news
LIGA 1
Uji Coba Persib vs Barito Putera, Robert Matangkan Skema Baru
11 February 2020 09:22 WIB
berita
Striker Persib Geoffrey Castillion/Foto:TopSkor/Arief Nugraha K
BANDUNG – Pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts tidak akan mengubah komposisi saat menghadapi Barito Putera dalam laga persahabatan di Stadion Si Jalak Harupat, Selasa (11/2). Komposisi yang akan diturunkan Robert nanti sama dengan tiga uji coba sebelumnya, yakni 3-4-3.

Robert memang berupaya mematangkan skema baru itu untuk berlaga pada Liga 1 2020 mendatang. Sebelumnya skema tersebut sempat digunakan saat latih tanding lawan Persib U-20 dan PSKC Cimahi dengan pemain inti yang sama.




Baca Juga :
- Lupakan Laga melawan Persita, Persib Terus Pantau Perkembangan Kondisi Pemain
- Tinggal di Zona Merah, Bek Muda Barito Ceritakan Situasi Karantina Wilayah Saat Joging Selepas Subuh


“Melawan Barito Putera adalah fase terakhir kami di Bandung. Kami akan mainkan skema dan pemain yang sama karena saya ingin melihat kematangan tim ini sekaligus untuk perbaikan ke depan,” ucap Robert dalam konferensi pers, Senin (10/2).

Meski komposisi yang akan jadi skuat inti sudah terbentuk, secara keseluruhan Robert mengaku hasil polesannya masih butuh perbaikan, terutama lini serang. Sedangkan sektor lainnya, kata dia, sudah mengalami kemajuan dan sesuai standar permainan 90 menit.


Baca Juga :
- Duo Kembar Bagas-Bagus Sampaikan Simpati kepada Penyerang Persib Wander Luiz
- Sujana Masih Ingat dengan Cemoohan: Kalau Nendang Bola Jangan Pakai Gigi


“Dari sektor penguasaan bola misalnya. Berdasarkan evaluasi kami dari latih tanding, sebetulnya banyak opsi yang lebih baik dan bisa diambil oleh para pemain lini depan ketika mereka sudah menguasai bola. Namun, sepertinya lini depan kesulitan menemukan itu,” Robert menambahkan.

Itu sebabnya Robert akan terus mematangkan striker asingnya Geoffrey Castillion. Ia akan kembali ditopang gelandang serang asal Brasil, Wander Luiz. Meski masih ada kekurangan, menurut Robert, kombinasi ini semakin kompak dalam dua latih tanding terakhir.

Untuk lini belakang Robert akan memainkan tiga center back kombinasi baru. Mereka adalah Victor Igbonefo, Fabiabo Beltrame, dan Nick Kuipers. “Tapi, kami bukan   memainkan tiga bek sejajar. Dalam formasi itu mereka berotasi dan bekerja sama dalam formasi positif,” kata Robert.

Pelatih asal Belanda itu menegaskan lagi, menghadapi Barito, Persib akan mendapat dua manfaat. Pertama, menguji performa anak asuhnya melawan tim selevel yang akan tampil di Liga 1 2020. Kedua, mengetahui peta kekuatan lawan karena Laskar Antasarim julukan Barito Putera, akan jadi salah satu lawan Maung Bandung dalam kompetisi nanti.

Sementara itu, bagi Barito Putera menghadapi Persib adalah fase uji coba sesungguhnya. Sebelumnya tim asuhan Djadjang Nurdjaman itu baru menjalani dua kali uji coba dalam mengisi pramusim. Itu pun hanya melawan klub-klub lokal.

“Kami targetkan enam kali di fase uji coba. Menghadapi Persib adalah ketiga kalinya. Dua kali uji coba sudah kami jalani. Pertama di Banjarmasin lawan tim lokal, terakhir melawan PSB Bogor dan ada tiga lagi ke depan untuk fase uji coba ini,” kata Djadjang.

Pelatih kelahiran Majalengka dan akrab disapa Djanur ini menambahkan, timnya memboyong 24 pemain dalam tur ke Pulau Jawa. Sebetulnya kata Djanur, timnya memiliki 26 pemain untuk tampil di Liga 1 2020. “Dua pemain lagi masih di Eropa bersama tim nasional U-19,” katanya lagi.

Djanur juga ingin menguji ketajaman duet asing barunya di lini depan, Alexandar Rakic dan Yashir Pinto. Terutama Pinto, yang baru merasakan atmosfer Liga Indonesia. “Selama ini kami merasa belum teruji karena lawan yang kami hadapi tidak selevel. Maka itu kami senang bisa beruji coba lawan Persib,” ucap mantan pelatih Persib ini.*Arief Nugraha K

 

 

news
Penulis
Kunta Bayu Waskita
Nyaman di Harian TopSkor, Mantap di TopSkor.id
news
news