news
LIGA SPANYOL
Valverde Tamat Beneran, Penggantinya Eks Pelatih Real Betis, Kandidat Lama
14 January 2020 06:45 WIB
berita
Quique Setien, eks pelatih Real Betis yang kini akan memimpin Barca. -TopSkor.Id/Istimewa-
BARCELONA – Kali ini Ernesto Valverde tamat beneran setelah manajemen FC Barcelona sempat tarik-ulur soal nasibnya. Selanjutnya, Barca resmi mengangkat Quique Setien sebagai pengganti Valverde di kursi kepelatihan, Selasa (14/1/2020) dini hari WIB. Keputusan ini diambil dalam rapat direksi yang dilakukan pada Senin (13/1/2020) waktu setempat.

Dalam rapat direksi tersebut, Presiden Barca, Josep Maria Bartomeu yang langsung memimpin pertemuan penting itu. Valverde pun dikabarkan juga berada dalam rapat tersebut, untuk mendengarkan pandangan dari dewan direksi klub yang lain. Hasil dari rapat direksi ini memutuskan bahwa Valverde diberhentikan dari jabatannya.




Baca Juga :
- Ini Fakta bahwa Gareth Bale adalah Legend di Madrid
- Memphis Depay Hattrick dalam Ligue 1 Pekan Ke-1 2020/21


Secara kontrak, musim 2019/20 akan menjadi musim terakhir pelatih yang datang dua musim lalu ini. Selama menukangi Barca, Valverde sudah menjalani 145 laga dengan catatan 97 kemenangan, 32 hasil seri, dan 16 kekalahan.

Valverde juga menyumbangkan dua trofi La Liga, satu Piala Raja, dan satu trofi Piala Super Spanyol. Selanjutnya, Setien akan melatih Barcelona dalam durasi kontrak 2,5 tahun hingga Juni 2022. Sebenarnya, sosok Setien bukanlah nama baru. Saat Barca mencari pelatih karena Luis Enrique mundur, nama Setien nyaris diambil.


Baca Juga :
- Luar Biasa! Bayern Muenchen Mencetak Rekor yang Belum Pernah Terpecahkan di Liga Champions
- Dihajar Pukulan Combo! Eks Juara Dunia Ini Ditonjok hingga Keluar Tali Ring, Langsung KO


Saat itu, selain Setien, hanya ada nama Valverde. Dan, seperti diketahui, Valverde yang diambil duluan. Pertimbangan utama manajemen Barca atas Setien adalah ciri khasnya mengutamakan permainan ball possesion. Gaya permainan itulah yang menjadi ciri khas utama Barca.*

D
Penulis
Dedhi Purnomo
BarC4!