news
UMUM
Jika Serius, Luis Milla Minta PSSI Kirim Surat Resmi
14 December 2019 11:45 WIB
berita
JAKARTA - Sepulang dari SEA Games 2019 di Filipina, PSSI langsung menggelar rapat kecil bersama dengan Komite Eksekutif dan Direktur Teknik PSSI, Danurwindo di Hotel Sultan, Selasa (10/12) lalu. Pertemuan ini untuk melaporkan hasil pertemuan dengan dua calon pelatih timnas Indonesia: Shin Taeyong dan Luis Milla Aspas kepada Departemen Teknik yang dipimpin Danurwindo.

Dalam rapat ini Wakil Ketua Umum PSSI, Mayjen TNI (Purn) Cucu Soemantri mengatakan ada banyak masukan yang diberikan oleh Exco dan Dirtek PSSI. Khususnya, dalam membangun timnas muda hingga senior menjadi lebih baik.




Baca Juga :
- Timnas U-19 Latihan Perdana, Begini Hasil Pantauan Pelatih Shin Tae Yong
- Liga 1 2020 Dua Wilayah? Ini Tanggapan Klub




 “Banyak masukan yang dikeluarkan untuk masalah posisi baru. Salah satu dari dua kandidat pelatih asing ini jika jadi memimpin timnas. Kami cari format pelatih itu nanti apakah akan menjadi kepala pelatih manajer yang nantinya memberdayakan pelatih lokal di bawahnya, kemungkinan juga dia melatih dengan diasisteni oleh pelatih lokal, intinya kami juga ingin memberdayakan kualitas pelatih di sini juga,”  ujar Cucu.

Cucu juga merespons isu terkait Shin Tae Yong yang melakukan negosiasi dengan klub Cina Shenzen FC. “Saya rasa wajar-wajar saja karena memang dia belum mempunyai kontrak dengan tim manapun. Itu haknya dia, saya tidak ingin berkomentar banyak masalah itu,” ucap Cucu.


Baca Juga :
- Liga TopSkor U-16: Grande Partita di Gunung Sindur
- Preview Liga TopSkor Transtama U-15: Papan Tengah Memanas


Namun, Cucu mengakui sejauh ini komunikasi PSSI justru lebih intens dengan Shin, ketimbang Luis Milla. Ini yang membuat Ketua Umum (Ketum) PSSI Komjen Pol Mochammad Iriawan membuat pernyataan mengejutkan di Manila. Bahwa, Iwan Bule, sapaan Iriawan sempat memperkirakan kemungkinan besar Shin akan menjadi pelatih baru timnas Indonesia.

“Saya rasa karena itu sampai saat ini memang komunikasi kami tersendat dengan Milla. Sampai detik ini kami belum dapat balasan mengenai proposal harga yang pada pertemuan pertama, kami minta dari pihak Luis Milla. Saya sendiri belum ada laporan dari Sekjen bahwa proposal itu sudah diberikan kepada PSSI,” ujar Cucu.

Sebaliknya TopSkor berhasil menghubungi salah satu pihak dari Milla. Orang yang tidak ingin disebutkan namanya itu mengaku pihaknya mendapat laporan yang berbeda.

“Kalau memang mereka (PSSI) sungguh-sungguh buatlah surat resmi. PSSI buat surat resmi setelah itu dibalas dengan surat juga. Enggak lisan begitu. Atau langsung panggil dan negosiasi di tempat,” ujarnya.

Namun, terlepas dari kabar keduanya pelatih itu, kabar Ruud Gulit yang sebelumnya digencarkan juga akan menjadi salah satu kandidat pelatih untuk timnas dirasa Cucu kemungkinan besar tidak terealisasikan.

Cucu mengatakan pihak dari Ruud sampai detik ini juga belum mengabarkan tawaran dari PSSI. Namun, Cucu  berharap masalah pelatih timnas ini segera terselesaikan dalam waktu dekat, karena itu terkait dengan persiapan timnas senior dalam menjalankan laga sisa Kualifikasi Piala Dunia 2022.

“Ketum ingin di awal Januari sudah ada kepastian, bahkan sebelum Januari bisa saja sudah diumumkam oleh Ketum. Kalau memang hak dan kewajiban salah satu kandidat ini pas dengan PSSI, PSSI bisa wujudkan, juga sebaliknya hak dan kewajiban untuk PSSI diantara dua kandidat ini siapa yang bisa sekiranya komitmen untuk mewujudkan, ya akan kami pilih dan langsung kami informasikan ke publik,” Cucu menjelaskan.*NIZAR GALANG GANDHIMAR

 

loading...
R
Penulis
Rizki Haerullah
news
news