news
UMUM
Industri Esport Dorong Pertumbuhan Ekonomi Kreatif Indonesia
09 January 2020 15:35 WIB
berita
Foto: Istimewa
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio menilai industri esports atau olahraga elektronik mampu mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif di Indonesia.

Menparekraf Wishnutama saat audiensi Indonesia Esports Premiere League (IESPL) di Gedung Sapta Pesona, Selasa (7/1), menyoroti potensi esports sebagai industri akan berperan besar terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia ke depan.




Baca Juga :
- Kemenpora dan IESPL Gelar Turnamen E-Sports pada Hari Kemerdekaan
- Buat Para Gamers! Kompetisi eLaLiga Santander Akan Kembali Bergulir


Tidak hanya dari sisi ekonomi kreatif namun juga beririsan penuh dengan industri pariwisata. Ia mencontohkan, penyelenggaraan Piala Presiden Esports 2020 yang berskala regional Asia Tenggara dengan melibatkan tim-tim esports dari negara-negara tetangga, berpotensi menghidupkan sisi pariwisata.

“Kita bisa berkaca dari penyelenggaraan Asian Games 2018 kemarin, bahwa kita mampu menjadi tuan rumah kejuaraan olimpik berskala besar. Saya melihat Piala Presiden Esports 2020 pun demikian, bahwa kita mampu menyelenggarakan turnamen yang melibatkan negara-negara lain dan berpontensi mendatangkan keuntungan dari sisi pariwisata,” terangnya.


Baca Juga :
- Tak Sengaja Pamerkan Payudara, Aksi Divine Gemparkan Gamer
- Pernyataan Resmi EA Sports Terkait Kerja Sama NFL dengan 2K


IESPL sendiri merupakan mitra Pemerintah Indonesia dalam penyelenggaraan Piala Presiden 2020 dimana tahun ini merupakan tahun kedua pelaksanaan.

Wishnutama mengatakan esports yang telah berkembang pesat sebagai industri juga menjadi salah satu area prioritas Kemenparekraf dalam mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif di Indonesia. Piala Presiden Esports yang kini memasuki tahun kedua, merupakan inisiatif untuk terus meningkatkan potensi esports agar memberi dampak positif secara ekonomi.

“Komitmen dukungan kami terhadap esports sudah berjalan sejak Piala Presiden Esports yang pertama, saat itu melalui Badan Ekonomi Kreatif. Kini tentunya sinergi dukungan ini semakin menguat dan lebih terintegrasi melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama CEO IESPL yang juga Ketua Penyelenggara Piala Presiden Esports, Giring Ganesha, mengapresiasi komitmen Kemenparekraf dalam pengembangan esports. Mantan vokalis Nidji ini mengatakan esports di Indonesia membutuhkan dukungan dari berbagai pihak agar dapat bertumbuh dan berdampak secara positif.

“Penyelenggaraan Piala Presiden Esports 2020 adalah kerja kolaboratif. IESPL sebagai mitra pemerintah tentu membutuhkan dukungan dari kementerian-kementerian terkait agar esportsnya bisa berdampak positif ke berbagai aspek. Dengan dukungan Bapak Wishnutama dan jajaran Kemenparekraf terhadap Piala Presiden Esports kami berharap esports di Indonesia akan berkembang sesuai harapan,” kata Giring. ***

M
Penulis
Muhammad Pratama Supriyadillah