news
LIGA TOPSKOR
Sava Fiprian Januario Punya Intuisi Tajam
08 January 2020 15:30 WIB
berita
JAKARTA - Mempunyai kecepatan dan ketenangan menghadapi terjangan bek lawan adalah sedikit gambaran dari permainan Sava Fiprian Januario. Dengan permainan apiknya pekan lalu pemain sayap Astam ini berhasil terpilih menjadi Player Off The Week Liga TopSkor Transtama (LTST) U-15 musim 2019/20.

Pada laga melawan FU 15 FA, Sava berhasil membawa Astam meraih poin penuh dengan kemenangan 3-0 di lapangan Porkas, Kampung Setu, Depok, Minggu (5/11). Ia bermain sangat baik, perannya di sisi sayap memberikan banyak peluang bagi Astam.




Baca Juga :
- Liga TopSkor U-12: Begini Aktivitas Tim Tersubur Grup Top di Periode Wabah Corona
- Tetap Berlatih, AA Tiga Naga Benahi Antisipasi Set Piece


Mempunyai skill individu yang baik membuat Sava cukup disegani oleh barisan pertahanan lawan. Tidak jarang pemain kelahiran Kediri itu berhasil melewati satu hingga tiga pemain bertahan untuk melesakkan gol ke gawang lawan.

Berkat konsistensinya dalam bermain hingga pada pertandingan kelimanya ini, pemain yang mengidolakan winger timnas Andik Vermansah itu sudah mengoleksi tiga gol untuk Astam. Selain perannya di lini tengah tim Astam dinilai sangat baik, pada laga ini pemain yang juga mengidolakan gelandang FC Barcelona Frenkie de Jong itu juga berkontribusi dalam menyumbangkan satu gol bagi Astam pada menit ke-54.


Baca Juga :
- Liga TopSkor U-15: ASIOP Genggam Tiket Semifinal, Usai Kalahkan Astam
- Liga TopSkor U-15: APC ke Semifinal Sebagai Juara Grup


Dalam tim Astam, Sava memang selalu menjadi pilihan utama bagi pelatih Heri Komarudin. Tugasnya pun cukup berat. Sava tidak jarang untuk berubah posisi dalam mencoba menerobos sisi kanan dan kiri pertahanan lawan. Menit bermain Sava juga selalu lebih banyak ketimbang pemain lainnya, artinya Sava menjadi salah satu pemain penting bagi Astam.

Dengan kelebihan menonjol yang dimiliki Sava, tim Technical Study Group (TSG) LTST Deris Herdiansyah menobatkannya sebagai Player of The Week Liga TopSkor Transtama U-15 pekan ini. “Sava adalah salah satu pemain yang berhasil mempertahankan penampilan terbaiknya. Dia berperan bukan untuk menonjolkan dirinya saja namun juga untuk timnya, itu menjadi poin positif,” ujar Deris.

“Hal itu juga mengacu kepada dirinya yang berhasil menjaga kondisi tubuhnya dengan baik dan paling utama pemain ini mempunyai pemahaman sepak bola yang baik. Mungkin hal itu timbul juga karena dia kerap ikut dalam turnamen atau liga seperti Liga TopSkor ini. Saya rasa jika terus dipertahankan dan diasah kemampuannya, dia bisa menjadi pemain masa depan untuk Indonesia,” tambahnya.

Deris juga mengaku Sava adalah salah satu pemain yang bisa mengontrol diri saat dalam pertandingan. Pemain yang baru berulang tahun pada 5 Januari  itu seakan sudah mengerti bagaimana mengontrol ego kapan ketika dia harus menusuk jantung pertahanan, harus memberikan umpan, dan ia juga bisa mengontrol emosinya dalam setiap laga.

Namun, pelatih terbaik Elite Pro Academy U-16 2019 itu juga berpesan kepada pemain yang mendapatkan status Player of The Week tidak boleh cepat puas. Penghargaan ini tentu juga harus menjadi motivasi kepada pemain lain. Lalu pemain yang mendapatkan titel ini juga harus berusaha mempertahankan performanya di laga-laga selanjutnya.*NIZAR GALANG GANDHIMAR

R
Penulis
Rizki Haerullah
news
news