news
UMUM
Pengakuan Jujur Menpora: Tanpa Siwo, Olahraga Indonesia Tidak Masif
08 February 2020 11:03 WIB
berita
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali berbincang dengan Ketua Siwo PWI Pusat Gungde Ariwangsa dan Sekjen Suryansyah
BANJARMASIN - Ini pernyataan jujur Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali. Dia menilai peran Seksi Wartawan Olahraga (Siwo) PWI sangat strategis dan masif dalam melahirkan atlet berprestasi. 

"Tanpa Siwo, olahraga tidak akan berkembang. Luar biasa peran Siwo PWI dalam ikut mencetak dan melahirkan atlet berprestasi dalam upaya mengharumkan nama Indonesia,” kata Menpora Zainudin saat membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Siwo PWI di Hotel Aria Barito Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Jumat (7/2/2020).




Baca Juga :
- IMORI Suarakan Olahraga di Rumah Selama Wabah Corona
- FPTI Diharapkan Gelar Kejuaraan Dunia


Kekaguman Menpora juga terlihat saat jumlah Siwo PWI yang beranggotakan 35 se-Indonesia dari 34 provinsi plus satu anggota khusus dari Solo yang jadi kota pertama digelarnya Pekan  Olahraga Nasional (PON) dan lahirnya pers nasional.

“Perkembangan olahraga tidak bisa lepas dari peran aktif Siwo PWI. Ini pengakuan jujur saya. Tanpa peran wartawan olahraga dari Siwo PWI, olahraga tidak akan berkembang. Maka di sini perlunya sinergi antara pemerintah dan Siwo PWI,” jelas Menpora Zainudin.


Baca Juga :
- Meriah, Ketum PSSI dan Menpora Buka Liga 1 2020 di Gelora Bung Tomo Surabaya
- Terobosan Baru! UNIQLO Luncurkan Sport Utility Wear


Ditambahkan Menpora Zainudin, informasi dari satu cabang olahraga tertentu kalau tidak diinformasikan ke masyarakat oleh anggota Siwo PWI maka masyarakat tidak akan tahu tentang mereka. Alasan itu menjadikan Kemenpora memandang perlu kerja sama agar berita  bisa terdistribusi secara cepat kepada masyarakat.

“Agenda nasional maupun internasional butuh dukungan dari anggota Siwo PWI. Sekali lagi tanpa Siwo PWI, kami tidak bisa apa-apa untuk penyelenggaraan dan pembinaan olahraga di Tanah Air,” kata Menpora. 

“Berbagai informasi dari wartawan tentang kritikan atau bahkan masukan dijadikan pemerintah untuk menentukan kebijakan apa yang paling tepat. Jadi jangan khawatir, apa pun itu akan kami tindaklanjuti. Misalnya atlet SEA Games dari senam yang tidak jadi berangkat, itu langsung kami tindak lanjuti,” lanjutnya.

Zainudin pun mengajak anggota Siwo PWI jalani peran dan tanggung jawab di bidangnya. “Kalau kita bersinergi pasti olahraga kita maju. Tapi kalau di antara kita tidak ada sinergitas pasti semua akan bekerja sendirian. Pemerintah tidak bisa berjalan sendiri, butuh dukungan dari rekan-rekan Siwo se-Indonesia. Saya harap Rakenas bisa menghasilkan kebijakan-kebijakan dan kami siap bekerja sama dengan bentuk apapun, yang tujuannya untuk kemajuan olahraga Indonesia,” tutup Menpora.*  

news
Penulis
Suryansyah
news
news