news
LIGA INTERNASIONAL
Problem Pertahanan Muenchen Bisa Tuntas bila Mampu Merekrut Bek-bek Ini
15 January 2020 14:15 WIB
berita
Full-back Leicester City FC, Ricardo Pereira, saat ini menjadi salah satu pemain terbaik untuk posisinya di Liga Primer musim ini.
MUENCHEN - FC Bayern Muenchen harus memperbaiki performa lini pertahanan mereka bila masih ingin menargetkan banyak gelar musim ini. Transfer musim dingin pada Januari ini harus dimanfaatkan pelatih karteker Hans-Dieter “Hansi” Flick untuk berbelanja pemain, utamanya bek.

Dari total 26 pertandingan semua kompetisi sejauh musim ini, skuat pelatih karteker itu sudah kemasukan 31 kali atau setara 1,19 per laga. Muenchen sejatinya sudah berinvestasi besar untuk bek dalam 12 bulan terakhir. Tetapi, masalah cedera dan menurunnya performa Joshua Kimmich sebagai gelandang tengah membuat Die Bayern harus segera mencari opsi pemain bertahan lain pada bursa transfer Januari ini.




Baca Juga :
- "Masa Depan Terlihat Cerah!" Lakukan Penyelamatan Gemilang dalam Debutnya di MU, Dean Henderson Dipuji Warganet
- Solskjaer Ungkap Satu Kelemahan Mason Greenwood yang Membuatnya Belum Dianggap Striker Sejati


Paling tidak ada lima nama potensial yang bisa dipertimbangkan Muenchen. Dalam 18 bulan terakhir, full-back Leicester City FC, Ricardo Pereira, jadi salah satu yang terbaik di posisinya di Liga Primer. Pemain asal Portugal itu mampu bermain sama baiknya sebagai bek kanan atau wingback kanan bila timnya memainkan formasi tiga bek.

Akurasi operannya di ruang sempit dan umpan silang berbahaya membuat setiap penyerang sepertinya ingin memiliki full-back seperti Pereira. Ia sudah mencetak dua gol dan satu assist di Liga Primer musim ini. Pengambilan posisinya saat melakukan blok dan intersep juga di atas rata-rata.


Baca Juga :
- Solskjaer: Dean Henderson Lakukan Itu Hanya Satu Malam, David de Gea Bertahun-tahun
- Carabao Cup: Bantai Luton, Manchester United Melaju ke Ronde Empat


Rekan senegara Pereira, Digo Dalot, juga layak masuk radar Muenchen. Full-back Manchester United (MU), 20 tahun, itu memang tengah cedera. Tapi, jika pulih, ia salah satu bek kanan terbaik di antara pemain seusianya. Dribel dan kombinasi umpan silang jadi salah satu kelebihan Dalot karena ia mampu bermain baik saat diminta melebar.

Nama ketiga yang layak dipertimbangkan Muenchen masih datang dari Liga Primer, Max Aarons. Musim lalu, full-back Norwich City FC itu membantu timnya promosi ke Liga Primer dengan mencetak dua gol dan enam assist di Championship. Berposisi natural sebagai bek kanan, Aarons juga tidak jarang diminta turun di kiri oleh pelatih Daniel Farke.

Dribel dan kecepatan di sepertiga akhir menjadi kekuatan Aarons. Kendati terbilang tidak besar untuk ukuran Eropa (tinggi 178 cm, berat 69 kg), Aarons tetap mampu mengimbangi para penyerang sayap yang berpostur lebih besar darinya. Posisi Norwich yang sedang tidak baik di klasemen Liga Primer menjadi peluang Die Bayern untuk menarik Aarons.

Salah satu problem besar Muenchen adalah mencari bek tengah untuk menggantikan Jerome Boateng agar Benjamin Pavard bisa secara permanen menjadi bek kanan. Bek AC Milan, Alessio Romagnoli, bisa menjadi kandidat ideal pengganti Boateng. Performa bagus beberapa musim terakhir membuat Romagnoli diincar sejumlah klub elite Eropa.

Selain kemampuan memimpin, teknik bermain Romagnoli juga efektif. Banyak yang menyebut gaya Romagnoli mirip Mats Hummels. Akurasi operan yang di atas rata-rata untuk ukuran bek membuatnya cocok untuk tim yang gemar merancang serangan dari bawah. Teknik Romagnoli dalam menghentikan penyerang disebut-sebut akan membuat lini belakang Muenchen bakal kuat jika ia dipasangkan dengan Lucas Hernandez.

Masih dari Seri A Italia, Muenchen juga bisa mempertimbangkan bek tengah ACF Fiorentina, Nikola Milenkovic. Muenchen sempat mengincarnya setelah bek asal Serbia itu bermain fantastis untuk Fiorentina musim lalu. Milenkovic salah satu tipe bek tengah modern karena kemampuannya menahan bola, operan panjang akurat, dan teknik bagus saat berduel dengan penyerang.***TRI CAHYO NUGROHO DARI BERBAGAI SUMBER

Komparasi Statistik Bertahan Liga Domestik Lima Bek yang Pas untuk Die Bayern

Ricardo Pereira
LEICESTER CITY Full-Back   Portugal, 26 tahun
Main 21 (Liga Primer)
Tekel/Laga 4,3
Intersep/Laga 1,9
Akurasi Operan 79,1%

Diogo Dalot
MAN. UNITED Full-Back       Portugal, 20 tahun
Main 1 (Liga Primer)
Tekel/Laga 2
Intersep/Laga 2
Akurasi Operan 72,2%

Max Aarons
NORWICH                  Full-Back Kanan        Inggris, 20 tahun
Main 20 (Liga Primer)
Tekel/Laga 1,3
Intersep/Laga 0,6
Akurasi Operan 79%

Alessio Romagnoli
AC MILAN                  Bek (Tengah, Kiri)     Italia, 25 tahun
Main 19 (Seri A)
Tekel/Laga 1,1
Intersep/Laga 1,7
Akurasi Operan 91%

Nikola Milenkovic
FIORENTINA              Bek Tengah    Serbia, 22 tahun
Main 19 (Seri A)
Tekel/Laga 1,6
Intersep/Laga 1,1
Akurasi Operan 87,5%

T
Penulis
Tri Cahyo Nugroho