news
LIGA SPANYOL
Apa yang Akan Dilakukan Lionel Messi Setelah Pensiun?
24 January 2020 20:11 WIB
berita
Lionel Messi saat menerima Ballon d'Or 2019 di Paris, Prancis. ISTIMEWA
BARCELONA - Di usia yang sudah menginjak 32 tahun, Lionel Messi sadar bahwa masa pensiun sebentar lagi akan menghampiri dirinya. Hal ini pun juga pernah diungkapkannya ketika menerima penghargaan Ballon d'Or 2019, pada Desember tahun lalu.

"Saya mulai menyadari bahwa saya semakin tua.




Baca Juga :
- Luis Suarez Tersubur Ketiga Barcelona, Terima Kasih Kepada Messi
- Kalahkan Villarreal, Barcelona Jaga Jarak dengan Real Madrid


"Jika Tuhan menghendaki, saya berharap bisa bermain lebih lama lagi. Saya sekarang berusia 32, dan akan 33 di akhir musim.

"Jadi seperti yang saya katakany, semua tergantung fisik saya," ujar Messi saat acara penghargaan Ballon d'Or 2019 di Paris, Prancis.


Baca Juga :
- Statistik Menunjukkan Minggu Adalah Hari Keberuntungan Messi bersama Barcelona
- Situasi Messi: 5 Tujuan Potensial Jika Tinggalkan Barcelona, Bukan Mustahil Gabung ke Madrid


Dengan waktu yang bisa dibilang sedikit lagi, sejumlah pengamat mulai berspekulasi, apa yang akan dilakuan Messi setelah pensiun nanti?.

Prediksi pertama adalah menjadi pelatih. Ini mulai tercium ketika Piala Dunia 2018.

Mega bintang milik FC Barcelona tersebut beberapa kali sempat berkonsultasi soal taktik dengan pelatih Argentina kala itu, Jorge Sampaoli. Salah satunya adalah mengenai keputusan memainkan dan posisi Sergio Aguero ketika menghadapi Nigeria.

Kemudian yang kedua di dunia bisnis dan endorse. Dengan nama besar pastinya Messi memiliki akses kemudahan untuk menjalani bisnis yang ia inginkan.

Messi juga dapat mengembangkan bisnis endorse di media sosial untuk mencari pundi-pundi uang seperti yang sudah ia lakukan sejak beberapa tahun terakhir.

 

I
Penulis
Igor Hakim