news
LIGA CHAMPIONS
Hanya Wakil Negara Elite di Kompetisi Antarklub Tertinggi Eropa
13 December 2019 13:10 WIB
berita
Dua pilar Atletico Madrid, Koke (kiri) dan Saul Niguez, terlihat puas usai memastikan Lokomotiv Moscow, 2-0, di Wanda Metropolitano pada laga terakhir Grup D Liga Champions, Rabu (11/12) malam.
NYON - Atalanta BC memastikan tiket ke 16 besar usai mempermalukan klub Ukraina, Shakhtar Donetsk, 3-0, pada matchday keenam Grup C di Metalist, Rabu (11/12). Sukses La Dea tidak terlepas dari bantuan Manchester City yang mengalahkan tuan rumah Dinamo Zagreb 4-1 di Stadion Maksimir. Hasil ini membuat Atalanta finis sebagai runner-up Grup C dengan tujuh poin, terpaut tujuh angka di bawah City yang lolos sebagai juara grup.

Di pihak lain, Atletico Madrid lolos ke fase knock-out untuk kali ketujuh beruntun usai menekuk tamunya, Lokomotiv Moscow, 2-0 di Wanda Metropolitano. Kemenangan ini menambah koleksi poin Los Rojiblancos menjadi 10 sehingga mereka finis sebagai runner-up Grup D di bawah Juventus FC yang mengantongi 16 poin.




Baca Juga :
- Digadang Jadi Pengganti Suarez di Barcelona, Pemain Ini Jawab Betah di Inter
- Tiga Penyerang Ini Pantas Dilirik Dortmund untuk Gantikan Sancho




Dengan lolosnya Atalanta ke 16 besar Liga Champions, Italia praktis akan diwakili tiga tim, sama dengan Jerman. Sedangkan Atletico menjadikan Spanyol, bersama Inggris, menjadi negara dengan klub terbanyak, empat. Adapun Prancis meloloskan dua wakilnya.

Inilah untuk kali pertama dalam sejarah Liga Champions, semua tim di babak knock-out hanya berasal dari lima liga top Eropa. Situasi seperti ini baru pertama kali terjadi dalam sejarah Liga Champions sejak format kompetisi dengan babak 16 besar diberlakukan pada 2003/04.


Baca Juga :
- Xavi Menolak Tawaran Barcelona, Begini Penjelasannya
- Jadwal Pertandingan El Clasico Kedua Sudah Ditentukan


Sebelumnya, selalu ada tim-tim dari liga-liga di luar lima besar Eropa yang ikut meramaikan fase knock-out. Musim lalu, AFC Ajax (Belanda) dan FC Porto (Portugal) yang lolos ke 16 besar. De Amsterdammers bahkan berhasil melaju hingga ke semifinal sementara Dragoes tembus ke perempat final. Porto juga lolos ke fase knock-out pada 2017/18 bersama Shakhtar (Ukraina), FC Basel (Swiss), dan Besiktas JK (Turki).

Undian 16 besar Liga Champions 2019/20 akan digelar di Nyon, Swiss, Senin (16/12). Kedelapan tim yang lolos sebagai juara grup akan dipertemukan dengan tim-tim yang finis sebagai runner-up dengan dua pengecualian yaitu tidak boleh berasal dari negara dan grup yang sama sebelumnya.

Di antara kedelapan juara grup, FC Bayern Muenchen jadi yang paling impresif. Mereka bukan saja satu-satunya tim yang mencatatkan rekor sempurna di fase grup, tapi juga yang tersubur. Die Bayern membukukan 24 gol dan ini rekor kedua terbanyak setelah Paris Saint Germain (PSG) yang mencetak 25 gol di fase grup 2017/18.

Muenchen juga hanya kebobolan lima gol sehingga mereka mencatatkan selisih gol +19. Lagi-lagi ini rekor kedua terbaik dalam sejarah setelah PSG yang menorehkan selisih gol +21 pada 2017/18. Robert Lewandowski mencetak hampir separuh dari total gol Die Bayern, tepatnya 10 gol. Koleksi ini menempatkan striker asal Polandia itu di puncak daftar top scorer sementara.

Muenchen membuktikan keperkasaan mereka dengan menghajar Tottenham Hotspur 3-1 di Allianz Arena pada laga terakhir Grup B yang tidak lagi menentukan. Dengan performa seperti itu, Die Bayern menjadi salah satu lawan yang ingin dihindari sebagian besar kontestan di babak 16 besar.

Tapi, pelatih Tottenham, Jose Mourinho, justru berharap timnya bisa kembali bertemu Muenchen di babak-babak selanjutnya untuk membuat perhitungan. “Harapan saya adalah kami bisa kembali dan itu hanya bisa terjadi di perempat final atau semifinal karena kami tidak bisa bertemu mereka di 16 besar,” kata Mourinho. “Jadi, saya ingin kami kembali bertemu Muenchen dalam sebuah pertandingan yang lebih penting.”

Aksi impresif di fase grup juga membuat Muenchen jadi salah satu favorit juara Liga Champions musim ini. Prediksi ini berdasarkan analisis data yang dibuat oleh situs FiveThirtyEight. Mereka menganalisis sejumlah statistik untuk mengetahui peluang setiap tim lolos ke perempar final, semifinal, final, dan jadi juara.

Manchester City menempati peringkat pertama dengan probabilitas juara 24 persen diikuti Muenchen dengan 19 persen. Juara bertahan Liverpool FC hanya menempati peringkat ketiga dengan 15 persen. PSG dan FC Barcelona memiliki peluang yang sama (9 persen). 

Prediksi ini sama dengan yang diyakini pelatih Juventus FC Maurizio Sarri. “Secara spontan saya berpikir City adalah favorit saya,” katanya. “Kesan yang saya dapatkan dari tim itu musim ini adalah mereka lebih fokus di Liga Champions daripada di Liga Primer.”***RIJAL ALFURQON DARI BERBAGAI SUMBER

 

loading...
T
Penulis
Tri Cahyo Nugroho
news
news