news
LIGA 1
Jelang Final Liga 1 Putri, Tira Persikabo Kartini dan Persib Intensif Gelar Persiapan
20 December 2019 13:30 WIB
berita
Selebrasi Tira Persikabo Kartini/Foto:Media Tira Persikabo
BOGOR– Persiapan intensif terus dilakukan tim Tira Persikabo Kartini jelang menghadapi leg pertama final Liga 1 Putri 2019, Sabtu (21/12). Tira Kartini dipastikan jadi lawan tanding Persib Bandung Putri di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, setelah status semifinal melawan Persipura Jayapura sempat menjadi polemik.

Hal ini bahkan dikhawatirkan mengganggu psikologi dan mentalitas bertanding Helsya Meisyaroh dan kawan-kawan. Persiapan jelang hadapi final tidak seideal yang dilakukan kubu Putri Biru, julukan Persib Putri.




Baca Juga :
- Seluruh Lapangan Ditutup, Tim Persib Putri Akhirnya Dibubarkan
- Leg Kedua Final Liga 1 Putri, Persib dan Tira Persikabo Sama-sama Ngegas


Namun hal itu dibantah olah pihak Tira Persikabo. Secara umum kondisi para pemain normal. Tidak terlalu terganggu dengan polemik yang akhirnya mengantarkan mereka ke partai puncak.

"Sempat ada kekhawatiran terganggu. Tapi setelah dipantau secara seksama, semua pemain dalam kondisi bagus," kata asisten pelatih Tira Persikabo Taufik Hidayat. "Kami sudah antisipasi itu, dengan meminta pemain fokus saja ke pertandingan. Dan kami membatasi mereka dalam menggunakan media sosial."


Baca Juga :
- Menjamu Persib Putri, Tira Persikabo Kartini Perkuat Pertahanan
- Cukup Imbang untuk Jadi Juara, Persib Putri Tetap Incar Kemenangan atas Tira Persikabo Kartini


Mematangkan persiapan, Tira Kabo menjalani uji coba selepas semifinal. Kemarin, Tira Kabo menghadapi tim M-Private pria U-15 yang berakhir dengan kekalahan Tira Kabo, 0-2. Namun hasil akhir bukan yang ingin dicapai tim pelatih.

"Alhamdulillah pemain kami tampil maksimal setelah ada beberapa pemain yang baru kembali dari tim Pra PON Jawa Barat," kata Taufik. "Paling penting dari uji coba ini adalah menjaga sentuhan pemain supaya chemistry yang sudah terjalin erat tidak hilang," Taufik mengungkapkan.

Di sisi lain laga final Liga Putri leg pertama antara Persib vs Tira Persikabo sudah pasti digelar malam hari di Stadion Si Jalak Harupat. Tepatnya usai mementaskan duel Persib Bandung vs PSM Makassar, Minggu (22/12) mendatang. Tapi Putri Biru tidak memiliki kendala. Mereka sudah terbiasa tampil malam hari.

"Seri pertama di Sleman, kami pernah main malam. Waktu itu karena force majeur akibat hujan deras. Latihan sehari-hari pun, kadang kami gelar malam. Jadi sama sekali tidak ada kendala bagi kami main malam saat final mendatang," kata pelatih Persib Iwan Bastian.

Anak asuhnya, menurut Ibas, sapaan akrabnya, sudah siap segalanya. Mereka tinggal bermain dan menghamparkan prestasi terbaik. Apalagi lawannya bukan tim yang asing. Mereka sudah bentrok empat kali selama fase grup.

"Kami sudah saling tahu dapur masing-masing. Tahu titik lemah dan pusat kekuatan rival. Makanya, tinggal bertempurnya saja. Toh semua gambaran lawan sudah menempel di benak para pemain," Ibas menuturkan.

Satu yang dikhawatirkan Ibas, cuma kejenuhan. Ini lantaran kompetisi Liga Putri sangat ketat dan waktunya sangat mepet. Waktu istirahat pascasemifinal pun terpotong karena pelaksanaan Pra PON sepak bola putri di Bantul pada dua pekan lalu.

"Kalau soal teknik tidak perlu dimasalahkan. Mereka sudah punya standar dan kualitas. Treatment-nya, saya cuma minta pemain melupakan rekor pertemuan lawan  Tira yang memihak kami. Biar mereka enjoy. Awali langkah baru dengan semangat baru," ujar Ibas.*Furqon Al Fauzi/Dani Wihara

 

news
Penulis
Kunta Bayu Waskita
Nyaman di Harian TopSkor, Mantap di TopSkor.id
news
news