news
TOP FEATURE FOOTBALL
Messi Baper! Striker Ini Datang, Bikin La Pulga Melow, dan Kirim SMS ke Guardiola
09 January 2020 13:58 WIB
berita
Zlatan Ibrahimovic saat masih membela FC Barcelona di masa lalu. -TopSkor.Id/Istimewa-
DI FC Barcelona, Lionel Messi begitu berkuasa hingga dia bisa ikut menentukan pemain mana yang sebaiknya dibeli. Jika Messi sudah memberi restu, pemain itu setidaknya bisa bertahan lama di Barca. Tapi, itu tidak terjadi di saat Messi masih mudah atau di tahun-tahun awal kariernya di Barca.

Dalam buku berjudul The Messi Mystery karya Sebastian Fest and Alex Juillard terungkap fakta yang bertolak belakang dari situasi Messi saat ini. Momen itu setelah Barca meraih treble pada 2008/09. Untuk mempertahankan berbagai gelar itu, Barca mendatangkan Zlatan Ibrahimovic dari FC Internazionale.




Baca Juga :
- Piala Super Spanyol; Barca Pulang Duluan, Ditekuk Atletico 2-3
- Cocok untuk Mourinho, Bek Kanan Napoli Ini Masuk dalam Daftar Buruan Tottenham


Sebagai gantinya, Samuel Eto’o yang dikirim ke Inter. Dalam waktu singkat, Ibrahimovic pun bersinar di Barca. Saat itulah Messi yang masih 22 tahun jadi baper. Dia seperti terancam oleh kehadiran Ibrahimovic. Suasana itu membuat Messi melow hingga tak sanggup untuk bicara langsung dengan Josep Guardiola.

Ya, saat itu Barca masih ditukangi oleh Guardiola. Dalam sebuah perjalanan di bus, Messi pun mengirim SMS yang isinya kira kira, “Saya bisa lihat kalau saya tak dibutuhkan lagi di tim ini, jadi…….” Sebuah kalimat yang bermakna dia ingin pergi karena Barca sudah punya Ibrahimovic.


Baca Juga :
- Mantap! Enam Wakil Indonesia ke Perempat Final, Markus/Kevin Ketemu Teman Sendiri
- Tiga Bulan Ketemu Terus, Ini Lawan Ahsan/Hendra di Perempat Final, Bisalah Menang


Ini cukup janggal karena sebenarnya posisi mereka berbeda. Messi adalah winger atau gelandang serang sedangkan Ibrahimovic striker. Guardiola yang merupakan mentor langsung Messi sejak dari tim junior langsung mengambil sikap bahwa dia harus menjaga Messi tetap senang dan jangan pergi.

Caranya, dengan menempatkan Ibrahimovic melebar dan Messi jadi striker. Hasilnya, Messi mencetak 42 gol dari 53 penampilannya. Sedangkan Ibrahimovic 21 gol dari 45 penampilan. Ibrahimovic tampaknya sadar betul situasi di Barca tak bagus untuk dilanjutkan, lalu dia pun pindah ke AC Milan.

Ya, Ibrahimovic hanya semusim di Barca meski sempat angkat trofi La Liga. Meski begitu, dia bisa membuat Messi terancam dan jadi baper lalu melow. Masa lalu.*

D
Penulis
Dedhi Purnomo
BarC4!