news
INFOGRAFIS
Performa Terbaik Playmaker Arsenal Ini Mulai Terlihat
28 December 2019 19:10 WIB
berita
Mesut Oezil, akan menjadi kunci bagi timnya untuk bangkit
LONDON – Banyak faktor yang bisa membuat Arsenal kembali bangkit. Salah satunya adalah faktor Mesut Oezil. Siapa pelatih yang berhasil meningkatkan performa playmaker asal Jerman ini, peluang mereka sukses sebagai pelatih The Gunners sangat besar. Ya, Oezil dalam dua musim terakhir ini selalu menjadi persoalan bagi Tim Meriam London.

Performanya yang tidak stabil, kadang bagus namun tiba-tiba bisa menjadi sangat buruk dalam sebuah pertandingan. Konsistensi inilah yang belum pernah lagi terlihat dari penampilan mantan pemain Real Madrid tersebut. Padahal, Oezil memiliki potensi besar, khususnya terkait kemampuan individunya sebagai pengatur, menciptakan peluang, atau memberi assist.




Baca Juga :
- Lanjut! Setien Dipertahankan Manajemen Barca untuk Tetap Melatih di Musim Depan
- Duel Canelo vs Saunders Bakal Tertunda Setahun, Trilogi lawan Golovkin Masuk Duluan


Sejumlah kemampuan itulah yang tampaknya luput dari pelatih The Gunners sebelumnya, seperti Unai Emery atau pelatih sementara, Freddie Ljungberg. Kini, tantangan tersebut beralih kepada Mikel Arteta, yang resmi diangkat sebagai pelatih kepala pada 20 Desember lalu. Dan, Arteta tampaknya memulai langkah pertamanya sebagai pelatih The Gunners dengan benar ketika langsung menempatkan Oezil sebagai starter dalam pola 4-2-3-1, saat imbang lawan Bournemouth, pada laga Boxing Day, 26 Desember lalu.

Dengan pola tersebut, Oezil mendapatkan posisi di mana dirinya mampu berimprovisasi dengan kemampuannya. Peran inilah yang memang sangat disukai Oezil. Meski saat lawan Bournemouth tidak memberi assist langsung, namun performanya sepanjang 75 menit sebelum dirinya digantikan Joseph Willock, mendapat pujian dari pendukung The Gunners dan juga pelatih barunya ini.


Baca Juga :
- Cerdas! Ini Cara Inter Menjauhkan Barca dari Lautaro Martinez, Bisa Ditiru Klub Lain
- Tak Disangka, Juventus Mau Perpanjang Higuain, Masih Butuh atau Hanya Bisnis?


Yang menarik, Oezil dalam laga tersebut justru tampil penuh determinasi, ngotot, dan tidak jarang memperlihatkan karakter yang kuat baik dari sikap dan permainannya. Inilah yang membuat Oezil kemudian dinila berbeda. Banyak yang menilai, termasuk melalui media sosial, bahwa pada akhirnya mereka (pendukung Arsenal) melihat Oezil yang sesungguhnya. Permainan seperti itulah yang dirindukan oleh pendukung The Gunners. “Oezil adalah hadiah Natal. Kami tidak menang, tapi kami sangat terkesan,” demikian salah satu komentar fan Arsenal dalam media sosial.

Arteta pun mengakui performa Oezil yang mengesankan dalam pertandingan tersebut. Mantan tangan kanan Josep Guardiola di Manchester City ini berharap dapat melihat Oezil bermain seperti itu dalam setiap pertandingan. “Sejujurnya, sikap Oezil sejak kali pertama saya datang, sejak kali pertama dalam latihan, sangat mengagumkan,” kata Arteta, dalam konferensi pers setelah laga lawan Bournemouth tersebut.

Arteta optimistis bahwa Oezil akan menjadi bagian penting lagi bagi Arsenal. Dan, Arteta berjanji akan membantu sang pemain untuk menemukan kembali peran terbaik sesuai dengan keinginannya. “Ketika kami melihat aksinya, dan menilai bahwa dia bisa mengalahkan lawan, kami yakin bahwa dia adalah poin kunci dari kekuatan tim ini,” kata Arteta, menegaskan.

Dan, beruntung bahwa harapan Arteta tersebut pun mendapatkan respons yang baik dari Oezil. Kini, Arteta akan mencoba memaksimalkan potensi Oezil. Maklum, dalam dua musim terakhir, statistiknya dalam menciptakan peluang justru semakin menurun. Kondisi tersebut, boleh jadi karena faktor di luar teknik. “Namun, apapun itu yang kami tahu, sebenarnya kami bisa mencetak dua atau tiga gol karena dirinya,” kata Arteta.

Minggu (29/12) ini, Oezil kembali memiliki peluang untuk memperlihatkan kemampuan terbaiknya ketika menjamu Chelsea dalam lanjutan Liga Primer. Dan, tentu, pendukung The Gunners berharap agar Oezil tidak terlalu cepat ditarik dari lapangan. Keputusan Arteta menarik Oezil saat lawan Bournemouth memang sedikit disayangkan oleh suporter. Pasalnya, ketika itu Arsenal masih sangat membutuhkan peran Oezil untuk menciptakan peluang menorehkan gol.

Duel di Tengah
Lawan Chelsea, Oezil akan menghadapi sejumlah tantangan di antaranya dua sosok gelandang The Blues yang memiliki karakter bertahan yang kuat. Mereka adalah Ngolo Kante dan Jorginho. Tidak menutup kemungkinan pula bakal mendapatkan perlawanan dari Mateo Kovacic. Kante belakangan mendapatkan kritik karena penampilannya yang tidak memuaskan ketika pasukan Frank Lampard ini takluk dari Southampton.

Meski demikian, kritik tersebut tampaknya akan menjadi motivasi bagi Kante untuk bangkit. Mantan pemain Leicester City ini bisa kembali ke peran sebenarnya, sebagai gelandang bertahan. Kante di bawah asuhan Lampard memang sedikit mendapatkan peran lebih bebas dalam menyerang. Namun, kini, Chelsea membutuhkan dirinya sebagai perusak permainan lawan.*IRFAN SUDRAJAT DARI BERBAGAI SUMBER

news
Penulis
Suryansyah
news
news