news
TOP INTERVIEW
Wawancara Eksklusif Luciano Leandro: Persija Juara? Tidak Jaminan
07 February 2020 17:44 WIB
berita
JAKARTA - Luciano Leandro masih menaruh perhatian terhadap mantan tim yang pernah dibelanya, Persija. Luciano merupakan salah satu aktor penting kala Persija menyabet gelar juara ke-10 di Liga Indonesia pada 2001. Namanya begitu dikenang oleh Jakmania. Padahal, Persija bukanlah tim Indonesia pertama yang dibela pria kelahiran Rio De Janeiro, Brasil, 54 tahun silam tersebut.

Luciano tiba pertama kali di Indonesia dengan memperkuat PSM pada 1995 hingga 1998. Luciano jadi rekrutan tersukses Persija setelah membela PSM. Faktor ini yang diharapkan menular saat Persija kembali merekrut eks PSM yakni Marc Klok pada musim 2020. Bagaimana Luciano melihat Klok yang mengikuti jejaknya? Dan bagaimana pandangannya tentang skuat Persija musim 2020? Berikut petikan wawancara eksklusif TopSkor dengan Luciano Leandro:




Baca Juga :
- Pantau dari Malaysia, Pelatih PSM Bojan Hodak Pertanyakan Sikap PSSI dalam Mengambil Keputusan
- Sudah Angkat Koper dari Mes Lama, Persis Solo Belum Punya Mes Baru


 

Anda masih mengikuti perkembangan sepak bola di Indonesia ?


Baca Juga :
- Dampak Corona, Gaji Staf Pelatih Timnas Bakal Kena Penyesuaian
- Kiper hingga Striker Liga Indonesia yang Pernah Tersandung Hukum


Ya tentu. Karena di Indonesia ini saya banyak memiliki pengalaman serta kenangan yang tak mungkin saya bisa lupakan. Saya berharap sepak bola Indonesia terus berkembang dan bergerak maju.

Bagaimana dengan Persija?

Saya tidak tahu banyak, selain Persija saya dengar musim ini banyak mendatangkan pemain kualitas. Itu bagus karena memang Persija adalah tim besar, banyak pemain yang ingin bermain di klub ini dan menjadi juara.

Musim lalu Persija terseok-seok...

Persija adalah salah satu tim terbesar di Indonesia. Tidak seharusnya memang berada di zona degradasi dalam waktu yang cukup lama. Persija adalah tim yang harus selalu minimal berada di papan atas, lima besar klasemen.

Apa yang salah?

Saya beberapa kali menyaksikan Persija bermain di Jakarta. Kualitas pemain yang dimiliki saya pikir cukup untuk bisa bersaing. Mungkin ada persoalan teknis yang mengganggu. Itu jadi tugas besar manajemen melakukan introspeksi dan membenahi secara menyeluruh.

Persija datangkan beberapa pemain top musim ini?

Tim besar, harus memiliki pemikiran dan target yang besar juga. Dan siapapun pemain yang akan bermain di Persija, harus tahu tentang klub ini. Karena Persija dan Jakmania,

akan selalu ingin menjadi juara. Pemain asing atau lokal harus punya mental kuat.

Saya yakin Jakmania akan selalu mendukung, namun pemain juga harus berikan di lapangan 100 persen performa. Kalau perlu mereka harus siap keluar darah untuk kemenangan di lapangan.

Bertabur bintang, bisakah Persija kembali menjadi juara musim ini?

Tidak jaminan. Belum tentu, karena tim lain juga punya pemain berkualitas dan manajemen yang kompak dan ambisius.

Persija kembali mendatangkan pemain PSM, Marc Klok?

Dulu saya pindah dari PSM ke Persija, saya sukses!! Semoga Marc Klok bisa juga berprestasi bersama Persija. Saya kenal dia, dan dia punya segalanya untuk mengukir banyak prestasi di Persija.

Anda beberapa kali gagal saat melatih, kapok?

Tidak ada istilah menyerah dalam hidup saya. Saya seseorang yang selalu ingin menjadi pemenang. Suatu hari nanti saya akan kembali ke Indonesia dan akan berprestasi sebagai pelatih, saya yakin!

Apa yang Anda akan lakukan?

Tuhan yang tahu bagaimana saya belajar untuk menjadi seorang pelatih yang bagus. Saya yakin Tuhan akan kasih saya kesempatan lagi dan saat itu saya akan lebih siap!!*FURQON AL FAUZI

 

R
Penulis
Rizki Haerullah
news
news