Nouri. Pemain berpaspor Irak-Swedia ini mengaku sudah paham betul dan antusias dengan laga yang akan dihadapinya nanti.

 “Saya melihat lawan memiliki kelebihan dalam umpan-umpan yang akurat. Sudah menjadi tugas saya untuk mengantisipasi ancaman itu. Selama ini kami juga sudah bekerja keras saat latihan, menjaga kekompakan, dan mengasah kestabilan saat bertahan maupun menyerang. Saya akan berusaha semaksimal mungkin demi meraih kemenangan,” kata pemain 33 tahun itu.*Taufani Rahmanda

news
Penulis
Kunta Bayu Waskita
Nyaman di Harian TopSkor, Mantap di TopSkor.id
news
news