news
LIGA SPANYOL
Alarm Atletico Kian Nyaring
05 February 2020 14:40 WIB
berita
Tiga penyerang Atletico, Alvaro Morata, Joao Felix, dan Diego Costa tumbang karena cedera di saat tim memasuki periode krusial di musim ini.
MADRID – “Alvaro, ayo berhenti,” teriak Diego Simeone dari pinggir lapangan memanggil Alvora Morata. Penyerang Atletico Madrid itu terlihat mulai jalan tertatih-tatih saat memainkan babak kedua melawan Real Madrid, akhir pekan lalu. Awalnya Morata berusaha menolak tapi pelatihnya itu tak mau mengambil risiko kehilangan satu-satunya striker sehat yang ia miliki saat ini, “Ayo keluar!”

Menit ke-50, Morata digantikan dan enam menit kemudian Atletico kebobolan gol Karim Benzema. Kekalahan di derbi (1-0) itu pun semakin menyempurnakan periode pahit Los Rojiblancos sepanjang Januari 2020 ini. Dan ibarat sudah jatuh tertimpa tangga, Senin lalu, klub mengumumkan kabar buruk: Morata mengalami cedera otot di kaki kanannya dan diperkirakan absen selama 15 hari.




Baca Juga :
- Soal Potong Gaji, Atletico Madrid Ikuti Barcelona
- Madrid Habiskan Rp 2 Triliun Hanya untuk Merekrut Striker Cadangan


Alarm di Metropolitano pun makin nyaring berbunyi. Itu karena Februari ini ada jadwal padat dan berat yang harus dilalui Simeone dan anak buahnya. Di LaLiga, mereka akan menjamu Granada FC akhir pekan ini, lalu tandang ke Valencia CF, dan Villarreal CF. Di antara laga tersebut, juga ada duel leg pertama 16 besar Liga Champions melawan Liverpool FC (18/2). 

Agenda tersebut datang bersamaan dengan menipisnya stok penyerang Los Rojiblancos. Pasalnya sebelum Morata tumbang, Joao Felix sudah lebih dulu masuk ruang perawatan karena masalah otot. Diego Costa sebenarnya sudah memperlihatkan progres tapi tim medis tak mau berjudi dengan memberikannya izin bermain.


Baca Juga :
- Perangi Virus Corona, Begini Pesan Diego Simeone
- Tengil Banget Diego Costa, Ditanya Wartawan Malah Pura-pura Batuk


Praktis, Simeone dihadapkan pada kemungkinan dia tak bisa memainkan penyerang saat menjamu the Reds di Metropolitano. Padahal pelatih asal Argentina itu butuh kemenangan mengingat leg kedua harus tandang ke Anfield, kandang Liverpool yang tak terkalahkan sejak 26 September 2018.

Situasi kian pelik lantaran posisi mereka di LaLiga juga terancam. Hingga pekan ke-22, tim ini terus merosot keluar dari zona Liga Champions. Mereka menghuni tempat keenam, tertinggal tiga poin dari Getafe CF dan Sevilla FC di posisi ketiga dan keempat. Sementara Atletico harus bertemu rival langsung: Valencia (peringkat 5) dan Villarreal (7).

Kini, Simeone hanya berharap Morata, Felix, dan Costa bisa pulih lebih cepat dari perkiraan. Paling tidak sebelum menghadapi Juergen Klopp dan anak buahnya. Di skuat sendiri sebenarnya masih ada Ivan Saponjic, penyerang Serbia yang didatangkan musim panas lalu dari SL Benfica. Namun, Simeone tidak cocok dengan karakter permainannya.

Opsi lain yang bisa dipake pelatih bersapaan El Cholo adalah memainkan para wingernya lebih ke depan. Saat ini ada Thomas Lemar, Yannick Carrasco, Vitolo Machin dan Angel Correa. Dua nama terakhir sudah dijajalnya saat duel derbi, dan hasilnya kurang memuaskan.   

 

Kasus Cedera Ke-19

Sementara, Morata merupakan kasus cedera ke-19 yang dialami Atletico musim ini, atau pemain ke-15 yang terkapar karena masalah otot. Kondisi ini membuat pelatih fisik Atletico, Prof Ortega dan kepala medis Oscar Celada pun menjadi sorotan. Beban latihan terlalu berat dan penanganan pemulihan dianggap sebagai salah satu faktor kondisi ini.

Sejauh ini hanya empat pemain di tim utama yang kebal dari cedera. Mereka adalah Jan Oblak, Felipe Monteiro, Saul Niguez, dan Correa. Sementara di tim pelapis, ada Antonio Adan, Mario Hermoso, Marcos Llorente, dan Saponjic.

Uniknya, tiga nama pertama merupakan pemain paling sering dimainkan Simeone musim ini. Saul mengumpulkan menit main sebanyak 2.760, lalu Oblak (2.706), dan Felipe (2.221). Thomas Partey, pemain ketiga paling lelah (2.289) sempat tumbang di Anoeta, pekan keempat karena masalah otot.

Sementara dengan 1.637 menit main, Correa menjadi pemain kesepuluh pengumpul menit terbanyak Atletico.  Sisanya, Adan (144 menit), Hermoso (1.341), Llorente (601), dan Saponjic (62).***

D
Penulis
Dini Wulandari
news
news