news
ONE CHAMPIONSHIP
Demi Tingkatkan Endurance, Anthony Engelen Rela Latihan Hingga 15 Ronde
24 January 2020 18:22 WIB
berita
Anthony “The Archangel” Engelen, melatih daya tahan tubuh adalah menu wajib
JAKARTA - Dalam dunia seni bela diri campuran, daya tahan tubuh atau endurance merupakan sebuah pilar wajib bagi setiap atlet profesional. Asumsinya, setiap atlet harus siap tampil prima selama tiga hingga lima ronde, dimana satu ronde bisa berlangsung hingga lima menit. 

Endurance adalah aspek penting untuk mengimbangi kekuatan (power) seorang atlet, maka akan percuma jika memiliki pukulan keras atau kuncian licin jika daya tahan tubuh tidak siap untuk berlaga dalam jangka waktu yang lama. Bisa-bisa, lawan yang akan tampil dominan meski mungkin saja tekniknya tidak terlalu tinggi. 




Baca Juga :
- Tembus Panggung Dunia, Begini Kisah Petarung Indonesia Eko Priandono
- Hari Film Nasional di Mata Petarung ONE Championship


Bagi salah satu atlet ONE Championship yang mewakili Indonesia Anthony “The Archangel” Engelen, melatih daya tahan tubuh adalah menu wajib, meski itu berarti dia harus menghabiskan waktu berjam-jam di dalam gym. 

“Peningkatan daya tahan dilakukan hanya melalui dua cara saja. Pertama, tetap berlatih keras setiap hari; khususnya dalam melakukan drill misalnya dalam disiplin kickboxing atau gulat. Teruslah lakukan gerakan-gerakan yang sama dan kombinasi selama ratusan kali,” ujarnya.  


Baca Juga :
- Petarung Indonesia Ini Tetap Berlatih Meski Jaga Jarak
- Taklukan Egi dengan TKO, Petarung Ini Janjikan Penampilan Spektakuler Lain


“Cara kedua adalah dengan latihan strength and conditioning, seperti berlari atau angkat berat atau latihan dengan intensitas tinggi. Kedua cara itu pasti akan membantu, selain tentunya sparring. Menerima pukulan dan terus melancarkan pukulan selama 12 atau 15 ronde pasti akan juga melatih daya tahan,“ papar atlet divisi featherweight itu. 

Bukan tanpa alasan Engelen harus berlatih keras. Sebagai seorang atlet profesional, ia telah menghadapi berbagai lawan. Dan salah satu yang membuatnya bertekad untuk terus meningkatkan daya tahan tubuh adalah pelajaran yang ia dapatkan saat berlaga di Shanghai, Cina dalam ajang bertajuk ONE: LEGENDARY QUEST. 

“Terkait daya tahan, ada satu laga saya yang benar-benar menguji daya tahan; yaitu pertandingan tahun lalu melawan “The Rockman” Chen Lei selama 3 ronde penuh. Itu pertandingan yang sulit, dan seharusnya saya bisa tampil lebih baik lagi,” kenang “The Archangel”. 

ONE Championship akan kembali menggelar ajang penuh aksi pada Jumat, 31 Januari di Mall Of Asia Arena, Manila, Filipina. Ajang bertajuk ONE: FIRE & FURY tersebut akan menampilkan deretan atlet terbaik dari berbagai negara. Di laga puncak, atlet Filipina Joshua "The Passion" Pacio akan berhadapan dengan atlet fenomenal asal Brasil Alex "Little Rock" SIlva.

news
Penulis
Suryansyah
news
news