news
UMUM
Ditarik Juara Liga Malaysia, Eks Pelatih Fisik Timnas U-19 Tidak Sulit Beradaptasi di Kota Sabah
14 December 2019 14:08 WIB
berita
JAKARTA - Kesuksesan salah satu tim biasanya tak luput dari permainan yang apik dari para pemain dan juga strategi yang jitu dari sang pelatih di pinggir lapangan. Namun terkadang ada yang dilupakan dalam kesuksesan tim di sebuah turnamen.

Ya, pelatih fisik yang menjaga para pemain agar tetap bugar sebelum pertandingan. Pelatih yang selalu menyemangati pemainnya untuk terus meningkatkan kondisi fisiknya untuk lebih baik lagi dari sebelumnya.




Baca Juga :
- Timnas U-19 Latihan Perdana, Begini Hasil Pantauan Pelatih Shin Tae Yong
- Liga 1 2020 Dua Wilayah? Ini Tanggapan Klub




Salah satu pelatih fisik terbaik asal Indonesia saat ini sedang menjadi topik perbincangan. Adalah Sofie Imam Faizal, yang menjadi salah satu suksesor kejayaan timnas Indonesia U-19 untuk lolos ke Piala Asia U-19 2020.

Kini pelatih kelahiran 15 Maret 1988 itu sedang merantau ke Negeri Jiran (Malaysia). Bukan untuk menjalani kursus yang sebelumnya ia lakukan September lalu untuk mendapatkan lisensi atau level 1 B sebagai pelatih fisik. Melainkan ia akan bertugas dalam menjaga kebugaran para pemain Sabah FA, tim jawara Liga Primer Malaysia 2019 yang promosi ke Liga Super Malaysia 2020.


Baca Juga :
- Liga TopSkor U-16: Grande Partita di Gunung Sindur
- Preview Liga TopSkor Transtama U-15: Papan Tengah Memanas


Sofie kini resmi menjadi pelatih fisik Sabah FA untuk durasi kontrak satu musim. ”Ini kesempatan luar biasa dalam hidup saya karena saya bisa berkarya di luar Indonesia. dan lisensi yang saya miliki sesuai dengan regulasi Liga Super Malaysia. Suatu tantangan yang menarik. Saya di sini juga berkeinginan untuk sambil melanjutkan kursus saya AFC Fitness Level 2A,” ujar pelatih fisik yang menjadi andalan Fakhri Husaini itu.

Sofie mengaku cukup antusias dalam menjalani tantangan baru menjadi pelatih fisik salah satu klub Malaysia ini. Menurutnya untuk beradaptasi di sana tidaklah sulit karena Kota Sabah juga tidak jauh beda dengan kota-kota di Indonesia. “Selain itu, para pemain dan orang-orang di sini sangat ramah kepada saya yang datang dari Indonesia,” kata Sofie.

Ada yang hal yang membuat menarik bagi Sofie di tim Sabah FA. Sabah FA mempunyai fasilitas yang sangat baik untuk para pemainnya. “Tempat latihan di tim ini sangat mendukung sekali untuk perkembangan pemain. Ada tiga lapangan latihan yang disediakan dan satu stadion utama. Setiap hari latihan kami selalu berganti lapangan selain untuk adanya suasana baru, juga untuk menjaga kualitas rumput di lapangan latihan,” kata Sofie.

Selain itu, kedisiplinan para pemain Sabah juga sangat diancungi jempol.  “Di sini tak ada mess. Semua pemain disediakan apartemen. Jadi apabila 30 menit sebelum start latihan mereka sudah datang sendiri-sendiri memakai kendaraannya,” kata Sofie.*NIZAR GALANG GANDHIMAR

 

 

 

loading...
R
Penulis
Rizki Haerullah
news
news