news
LIGA 1
Dua Wajah Baru Hadir dalam Latihan Perdana Persib
11 January 2020 15:03 WIB
berita
Pelatih kiper baru Persib Luizinho Passos (menghadap lensa) memberi arahan kepada tiga kiper Persib/Foto:TopSkor/Arief Nugraha K
BANDUNG – Latihan perdana Persib Bandung awal tahun ini akhirnya digelar sore hari di Lapangan Sport Jabar Arcamanik, Bandung, Jumat (10/9). Program latihan tidak dihadiri pelatih Robert Rene Alberts. Selain dua asisten, Budiman dan Yaya Sunarya juga hadir pelatih kiper yang baru, Luizinho Passos.

Dari jajaran pemain baru yang sudah bergabung adalah Beni Oktavianto. Para senior seperti Victor Igbonefo,  Ezechiel N'Douassel, Fabiano Beltrame, Nick Kuipers, Omid Nazari, Ardi Idrus, Achmad Jupriyanto, Febri Hariyadi, dan Supardi Nasir tidak hadir dalam latihan yang digelar mulai pukul 14.30 WIB itu.




Baca Juga :
- Persib Kembali Berlatih, Kim Masih Absen Latihan
- Viking Siap Patuhi Aturan, Panitia Harus Lebih Konsekuen


Total pemain yang hadir dalam latihan kemarin sebanyak 21 orang. Termasuk tiga penjaga gawang yakni I Made Wirawan, Dhika Bhayangkara, dan Muhammad Aqil Savik. 

Seperti direncanakan sebelumnya, program latihan hari pertama berjalan tidak terlalu berat. Oleh pelatih fisik Yaya Sunarya, para pemain hanya menjalani latihan pemanasan serta conditioning atau pemulihan fisik.


Baca Juga :
- INFOGRAFIS: Wander Luiz Dominasi Statistik Terbaik Pemain Persib dalam Tiga Laga Liga 1 2020
- Persib Hadapi Dua Lawan Sekaligus di Fase Uji Coba Pekan Ini


"Latihan akan berlangsung hingga 15 Januari nanti. Kami akan berangkat ke Malaysia pada 16 Januari pagi dari Bandung. Coach Robert saat ini sudah berada di Malaysia dan kami akan bertemu di sana. Selama di Bandung kami komunikasi jarak jauh dengan pelatih, termasuk dalam menerapkan program latihan," ucap Budiman Yunus, asisten pelatih.

Memang, latihan kali ini digelar untuk persiapan Maung Bandung berlaga pada turnamen invitasi Asia Challenge 2020 di Stadion Shah Alam Kuala Lumpur, Malaysia, 18-19 Januari mendatang. Ajang tersebut juga dimanfaatkan untuk menambah pengalaman bagi pemain muda.

Selanjutnya, agenda latihan akan digelar dua kali sehari. “Dari latihan hari pertama ini terlihat kondisi pemain menurun, hanya 40 persen. Makanya kami akan gelar latihan sehari dua kali sampai menjelang keberangkatan. Ketika di Malaysia diharapkan kondisi fisik pemain naik sekitar 90 persen," ujar Budiman.

Sementara itu pelatih kiper Luizinho Passos memuji atmosfer sepak bola di Bandung. "Hari pertama kerja, kami mendapat kesan bagus. Latihan kami ditonton suporter,  ini luar biasa," ucap Passos. Mantan pelatih kiper Borneo FC ini menilai ketiga kiper yang ia tangani merasakan semangat tinggi jika dalam setiap latihan selalu disaksikan supporter.

"Semoga ini jadi hari yang baik untuk semua. Program kami tadi efektif berjalan dan semua senang," pria kelahiran Ipatinga, Brasil, 3 Maret 1975 itu menambahkan. Passos diharapkan bisa mengasah performa trio kiper Persib seperti yang dilakukannya di Borneo FC saat men-drill Muhammad Ridho dan Nadeo Argawinata hingga jadi kiper timnnas.

Sedangkan hari pertama latihan di mata wajah baru lainnya, Beni Oktovianto, juga berkesan. "Latihan bersama Persib tentu sangat menyenangkan, namun sebagai pemain baru saya butuh waktu adaptasi dengan kawan baru saya di Persib," Beni menuturkan. 

Mantan penyerang Persiba Balikpapan itu mengaku sempat pikir-pikir untuk menerima pinangan tim sebesar Persib karena persaingan lini serang sangat ketat. "Saya butuh dua minggu untuk memutuskan bergabung ke Persib. Tapi selama proses itu tidak ada kendala. Saya harap kehadiran saya di Persib bisa mengangkat tim," kata pemain 21 tahun itu.*Arief Nugraha Kusumaningrat

news
Penulis
Kunta Bayu Waskita
Nyaman di Harian TopSkor, Mantap di TopSkor.id