news
TINJU
Speed! Kecepatan Pukulan Pacquiao Lebih Cepat daripada Kedipan Mata, Ini Penjelasannya
10 January 2020 13:20 WIB
berita
Manny Pacquiao saat berlatih di bawah bimbingan Buboy Fernandez. -TopSkor.Id/Istimewa-
SAAT seorang petinju mencapai prestasi yang di luar kewajaran, perhatian berlebih pun diterimanya. Termasuk penelitian khusus soal si petinju mengapa dia bisa begitu berprestasi. Salah satu yang pernah diteliti adalah Manny Pacquiao, petinju legendaris asal Filipina yang pernah jadi juara dunia di delapan kelas yang berbeda.

Tentu untuk waktu yang tak bersamaan. Meski itu tetap dipandang sebagai prestasi yang di atas kewajaran. Pada 2015, sebuah penelitian tentang Pacquiao menghasilkan jawaban yang mengejutkan. Dalam salah satu aspek, ada penghitungan berapa kecepatan pukulan Pacquiao.




Baca Juga :
- Pakai Jersey Baru, Milan Gilas Cagliari, Pioli Samakan Catatan Capello 28 Tahun Silam
- Arteta Girang! Dapat Dua Berkah dan Ucapkan Terima Kasih kepada Guardiola


Pacquiao pun menjalani penelitian tersebut dengan sungguh-sungguh. Dia diminta memukul samsak dengan kecepatan terbaiknya. Setelah diukur oleh alat penghitung kecepatan supertinggi, dihasilkan angka 0,12 detik. Ini akurat karena dihitung dengan memakai beberapa sensor kecepatan.

Itulah kecepatan pukulan Pacquiao dihitung dari saat dia melepaskan pukulan dan diakhiri saat pukulan mendarat di objek. Sedangkan kecepatan kedipan mata normal adalah 0,4 detik. Artinya, pukulan Pacquiao bisa lebih cepat daripada kedipan mata. Tentu, mata bisa seperti itu selama berjam-jam.


Baca Juga :
- Frustrasi! Lampard Jelaskan Penyebab Kekalahan Chelsea di Final dan Puji Aubameyang
- Tukar Guling! Inter Mau Dikasih Alexis Sanchez dan Smalling tapi Skriniar untuk MU


Sedangkan kecepatan pukulan Pacquiao tak bisa dilakukan di sepanjang hari dengan kondisi yang terus sama. “Saya bahkan tidak tahu pada posisi mana dia melepaskan pukulan. Pokoknya, jika terkena pukulan Pacquiao, dampak yang ditimbukan sangat berbeda dengan petinju lain.”*

D
Penulis
Dedhi Purnomo
BarC4!