news
LIGA 1
Jacksen Ingin Pertahankan 85 Persen Pemain, Tetapi Belum Keputusan Final
31 December 2019 09:30 WIB
berita
Nasib bek Persipura Andre Ribeiro masih belum pasti - TopSkor/Jessica Margaretha
JAYAPURA – Menatap Liga 1 2020, manajemen Persipura masih adem ayem. Saat tim lain bergerak aktif dalam bursa transfer, Mutiara Hitam memilih menikmati libur Natal dengan tenang. Pelatih Persipura Jacksen Fereira Tiago mengatakan, sekitar 85 persen skuat dalam Liga 1 2019 dipertahankan.  

Yang jadi pertimbangan Jacksen, skuat yang ada saat ini sudah kompetitif. Dengan penambahan beberapa pemain untuk posisi vital dan tancap gas sejak awal musim, Jacksen percaya gelar juara pada 2020 bisa digapai. Namun, pelatih asal Brasil ini belum ingin berbicara peluang juara yang masih sangat jauh.




Baca Juga :
- Ini Fakta bahwa Gareth Bale adalah Legend di Madrid
- LIB Imbau Klub Liga 1 dan Liga 2 Bernegosiasi, Selesaikan Gaji Pemain dan Pelatih


“Untuk Liga 1 2020, saya sudah  berikan hasil evaluasi ke manajemen. Kamai tak banyak melakukan perombakan, sebab hasil dalam Liga 1 2019, tim Persipura masuk peringkat ketiga setelah sempat kesulitan. Hasil itu di luar ekspektasi kami semua. Jadi, buat apa merobak banyak pemain?” kata Jacksen kepada TopSkor, Senin (30/12).

Sejauh ini, baru dua pemain yang dipastikan tak akan mendapat kontrak baru, yakni gelandang bertahan asal Freetown, Sierra Leone, Ibrahim Posle Conteh dan penyerang dari Mali, Mamadou Samassa. Praktis, Persipura hanya menyisakan dua asing, Andre Ribeiro dos Santos (Brazil) dan Oh In-Kyun (Korea Selatan).


Baca Juga :
- Luar Biasa! Bayern Muenchen Mencetak Rekor yang Belum Pernah Terpecahkan di Liga Champions
- Conte Memotivasi Pemainnya jelang Final Liga Europa: Sejarah Hanya Mengingat sang Juara


Namun, posisi keduanya belum 100 persen aman. “Untuk Andre Ribeiro dan Oh In-kyun, antara saya dan  manajemen Persipura masih mempertimbangkan, apakah layak dipertahankan atau sebaliknya. Saya baru bisa sebutkan dua nama, Mamadou Samassa dan Ibrahim Conteh yang tak diperpanjang,” Jacksen menambahkan.

Bagaimana dengan status pemain lokal yang kontraknya kedaluarsa pada Desember 2019 ini? Jacksen belum bisa memberi keterangan. Yang pasti, ia telah memberi rekomendasi siapa yang pantas dipertahankan dan layak dilepas. Namun, keputusan akhir ada di tangan manajemen.

Saat ini Jacksen tengah berada di kampung halamannya, Rio de Janeiro, Brasil, merayakan Natal dan tahun baru 2020. Rencananya ia akan kembali ke Tanah Air pada 20 Januari 2020 mendatang. Adapun latihan Persipura akan dimulai pada pekan terakhir Januari. Itu jika kompetisi dimulai pada 1 Maret.* Noval Luthfianto 

news
Penulis
Abdul Susila
Pejalan kaki untuk gunung-gunung tropis Indonesia. Mencintai sastra, fanatis timnas Garuda, dan sedang aktif di sepak bola usia dini. Anak pertama dari tiga bersaudara.