news
INFOGRAFIS
Evan Dimas ke Bali United Tinggal Menunggu Waktu
30 December 2019 11:09 WIB
berita
Grafis TopSkor-Yusuf
GIANYAR - Pergerakan luar biasa diperlihatkan oleh Bali United menatap musim 2020. Sebelum memasuki tahun baru 2020,manajemen Serdadu Tridatu sudah mendatangkan tiga pemain dengan level permainan yang tak diragukan lagi kualitasnya mulai Hariono dari Persib, Gavin Kwan Adsit dari Barito Putera, dan kiper Nadeo Argawinata dari Borneo FC.

Tentunya jaring-jaring Bali United ini tidak akan berhenti untuk terus menangkap “kakap-kakap” yang lain guna masuk dalam komposisi Bali United musim 2020 mendatang. Tidak mengherankan jika manajemen Bali United agresif bergerak di jendela transfer kali ini.




Baca Juga :
- Bali United Waspadai Duet Maut Tira Persikabo, Alex dan Ciro Alves
- Teco Isyaratkan Ubah Kerangka Tim Bali United untuk Lanjutan Liga 1


“Padatnya jadwal musim depan membuat kami harus benar-benar bersiap dengan memperdalam skuat. Terakhir dengan masuknya Nadeo (Argawinata), sementara sudah ada 25 pemain yang kami punya,” kata CEO Bali United Yaves Tanuri kepada TopSkor, Minggu (29/12). 

Diakuinya, jika merunut pada deadline pendaftaran pemain untuk play-off Liga Champions Asia (LCA) yakni pada Senin (30/12) ini, Bali United berkeinginan kuat untuk mendaftarkan jumlah maksimal yang dipersyaratkan yakni 30 pemain.
Ini berarti masih ada lima slot lagi yang belum terisi untuk didaftarkan ke AFC. “Tapi dari regulasi yang ada juga bisa ada penambahan atau perubahan nama pemain paling lambat 6 Januari mendatang untuk didaftarkan,” ucap Yabes lagi.  


Baca Juga :
- Situasi Liga 1 Tidak Biasa, Pelatih Bali United Stefano Cugurra Hati-hati Bicara Target
- Top Aksi 3 Pertandingan Awal Liga 1 2020: Bali United


Mengenai sosok lima pemain yang akan mengisi slot yang ada, Yabes mengatakan hingga saat ini pihaknya masih berburu untuk menutup kuota yang ada. Tentunya banyak pihak menantikan kejutan lain yang bakal didatangkan Bali United. “Tunggu saja tanggal mainnya,” kata Yabes serius.   

Salah satu nama yang patut dinantikan adalah kepastian rumor Evan Dimas bergabung. Pemain asal Surabaya ini sendiri baru saja menyudahi kontraknya dengan Barito Putera. Jika benar, maka dia akan mengikuti jejak Gavin Kwan yang lebih dulu mendarat di Bali United.

Bali United musim 2020 mendatang benar-benar membutuhkan komposisi skuat yang mumpuni. Bagaimana tidak, Serdadu Tridatu akan menghadapi sedikitnya tiga agenda resmi yang sudah terjadwal di pengujung 2019 ini.
Terdekat play-off LCA 2020 yang dimulai pada 14 Januari mendatang melawan Tampines Rovers di Singapura. Kompetisi lainnya tentu ajang Liga 1 2020 yang dijadwalkan bergulir mulai awal Maret mendatang.

Tampil di level Asia juga menjadi magnet bagi banyak pemain untuk mau bergabung dengan tim yang bermarkas di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar ini. Termasuk yang dikatakan rekrutan dari Barito Putera, Gavin Kwan. 
“Sangat senang dan bangga bisa bergabung dengan Bali United. Tahun depan tim ini akan berkompetisi di level Asia. Tampil di Liga Champions Asia juga menjadi impian saya,” kata Gavin.

Satu lagi, Bali United sebagai juara Liga 1 2019 bersama runner-up Persebaya dipastikan menjadi wakil Indonesia di ajang ASEAN Club Championship (ACC) 2020. Untuk ajang terakhir ini, rencananya diputar mulai Mei mendatang.

Ini belum termasuk agenda pramusim Piala Presiden 2020 yang kabarnya akan digelar pada Februari mendatang. Ini jadi tantangan besar untuk Bali United menjaga keseimbangan kualitas tim yang bisa jadi akan bertanding dalam lebih dari satu laga dalam waktu yang bersamaan. Artinya, pelatih Stefano “Teco” Cugurra wajib memiliki dua tim inti di musim 2020 nanti.

Dengan jadwal padat dan pertaruhan kredibilitas sebagai juara Indonesia, sudah sewajarnya Bali United tak mau main-main. Memiliki materi pemain yang mumpuni untuk menjalani tiga kompetisi bergengsi jadi rumus wajib yang mesti dipenuhi.

Di sisi lain, sejauh ini baru satu nama pemain asing yang sudah resmi dirilis oleh manajemen Bali United untuk dipertahankan. Dia adalah bek jangkung, Willian Pachecho. Tiga nama lainnya yakni Brwa Nouri, Paulo Sergio dan Melvin Platje dikabarkan masih belum menemui kata sepakat.

Untuk Nouri dan Sergio, kontrak keduanya sebenarnya masih berlangsung hingga akhir 2020. Namun dari kabar yang beredar, keduanya meminta kenaikan gaji usai berhasil berkontribusi membawa tim juara Liga 1 2019. Bahkan kedua pemain ini juga tidak terlihat di euforia perayaan juara Bali United lalu.*Sri Nugroho

news
Penulis
Suryansyah