news
LIGA 1
Jadi Komoditas Panas, Persebaya Masih Cuek dengan Masa Depan Osvaldo
26 December 2019 10:45 WIB
berita
Osvaldo Haay diminati banyak klub - TopSkor/Ady Sesotya
SURABAYA – Seperti mengulang kisah musim lalu, Osavaldo Haay kembali menjadi komiditas panas. Penyerang sayap Persebaya yang mengoleksi enam gol dan tiga assist dari 20 penampilan itu, salah satunya diminati klub Malaysia, yang kini ditangani pelatih Indonesia Kurniawan Dwi Yulianto, Sabah FA.

Seolah cuek dengan dinamika bursa transfer yang berkembang, manajemen Persebaya tak buru-buru angkat suara. Sejatinya, manajemen Persebaya memang tak punya kuasa lagi atas Osvaldo. Pasalnya, kontrak pria 21 tahun ini bersama Persebaya resmi berakhir seiring rampungnya Liga 1 2019.




Baca Juga :
- Aji Santoso Terpaksa Mengubah Jadwal Latihan Persebaya, Begini Alasannya
- Lebih Perhatian kepada Ikan Cupang, Bek Persebaya Rachmat Irianto Dicemburui Calon Istri


Pelatih Persebaya Aji Santoso, pun tak bisa memberi keterangan pasti. Pelatih yang dikontrak hingga akhir 2020 itu hanya bisa memberi indikasi bahwa 75 persen skuad Persebaya dipertahankan. Mengenai nama-nama, Aji tak ingin mendahului mnajamen klub, karena hal ini bukan wilayahnya.

“Untuk musim depan, tentunya saya sudah punya gambaran kira-kira seperti apa. Dalam sepak bola, di mana pun, setiap musim akan ada pemain keluar dan masuk. Ini normal, dan pasti akan terjadi di Persebaya. Tapi yang jelas, mungkin mayoritas pemain juga akan tetap di sini,” ujarnya.


Baca Juga :
- Sudah Berkorban Tidak Pulang ke Negaranya, Makan Konate Berharap Liga 1 Dilanjutkan November
- Stefano Cugurra Tak Lupakan Peran sang Ayah yang Ikut Mengasahnya Jadi Pelatih Sukses dengan Tiga Gelar


Terlepas dari itu, striker David da Silva dipastikan bertahan. Top Scorer Persebaya dengan koleksi 14 gol ini masih punya kontrak hingga 2020. Dua pemain asing lainnya, Diogo Campos dan Aryn Williams, dikabarkan bakal bertahan. Sedangkan satu slot pemain asing lagi, sedang dicari.

Ini karena Otavio Dutra telah resmi menjadi warga negara Indonesia. Mengenai pemain asing, Aji mengaku butuh sosok bek atau striker. Kemungkinanya, Persebaya mencari pemain asing debutan. Namun, tidak menutup kemungkinan merupakan pemain yang sudah membela klub papan atas Indonesia.

Aji sesunggunya telah mengajukan nama ke manajemen Persebaya, amun ia enggan membeberkana namanya. “Dilihat nanti perkembangannya. Saya masih komunikasikan ke manajemen. Soal pemain tergantung kebutuhan tim dan budgeting. Yang jelas angkanya tidak murah dan tidak terlampau mahal," imbuhnya.

Selain da yang bertahan, beberapa pemain juga sudah ada yang menyatakan undur diri. Salah satunya kiper cadangan Imam Arief. Ada kemungkinan pula, Persebaya bakal melepas beberapa pemain yang selama ini kurang mendapatkan tempat di tim utama, seperti Andri Muladi, Novan Sasongko, dan Elisa Basna.

Satu yang pasti, Aji memprioritaskan pemain yang loyal. “Saya tidak memilih pemain dengan membabi buta. Saya tidak pernah melihat nama besar pemain. Kami mohon Bonek dan seluruh suporter Persebaya bersabar. Kami akan mengumumkan pemain untuk musim 2020 pada waktunya,” Aji menuturkan.

Pada saat bersamaan, sejumlah nama pun dikait-kaitkan dengan Persebaya. Pemain-pemain asli Surabaya seperti Andik Vermansyah dan Evan Dimas, kembali menjadi komiditas bursa transfer. Dua nama ini sangat diidamkan fan Persebaya, karena memang berdarah “hijau” Bajol Ijo.* Muhammad Bahrul Marzuki

news
Penulis
Abdul Susila
Pejalan kaki untuk gunung-gunung tropis Indonesia. Mencintai sastra, fanatis timnas Garuda, dan sedang aktif di sepak bola usia dini. Anak pertama dari tiga bersaudara.