news
LIGA 1
Prediksi Persib vs PSM, Robert Rene Alberts Lupakan Kenangan Indah bersama PSM
21 December 2019 19:17 WIB
berita
Sayap Persib Ghozali Siregar/Foto:TopSkor/Ady Sesotya
BANDUNG – Liga 1 2109 secara resmi akan berakhir Minggu (22/12). Bagi Persib Bandung menang atau kalah atas tamunya PSM Makassar di Stadion Si Jalak Harupat, tetap akan kembali ke barak tanpa gelar juara. Meski begitu, ada satu target yang masih dikejar yakni peringkat lima besar yang didengungkan sejak awal musim.

Bahkan, jika beruntung, Persib masih bisa menempati posisi keempat seperti halnya musim lalu. Tapi, baik untuk mengincar posisi keempat maupun kelima, kemenangan saja tidak cukup. Semua tergantung hasil-hasil pertandingan lainnya, terutama tim-tim yang berada di atas Persib. Saat ini Persib berada pada posisi ketujuh dengan 48 poin.




Baca Juga :
- “The Wonder Lion” Tampil Impresif Musim Ini, Bobotoh Persib pun Lupakan Duet “Jones”
- Tim Medis Tegaskan, Tidak Ada Lagi Laporan Kasus Pemain Persib Terpapar Corona


Meski demikian, kemenangan tetap menjadi incaran Ezechiel N’Douassel dan kawan-kawan karena akan jadi persembahan terakhir musim ini kepada bobotoh. Apalagi tiga poin yang diraih Persib sangat mungkin memengaruhi posisi di klasemen. Sebab perolehan poin antara posisi kedua hingga ketujuh hanya beda tipis.

Sayangnya, memori laga penutup nanti tidak akan dirasakan Ardi Idrus, Nick Kuipers, dan Kevin Van Kippersluis. Ardi dan Kuipers absen karena akumulasi kartu kuning. Sementara, Kippersluis usai melawan Perseru Badak Lampung dipastikan Robert sudah tidak lagi berada di tim.


Baca Juga :
- Ini Kata Sutiono soal Kualitas Lini Tengah Persib
- Simpati buat Penyerang Persib yang Terpapar Corona, Wander Luiz, Terus Mengalir


Sebagai gantinya, untuk lini belakang masih ada dua pemain muda, Zalnando dan Indra Mustafa. Sedangkan Esteban Vizcarra akan digeser ke posisi gelandang serang menggantikan Kippersluis, sementara sayap kiri kemungkinan diisi Ghozali Siregar.

“Apa pun kondisinya, kami tetap ingin mengakhiri game nanti dengan kemenangan. Kami tidak ingin berpikir posisi tim lain, hanya fokus pada tim sendiri. Bagaimanapun situasinya, kami masih memiliki kesempatan mencapai target urutan kelima, meski kepastian itu tetap bukan pada kami. Ini sangat menarik,” ujar Robert, Jumat (20/12).

Meski musim lalu pelatih asal Belanda itu pernah menukangi PSM yang akan menjadi lawan timnya, Robert tidak memedulikannya. “Itu masa lalu, memang PSM bersama saya finis urutan kedua pada kompetisi musim lalu. Tapi nanti kami (Persib) harus menjadi pemenangnya, fokus menyiapkan tim dengan sebaik-baiknya,” kata Robert.

Ia juga tidak mau memandang sebelah mata kepada PSM yang tidak pernah menang dalam lima laga beruntun dan kehilangan banyak pilar. “Sekali lagi, saya tidak mau pikirkan (kondisi) tim lawan,” ujar Robert. 

Sebaliknya, kubu PSM memang bakal tampil tanpa empat pemain asingnya. Gelandang Willem Jan Pluim cedera, gelandang Marc Klok dan bek Aaron Evans sudah diberi izin untuk mengambil jatah libur lebih dulu, sedangkan stiker Amido Balde terkena sanksi dari Komisi Disiplin PSSI.

Namun, Juku Eja masih punya sederet pemain muda yang bertenaga macam Asnawi Mangkualam Bahar, Muhammad Arfan, dan Muhammad Rizky Pratama. Pelatih PSM, Darije Kalezic berharap dengan tenaga muda, timnya bisa mengakhiri paceklik kemenangan.

“Kami akan berusaha untuk itu. Semua bisa berubah, kami bertekad ingin meraih poin dalam pertandingan tandang terakhir. Sudah saya tekankan kepada pemain dalam setiap pertandingan, baik home atau away adalah kesempatan untuk meraih poin,” kata Kalezic.*Arief Nugraha K

news
Penulis
Kunta Bayu Waskita
Nyaman di Harian TopSkor, Mantap di TopSkor.id
news
news