news
LIGA SPANYOL
Komet Ansu Fati
13 December 2019 13:28 WIB
berita
Penampilan winger  Barcelona, Ansu Fati saat kontra Inter berhasil mencuri perhatian dunia, bahkan media massa Italia sudah menyematkan julukan “the New Messi” kepada remaja 17 tahun tersebut. –Topskor/ist
BARCELONA – Akhir November lalu, media massa Italia berbasis di Turin, Tuttosport mempublikasikan pemenang Golden Boy 2019 yang jatuh ke tangan Joao Felix, winger Atletico Madrid. Sementara Ansu Fati berada di posisi keenam. Penyerang FC Barcelona itu berada di bawah pemain muda bertalenta lainnya, yakni Phil Foden (Manchester City), Gianluigi Donnarumma (AC Milan), Nicolo Zaniolo (AS Roma), dan duo Real Madrid, Rodrygo Goes serta Vinicius Junior.

Keberadaan Ansu dalam dalam 10 besar penghargaan bergengsi itu sendiri cukup mengejutkan. Itu karena namanya bahkan tak muncul dalam seleksi 40 kandidat yang diumumkan pada akhir September. Itulaha gambaran betapa cepatnya karier pemain Spanyol kelahiran Bissau itu melesat.  Bak komet, Ansu melejit dan mencuri perhatian banyak orang.




Baca Juga :
- Rivaldo Menilai Mendatangkan Neymar ke Barcelona Akan Menjadi Langkah Hebat
- Wow! Dua Pemain Spurs Ini Rupanya Sedang Dipantau Abidal


Penghargaan itu sendiri akan diserahkan secara resmi kepada Felix pada Senin (16/12). Ada anggapan jika saja Tuttosport mau menunda sebulan lagi sebelum mengumumkan pemenangnya, posisi Ansu diyakini bisa lebih tinggi. Terutama jika melihat penampilannya saat mengantar Barcelona menang 2-1 atas FC Internazionale di Liga Champions, tengah pekan lalu.

Setelah menyumbang satu gol penentu kemenangan di Stadion Giuseppe Meazza, tidak ada satu pun media Italia yang tidak memuji pemain yang baru berumur 17 tahun 40 hari itu. Bukan hanya media massa, senior hingga rekan setimnya pun membanjirinya dengan pujian. Di usia yang begitu belia, Ansu berhasil menorehkan namanya dalam sejarah kompetisi elite seperti Liga Champions: menjadi pencetak gol termuda.


Baca Juga :
- Meski Sulit, Arturo Vidal Minta Barcelona Tetap Berjuang Raih Trofi LaLiga
- Lionel Messi Berpeluang Mematahkan Rekor Assist Xavi Hernandez


Tuttosport bahkan melabeli pemain yang berposisi sebagai winger kiri sebagai “the New Messi” pada halaman depan edisi Rabu (11/12). Di sampulnya, Ansu sedang berselebrasi merayakan gol bersama Jean-Claire Todibo. Bagi banyak pemain yang sebelumnya dijuluki seperti itu merupakan beban berat, karena sangat mustahil bisa memenuhi ekspektasi tersebut.

Namun, Ansu mungkin berbeda. Sama seperti Messi, dia juga jebolan asli La Masia. Potensinya begitu luar biasa sehingga baru beberapa hari lalu, Barcelona memperbarui kontraknya dengan potensi klausul pelepasan sebesar 400 juta euro! Ini menandakan klub takut asetnya itu diambil pihak lain. Artinya, label the New Messi mungkin tidak akan menjadi tekanan yang bisa menghentikan lesatan performa Ansu.

 “Sepertinya, semuanya memang terjadi begitu cepat,” ujar Ansu setelah mencatatkan sejarah di Guiseppe Meazza. Ya, mungkin dia benar.  Bukan hanya karena banyaknya rekor yang ia cetak musim ini, melainkan masa singkat untuk mencapai semua itu.

Ansu adalah pencetak gol termuda Barca di LaLiga, pemain termuda yang debut di Camp Nou, pencetak gol dan assist termuda dalam satu laga di LaLiga, pemain termuda yang mencetak gol di Camp Nou, dan pencetak gol termuda di Liga Champions. Fakta lain juga menunjukan gol yang ia sarangkan di Milan merupakan yang tercepat. Dia belum 100 detik di lapangan ketika menjebol gawang Samir Handanovic.

Hidup memang berjalan cepat bagi Ansu. Marc Serra, pelatih pertamanya di Barcelona, juga merasa demikian. Ia mengaku seperti baru kemarin Ansu melakoni laga pertamanya di turnamen Katalunya. Saat itu, dia berua berusia 10 tahun.  “Sejak berada di Alevin A, dia sudah berbeda, memiliki kapabilitas yang tak biasa dibanding bocah seusianya,” ujar Serra.

Tujuh tahun kemudian, Ansu terus memperlihatkan kemajuan dan cenderung pesat. Dia mungkin bukan the New Messi seperti yang sudah sebut-sebut belakangan ini, mengingat tak ada seorang pun yang bisa mengulangi kejayaan sang mega bintang. Namun, bahwa Ansu pemain muda potensial tak ada yang bisa membantahnya.*** GOGOR HAKIM DARI BERBAGAI SUMBER
 

 


 

 

D
Penulis
Dini Wulandari