news
LIGA SPANYOL
Resital Odegaard, Mampu “membungkam” De Jong dan Messi
16 December 2019 13:30 WIB
berita
Gelandang Sociedad, Martin Odegaard berduel dengan megabintang Barca, Lionel Messi di Anoeta, Sabtu (14/12). –Topskor/ist
SAN SEBASTIAN – Perlawanan luar biasa yang diberikan Real Sociedad saat menjamu FC Barcelona bukan tanpa alasan. Pada duel jornada 17 LaLiga 2019/20 itu para pemain mereka tampil impresif. Salah satu yang paling menonjol adalah Martin Odegaard. Sang gelandang seolah menjadikan Stadion Reale Arena (Anoeta) panggung resital dirinya sekaligus pesan untuk Real Madrid, agar segera menyediakan tempat untuk dirinya.

Sekali lagi Odegaard memainkan simfoni indah di lapangan lewat aksi-aksi individual. Tidak peduli lawan yang dihadapi memiliki level jauh di atas tim yang dibelanya. Kemarin keberadaannya membuat tim berjuluk Txurri-Urdin mampu menguasai penguasaan bola meski musuhnya terkenal kuat soal dominasi.




Baca Juga :
- Waduh, Zidane Tak Bawa Hazard dan Asensio untuk Laga Lawan Real Betis, Kenapa?
- Madrid dan Barcelona Melepas Banyak Pemain Berkelas, Daftarnya Bakal Bertambah Panjang


Gelandang serang 20 tahun ini melakukan 89 sentuhan dan  melepas 67 operan dengan akurasi 87 persen. Ia memenangkan lima dari sembilan duel yang dihadapi dan melakukan empat dribel yang keberhasilannya 100 persen (dua kali melewati lawan). Untuk serangan ada tiga umpan kunci serta lima tembakan; tiga akurat dan dua diblok.

Odegaard memang masih sangat muda. Namun ia terus menjadi sensasi musim ini, membuktikan siap memperkuat Madrid. Tampil impresif menghadapi klub-klub rival merupakan cara terbaik untuk mengirim pesan, sehingga tim ibu kota bingung apakah memulangkannya segera atau meminjamkan semusim lagi seperti kesepakatan awal.


Baca Juga :
- Simak! Inilah Unggahan Terbaik dari Klub-klub LaLiga di Media Sosial
- Bek Serep Real Madrid Ini Dicari Trio Italia


Di pertandingan melawan tim besar lainnya ia bahkan bisa berkontribusi pada skor timnya. Menghadapi Atletico satu gol diciptakan sehingga Txurri-Urdin menang 2-0. Sedang versus Sevilla FC meski timnya keok 2-3 bisa memberi satu assist. Gelandang tim nasional Norwegia ini telah mencetak tiga gol dan empat assist musim ini (15 laga).

Kemarin di Anoeta, nama kian melambung untuk mendapat perhatian Madrid sebab jadi pemain yang paling banyak dibicarakan di sosial media. Dari fan berbagai klub sepak bola hingga praktisi turut memberikan tanggapan penampilan mentereng yang dinilai “membungkam” Frenkie De Jong dan Lionel Messi.

“Terlepas dari statusnya (pemain muda), ia adalah sosok yang kuat dan hebat yang benar-benar menyusahkan Barcelona. Fenomenal,” kata pembawa acara La Liga TV, Semra Hunter, di Twitter. Sementara koresponden sepak bola Spanyol milik The Guardian, Sid Lowe, menuliskan; “Odegaard. Sungguh pemain yang hebat”.

Pujian pun dilontarkan oleh pelatih lawannya, Ernesto Valverde, “Dia mengalami musim yang hebat. Sekarang dia bermain terus-menerus dan memperlihatkan warna permainannya. Dia adalah pemain hebat. Ia jadi masalah karena pergerakannya tidak terdeteksi sebab ada di antara para penyerang. Tapi perlu dilihat ke depannya nanti.”* TAUFANI RAHMANDA DARI BERBAGAI SUMBER

 

ANGKA

3

Sociedad jadi tim ketiga yang mendapatkan jasa Odegaard dari pinjaman Madrid setelah sebelumnya ada Heerenveen dan Vitesse.

D
Penulis
Dini Wulandari