news
LIGA 1
Hanya Bawa 18 Pemain, Persib Tanpa I Made Wirawan saat Berlaga di Malaysia
16 January 2020 14:02 WIB
berita
Suasana latihan terakhir Persib di Bandung, Rabu (15/1) sebelum berangkat ke Malaysia/Foto:TopSkor/Arief Nugraha K
BANDUNG – Persib Bandung sepertinya urung membawa 20 pemain ke Malaysia. Perkembangan terbaru, skuat Maung Bandung hanya akan menyertakan 18 pemain untuk bertolak menuju Selangor, Kamis (16/12) siang ini. Rombongan akan terbang menumpang pesawat menuju Malaysia pada pukul 14.00 WIB.

Hanya saja, nama-nama ke-18 pemain tersebut sejauh ini belum ditentukan. Namun yang pasti, Persib hanya akan menyertakan dua penjaga gawang pelapis, yakni Dhika Bhyangkara dan Muhammad Aqil Savik. Sedangkan kiper utama I Made Wirawan ditinggal di Bandung.




Baca Juga :
- Demi Persib, Wali Kota Bandung Segera Revisi Peraturan Wali Kota Terkait Sarana Olahraga
- Kecuali yang Cedera dan Sakit, Persib Bawa Semua Pemain ke Madura


Dari sini semakin terlihat bahwa pelatih Robert Rene Alberts hanya ingin menguji pemain pelapis dan calon pemain asing dalam ajang Asia Challenge 2020 yang digelar pada 18-19 Januari di Stadion Shah Alam, Selangor, Malaysia itu. Selain Made, beberapa pemain senior lainnya tidak diikutsertakan.

Sebut saja Supardi Nasir, Achmad Jufriyanto, Ardi Idrus, Febri Hariyadi, Esteban Vizcarra, Omid Nazari, Nick Kuipers, dan Ezechiel N’Douassel. Sementara, Victor Igbonefo kata pelatih fisik Yaya Sunarya, akan menyusul bergabung di Malaysia jika semua administrasinya rampung.


Baca Juga :
- Setelah Test PCR Barulah Persib Menentukan Siapa Saja yang Akan Dibawa ke Madura
- Manajemen dan Tim Pelatih Persib Mulai Merancang Keberangkatan menuju Madura


“Untuk rencana skuat ke Malaysia, akan dilihat Kamis ini, karena masih ada beberapa pemain yang terkendala dengan masalah paspornya. Namun yang pasti, jumlah pemain yang akan kami bawa sebanyak 18 pemain termasuk dua penyerang asing seleksi Wander Luiz dan Joel Vinicius,” Yaya menegaskan, Rabu (15/1).

Yaya kemudian menambahkan, sesi latihan kemarin di Lapangan Arcamanik merupakan persiapan terakhir Tim Maung Bandung sebelum berangkat ke Malaysia. Sesi latihan terakhir tersebut diisi dengan game internal.

“Maksud digelarnya game internal adalah untuk menstabilkan kondisi fisik pemain. Ketika sampai di Malaysia, kami berharap kondisi pemain tidak ada masalah apa pun. Semua tinggal menjaga kebugaran hingga hari-H turnamen Asia Challenge,” ujarnya.

Keikutsertaan Persib pada ajang Asia Challenge 2020 merupakan kesempatan bagus untuk menguji secara keseluruhan tim Maung Bandung sebelum berkiprah di Liga 1 2020. Apalagi turnamen tersebut akan diikuti klub-klub tangguh Asia Tenggara yakni dari Vietnam, Thailand, dan Malaysia.

“Ini karena hubungan coach Robert di Malaysia, sehingga Persib bisa diundang dalam ajang itu. Dan ini juga akan menjadi awal bagi para pemain untuk meningkatkan teknik dan kesiapan menghadapi kompetisi. Semua akan terasa manfaatnya baik dari sisi mental dan fisik. Semua kekurangan juga akan terlihat,” Yaya mengungkapkan.

“Karena itu, pemain yang kami bawa adalah yang selama ini minim menit bermain. Sesuai keinginan pelatih, selama di sana akan kami manfaatkan untuk memperkuat chemistry para pemain muda. Yang pasti, ini program coach Robert untuk membawa pemain muda terbiasa main pada kompetisi sebenarnya,” ia menambahkan.

Yang jelas, Yaya tetap meminta pemain muda dan pelapis serius menghadapi ajang pemanasan ini. “Sebab setelah pulang dari Malaysia akan diambil sebuah keputusan dari hasil evaluasi.  Setelah itu, kami kembali ke persiapan latihan lagi di Bandung,” Yaya mengungkapkan.*Arief Nugraha K

news
Penulis
Kunta Bayu Waskita
Nyaman di Harian TopSkor, Mantap di TopSkor.id