news
LIGA 1
Hadapi Musim 2020, Persib Andalkan Empat Gelandang Bertahan
15 January 2020 14:38 WIB
berita
Gelandang asing Persib Omid Nazari/Foto: TopSkor/Ady Sesotya
BANDUNG – Lini vital, yaitu sektor tengah, menjadi perhatian bagi Persib Bandung untuk kompetisi Liga 1 2020. Ini terbukti dengan dilepasnya pemain senior Hariono, salah satu gelandang bertahan musim lalu. Dengan demikian, lini tengah Maung Bandung menjadi lebih ramping karena sebelumnya kelebihan stok.

Kini pelatih Robert Rene Alberts memiliki empat gelandang bertahan muda dan energik dengan kualitas setara. Ada Dedi Kusnandar, Abdul Aziz Luthfi Akbar, Kim Jeffrey Kurniawan, dan Omid Nazari. Sepertinya tidak terlalu sulit bagi Roberts untuk menempatkan dua di antaranya sebagai pemain inti.




Baca Juga :
- Demi Persib, Wali Kota Bandung Segera Revisi Peraturan Wali Kota Terkait Sarana Olahraga
- Kecuali yang Cedera dan Sakit, Persib Bawa Semua Pemain ke Madura


Apalagi Robert begitu ahli mengotak-atik dan merotasi pemainnya. Sepeninggal Hariono, Robert bisa menduetkan Dedi dengan Omid. Alternatif lainnya, Omid bisa didampingi Kim atau Aziz tergantung situasi dan kondisi yang terjadi di tim. Apalagi Robert juga tidak memandang masalah senioritas di tubuh tim.

Salah satu legenda Persib, Nana Supriatna, yakin Robert sebenarnya sudah mengantongi nama-nama pemain yang akan mengisi posisi gelandang bertahan. “Robert berani memutus Hariono yang artinya dia sudah memiliki opsi baru sebagai penggantinya,” Nana mengungkapkan, Selasa (14/1).


Baca Juga :
- Setelah Test PCR Barulah Persib Menentukan Siapa Saja yang Akan Dibawa ke Madura
- Manajemen dan Tim Pelatih Persib Mulai Merancang Keberangkatan menuju Madura


Stopper Persib era 1990-an ini lalu mengusulkan satu nama. “Dedi kalau kondisinya stabil bisa jadi opsi utama. Di samping kuat bertahan, kelebihannya dalam menyusun serangan juga bagus,” ucap Nana.

Yang jelas, keempatnya akan diuji coba terlebih dulu dalam ajang pramusim internasional Asian Challenge di Stadion Shah Alam, Malaysia, 18-19 Januari mendatang. Selepas ajang ini Robert diharapkan sudah mulai menemukan kerangka tim inti, termasuk gelandang.

Rencananya skuat Maung Bandung akan bertolak menuju Malaysia Kamis (16/1) besok. Asisten pelatih Budiman Yunus mengatakan, skuat yang akan diboyong ke Malaysia maksimal 20 pemain dan akan dipantau langsung oleh Robert.

“Pemantauannya akan dilihat ketika tim menjalani turnamen di Malaysia. Coach Robert sudah berada di Malaysia dan akan menguji para pemainnya di sana termasuk mereka yang sedang mengikuti seleksi,” kata Budiman.

Di antara pemain seleksi yang sudah hadir adalah dua penyerang asing asal Brasil, Wander Luiz dan Joel Vinicius. Tentu, seleksi ini akan menjadi tantangan berat bagi mereka untuk lolos agar segera teken kontrak dengan Maung Bandung.

“Yang jelas lolos atau tidaknya pemain dalam seleksi adalah kewenangan pelatih. Keputusan yang diambil berdasarkan pada hasil evaluasi musim lalu. Jadi mendatangkan pemain-pemain baru dalam latihan seperti Luiz dan Vinicius belum menjadi sebuah keputusan, namun mereka sudah menjadi opsi untuk pemain asing musim ini,” ujar Budiman.*Arief Nugraha K

 

 

news
Penulis
Kunta Bayu Waskita
Nyaman di Harian TopSkor, Mantap di TopSkor.id