news
BASKET
Leonard Tunjukkan Kelas sebagai Bintang Clippers
23 January 2020 10:20 WIB
berita
Small forward LA Clippers Kawhi Leonard (kiri) melakukan drive ke ring Dallas Mavericks dalam laga lanjutan NBA di American Airlines Center, Amerika Serikat, Selasa (22/1) malam.
LOS ANGELES - Los Angeles (LA) Clippers memang hanya menang tipis atas Dallas Mavericks, 110-107, di American Airlines Center, Amerika Serikat, Selasa (22/1) malam. Tetapi, peran small forward Clippers, Kawhi Leonard, yang menjadi bintang dengan torehan double-double—36 poin dan 11 rebounds—pantas disorot.

Aksi shooting guard yang pernah membawa San Antonio Spurs dan Toronto Raptors juara NBA masing-masing pada 2014 dan 2019 itu membuat Clippers unggul di kuarter kedua. Bagi Leonard, inilah untuk kali keenam secara beruntun ia mencetak 30 poin atau lebih. Pemain 28 tahun itu hanya membutuhkan lima pertandingan beruntun lagi untuk menyamai rekor legenda Clippers, World B. Free, pada 1980.  




Baca Juga :
- 10 Pemain Top NBA Sepanjang Massa, LeBron James Tempel Michael Jordan
- Protes Wasit, Pebasket NBA Ini Didenda Rp219,97 Juta


Hasil melawan Mavs membuat Clippers merebut kemenangan keempat secara beruntun di NBA 2019/20. Sebelum mengalahkan Mavs, Clippers berturut-turut menggasak Cleveland Cavaliers (128-103), Orlando Magic (122-95), dan New Orleans Pelicans (133-130).

Bagi Clippers, inilah kemenangan keempat beruntun untuk kali kedua musim ini setelah sukses serupa antara 9-14 Desember lalu. Sementara, rekor kemenangan beruntun terpanjang di NBA musim ini mereka torehkan antara 17-28 November lalu, tujuh laga.  


Baca Juga :
- Dari Black Lives Matter hingga Freedom, Inilah Pesan-Pesan yang Akan Dipakai Pemain NBA di Kostum Mereka
- Punya 20 Pasang Sepatu Air Jordan, Andakara Prastawa Lebih Suka Pakai Nike Kobe untuk Tanding


Kemenangan atas Mavs juga membuat Clippers (31 menang-13 kalah) berada di posisi kedua klasemen Wilayah Barat berada di bawah Los Angeles Lakers (34-9). Sedangkan Mavericks tetap berada di posisi kelima dengan catatan 27 menang dan 16 kali kalah. Padahal, Mavericks memiliki kesempatan untuk memenanglan laga itu karena tampil kuat di kuarter keempat.

Lou Williams mengatakan bahwa timnya bermain dengan baik saat mengalahkan Mavericks. Guard yang memberikan 16 poin itu menegaskan bahwa rekan-rekannya berhasil meredam tekanan yang ada di sepanjang pertandingan. Hal itu yang akhirnya membawa Clippers berhasil memenangkan laga.

“Kami memahami bagaimana cara terbaik untuk bermain secara kolektif. Kami senang dengan peningkatkan yang kami lakukan. Kami merasa nyaman dengan apa yang orang lain lakukan di lapangan dan hal-hal berbeda yang diterapkan oleh rekan-rekan kami. Kami merasa semakin kuat,” kata Williams.

Mavericks harus mengakui kekuatan Leonard mengingat mereka juga harus kehilangan pemain penting, Dwight Powell. Powell mengalami cedera pada otot tendon Achilles bagian kanan. Hal tersebut memberikan kekhawatiran di dalam tim karena ia diprediksi bakal absen dalam waktu yang cukup lama.

Pelatih Mavericks Rick Carlisle menegaskan bahwa timnya masih membutuhkan Powell untuk mendongkrak posisi tim di klasemen. “Pemain seperti Powell jelas yang kami inginkan. Kami khawatir kondisinya akan lebih parah. Ini merupakan kondisi yang sangat sulit bagi kami,” ujar Carlisle.

Mavericks sendiri mengandalkan Luka Doncic dalam urusan mencetak angka dalam menghadapi Clippers. Meski Doncic juga turut mencetak 36 poin, mereka tak mampu terhindar dari kekalahan ke-16 nya di musim ini. Doncic juga merasa bahwa mental rekan setimnya jatuh ketika kehilangan Powell.

“Di luar dan di dalam lapangan, Powell selalu memberikan sikap yang terbaik kepada tim. Dia adalah seorang pemain yang hebat, dia tak seharusnya mengalami hal ini. Tapi saya yakin dia akan kembali dengan kondisi lebih kuat,” ucap Doncic.

Kristaps Porzingis yang pernah mengalami cedera seperti Powell, memberikan dukungan agar rekannya cepat pulih. “Dwight seseorang yang kuat. Dia akan baik-baik saja selama masa pemulihan. Saya yakin dia akan tetap bersama kami. Dia memberikan kami semangat di ruang ganti,” kata Porzingis.*MUHAMAD FADLI RAMADAN DARI BERBAGAI SUMBER

T
Penulis
Tri Cahyo Nugroho