news
LIGA 1
Siapkan "Mesin Press", Bali United Bertolak ke Singapura Minggu (12/1)
10 January 2020 18:12 WIB
berita
GIANYAR - Tak banyak waktu yang dimiliki Bali United untuk mempersiapkan diri jelang laga perdananya di kualifikasi Liga Champions Asia (LCA) 2020. Setelah menggelar pesta juara Liga 1 2019, pelatih Stefano “Teco” Cugurra sudah kembali menggembleng fisik pemainnya untuk menghadapi pertempuran perdana di tahun ini.

Memulai latihan perdana pada Minggu (5/1) lalu, Serdadu Tridatu akan dijamu Tampines Rovers di Stadion Jalan Besar, Singapura pada Selasa (14/1) mendatang. Ini berarti tidak lebih dari 10 hari waktu yang dimiliki oleh Bali United untuk mempersiapkan diri usai berpesta.




Baca Juga :
- Hari Ini, Pemain dan Ofisial Persib Jalani Tes PCR
- Liga 1 Terancam Tidak Bisa Digelar, Polri Tak Beri Izin


Salah satu materi latihan yang diberikan adalah tes fisik pemain. Tes ini diikuti oleh semua pemain yang hadir di latihan kecuali tentunya Ilija Spasojevic yang memang belum tampak bergabung dalam tim.

“Kami sudah lakukan tes fisik dengan metode cooper test. Secara keseluruhan hasil bagus meski tidak sempurna. Ini baru preseason jadi kami di momen ini ingin cek kemampuan tingkat fisik di awal musim,” kata pelatih fisik Bali United, Yogi Nugraha kepada TopSkor, Kamis (9/1).


Baca Juga :
- BREAKING NEWS! 6 Anggota Tim Persebaya Positif Covid-19, Presiden Klub Ingatkan LIB
- Bali United Percepat Keberangkatan ke Yogyakarta, Ini Penyebabnya


Dia menerangkan bahwa tes fisik pertama ini menjadi evaluasi untuk program berikutnya dari tim pelatih. Fisik bakal menjadi senjata Bali United menghadapi Tampines. Pasalnya, tim Serdadu Tridatu akan menerapkan strategi High Pressing yang bakal menguras stamina.

“Kami memang fokus untuk mempersiapkan diri pada laga lawan Tampines Rovers. Hanya saja mohon maaf saya tidak bisa memberikan data hasil tes fisik yang ada. Termasuk siapa yang paling tinggi levelnya. Hasil tes ini bukan untuk konsumsi publik,” ucap dia lagi.

Kondisi fisik pemain memang belum kembali seperti saat Liga 1 2019 bergulir. Terlebih para pemain Bali United di skuat 2019 yang terbilang langganan diturunkan juga sudah diliburkan sejak empat laga terakhir di Liga 1 2019.     

“Namun beruntung mereka tetap profesional dengan menjaga kebugaran secara mandiri meski di tengah liburan,” ucap mantan pelatih fisik Persija ini. Hal ini disebutnya cukup berbeda dengan para pemain baru yang didatangkan Bali United musim 2020 ini.

Sebagaimana diketahui, ada enam pemain baru yang sudah bergabung dan berlatih bersama yakni Hariono, Gavin Kwan Adsit, Nadeo Argawinata, M Rahmat, Lerby Eliandry, dan terakhir Sidik Saimima. “Kondisi fisik pemain baru ini juga tidak mengecewakan karena mereka baru saja menyelesaikan kompetisi pada 22 Desember,” kata Yogi menambahkan.

Mengenai adaptasi khususnya terkait lapangan pertandingan di Singapura nanti, dia menyebutkan Bali United sudah mempersiapkannya sejak dari Bali. “Kami akan main di lapangan sintetis. Ada tiga sesi latihan di lapangan sintetis yang kami gelar di Bali yakni di Australia International School (AIS) sebagai upaya adaptasi pemain dengan lapangan sintetis,” kata Yogi lagi. Penggunaan sepatu khusus sintetis juga ditekankan kepada pemain.

Bali United sendiri dikatakan Yogi akan terbang ke Singapura pada Minggu (12/1) mendatang. Dikatakannya, kebiasaan sang pelatih kepala adalah membawa 20 pemain dalam tiap laga tandang. Dia juga mengatakan terbuka tentunya kemungkinan pemain baru masuk dalam daftar skuat yang dibawa ke Singapura jika memang sang pemain dinilai siap tempur.

Sepanjang musim 2019 lalu, ada kebiasaan Teco yang terus dijaga dan menjadi ciri khas Bali United. Pelatih asal Brasil itu tidak pernah membeberkan daftar pemain yang dibawa dalam skuat di laga tandang Bali United.

Terpisah, pemain baru Bali United Sidik Saimima mengaku berharap memiliki kesempatan untuk dapat masuk dalam skuat di LCA nanti. “Tentunya semua pemain punya keinginan berlaga di level Asia. Namun sekali lagi itu semua tergantung pelatih yang akan menilai apakah seorang pemain masuk dalam skuat nanti atau di kesempatan berikutnya,” ucap mantan pemain PSS itu.*** SRI NUGROHO

R
Penulis
Rizki Haerullah