news
LIGA INTERNASIONAL
Raja Gol Timnas! Ini Dua Rekor yang Bisa Dicapai Ronaldo bersama Portugal
25 December 2019 20:29 WIB
berita
Cristiano Ronaldo di salah satu laga bersama timnas Portugal. -TopSkor.Id/Istimewa-
LISABON – Tak sampai dua bulan lagi, Cristiano Ronaldo akan berusia 35 tahun. Tepatnya pada 5 Februari 2020 nanti. Meski begitu, urusan mencetak gol seperti tak ada hubungannya dengan usia Ronaldo. Baik di Juventus atau timnas Portugal, mencetak gol jadi pekerjaan tetapnya.

Pada 2020, ada momen penting yang akan dilakoni Ronaldo bersama Portugal. Tak lain adalah Piala Eropa 2020. Saat itulah, Ronaldo akan berada di situasi dia akan memecahkan dua rekor sekaligus. Ya, secara matematis, Ronaldo berpeluang besar menorehkan dua rekor bersama timnas Portugal.




Baca Juga :
- Kalahkan Messi di Barcelona, Coutinho Jadi MVP Joan Gamper 2020
- Messi Membuktikan Telah Kembali, Cetak Dua Gol dan Memberi Assist untuk Coutinho


Potensi rekor pertama adalah jumlah gol untuk timnas. Saat ini, Ronaldo sudah mencetak 99 gol untuk negaranya. Sedangkan pemain dengan sumbangan gol terbanyak untuk timnas adalah Ali Daei, striker Iran yang punya catatan 109 gol. Artinya, Ronaldo butuh 11 gol untuk menyalip Daei.

Terlihat banyak tapi tidak untuk Ronaldo. Soalnya, selama 2020, Ronaldo akan tampil bersama Portugal di minimal enam laga. Rinciannya, tiga laga uji coba dan tiga laga di fase grup putaran final Piala Eropa. Belum lagi jika Portugal lolos ke babak berikutnya. Maka itulah, 11 gol jadi tak terlalu banyak jika merujuk pada jumlah kesempatannya.


Baca Juga :
- Semua Tim Promosi Kandas di Pekan Pertama, West Bromwich Ditekuk Leicester
- Juventus Libas Novara 5-0 tapi Pirlo Tetap Butuh Striker, Persiapan Uji Coba Ini Mepet


Potensi rekor kedua yang jauh lebih ringan adalah torehan gol di putaran final Piala Eropa. Saat ini, Ronaldo bersanding bersama Michel Platini dengan sembilan gol. Bedanya, Platini mencetak sembilan gol itu saat di Piala Eropa 1884. Sedangkan Ronaldo terbagi dalam beberada edisi Piala Eropa.

Untuk memecahkan rekor ini, Ronaldo minimal bisa mencetak satu gol dari tiga kali kesempatan yang tersedia. Itulah babak fase grup di putaran final Piala Eropa 2020. Rasanya sangat tidak sulit bagi Ronaldo.*

D
Penulis
Dedhi Purnomo
BarC4!