news
LIGA 1
Persebaya, Persipura, dan Persija Berpeluang Jadi Wakil Indonesia di ACC 2020
26 December 2019 11:50 WIB
berita
JAKARTA - Setelah vakum sejak 2005, ASEAN Club Championship (ACC) akan kembali digelar pada Mei hingga Desember 2020 mendatang. Namun, hingga kini PSSI belum memutuskan dua tim yang akan mewakili Indonesia dalam kompetisi klub-klub top dari kawasan Asia Tenggara itu.

“Kami belum bahas tentang ASEAN Club Championship, sedang liburan,” ucap salah satu anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Yunus Nusi. Namun, beredar kabar, PSSI tidak akan mengirimkan kampiun Liga 1 2019 Bali United atau juara Piala Indonesia (PI) 2018/19 PSM ke ACC 2020. Pertimbangannya jadwal padat kedua tim yang juga harus terjun pada play-off Liga Champions Asia (LCA) dan Piala AFC 2020.




Baca Juga :
- INFOGRAFIS: Dua Pelatih Negeri Samba Paling Sukses di Indonesia
- Ketika Jacksen F Tiago Mengenang Gol yang Dicetaknya bersama Persebaya


Karena itu, opsinya adalah mengirimkan tim peringkat kedua Liga 1 2019 Persebaya dan runner-up Piala Indonesia 2018/19 Persija ke ACC 2020. Di samping opsi lain yakni Persipura yang finis di peringkat ketiga Liga 1 2019.

“Terkait konsepnya siapa tim yang akan mewakili di Indonesia lalu jadwal pertandingan kapan saja belum kami ketahui, karena jadwalnya panjang juga. Tapi intinya soal tim yang akan mewakili Indonesia, PSSI yang memutuskan,” kata Manajer Kompetisi, PT Liga Indonesia Baru (LIB), Asep Saputra kepada TopSkor.


Baca Juga :
- Kenangan Manis! Anggaran Minim, Arema Justru Juara ISL 2009/10
- Tak Diduga, Ini Alasan Robert Rene Alberts Ingin Pensiun di Persib


“Kalau mekanismenya ya ini adalah turnamen antarklub ASEAN yang sistemnya home or away mungkin. Ini mirip-mirip Piala AFF kemarin. Jika satu grup ada lima tim, mungkin dua kali home, dua kali away, tapi siapa wakilnya biar PSSI yang menyebutkan saja,” Asep menambahkan.

Sementara pesaing Indonesia, yakni Thailand dan Vietnam sudah mengumumkan dua tim sebagai wakil pada ACC 2020. Negeri Gajah Perang diwakili Chiangrai United (Juara Liga Thailand) dan PT Prachuap sebagai jawara Thai League Cup.

Sedangkan Vietnam mempercayakan juara Liga Vietnam 2019 Hanoi FC dan runner-up Liga Vietnam 2019 Ho Chi Minh City FC. Lalu Kamboja diwakili juara Liga Kamboja 2019 Svay Rieng FC.

ACC sudah digelar pada 2003 dan 2005. Kala itu Kingfisher East Bengal (India) dan Tampines Rovers (Singapura) keluar sebagai juaranya dan mendapat hadiah 300 ribu dollar AS atau setara Rp4,1 miliar.

Sementara, ACC 2020 akan memperebutkan hadiah total 500 ribu dolar AS atau setara dengan Rp6,97 milliar. Nantinya, ada 12 klub akan bertarung dalam tiga grup. Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Vietnam langsung mendapat dua slot di fase grup. Sementara, Myanmar dan Singapura hanya mendapat jatah satu tiket.

Sedangkan Brunei Darussalam, Filipina, Laos, Kamboja, dan Timor Leste harus berjuang dari babak play-off untuk memerebutkan dua tiket ke putaran final. Undian awal ACC 2020 akan digelar 4 Maret dan babak play-off akan dimulai 25 April 2020.

Setiap tim boleh mendaftarkan pemain minimal 25 dan maksimal 30. Setiap kontestan juga dapat diperkuat tiga pemain asing non-Asia dan satu pemain asing Asia. Khusus untuk pemain asing ASEAN, kuotanya tidak terbatas.***SUMARGO PANGESTU

 

 

 

 

R
Penulis
Rizki Haerullah
news
news