news
OTO SPORT
Lihat Rossi Kendarai W08, Hamilton Ingat Momen Debut di F1
13 December 2019 10:00 WIB
berita
Lewis Hamilton (kiri) beraksi di atas YZR-M1, sementara Valentino Rossi mengendarai W08 (Istimewa).
VALENCIA - Pertukaran kendaraan balap antara Valentino Rossi dan Lewis Hamilton di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, beberapa waktu lalu, akhirnya dipublikasikan. Berdasarkan foto-foto yang beredar, senyum lebar menghiasi wajah keduanya. Rossi dan Hamilton juga saling puji performa masing-masing.

Status keduanya sebagai ikon dalam ajang balap motor dan mobil formula, membuat momen pertukaran ini begitu dinanti. Bukan hanya oleh fan, melainkan pencinta olahraga tersebut. Maklum, bukan hal umum melihat Rossi mengendarai mobil balap super kencang, pun demikian dengan Hamilton.




Baca Juga :
- Mantan Bos F1 Sarankan Hamilton Gabung Red Bull Racing
- FIA Tidak Akan Menyelidiki Hamilton secara Formal, Mercedes Dukung Penuh


Proses pertukaran ini diawali dengan masuknya Rossi ke lintasan sambil mengendarai Mercedes W08 atau yang dipakai Hamilton saat berlaga dalam Formula 1 (F1) 2017. Sejatinya, ini bukan kali pertama untuk pria asal Italia itu. Tepatnya, 2010, Rossi pernah melakukan hal serupa bersama Ferrari.

Namun, ia merasakan perbedaan besar karena teknologi semakin berkembang. “Bisa mencoba W08 tak akan saya lupakan. Kinerja mobil dan sistem kendali, serta orang-orang di tim, membuat saya terkesan. Mereka bekerja luar biasa untuk mewujudkan pertukaran ini,” kata pembalap berjulukan The Doctor itu.


Baca Juga :
- Lewis Hamilton Akan Diperiksa FIA karena Pakai Kaos Berbau Politis
- Lewis Hamilton: Ini Seperti Tiga Kali Race dalam Sehari


Untuk diketahui, Rossi menggunakan mobil yang sukses membawa Hamlilton juara dunia F1 2017. Kala itu, mantan kekasih Nicole Scherzinger ini 13 kali menjejak podium, di mana sembilan di antaranya merupakan kemenangan. Rossi pun mengaku bisa merasakan atmosfer yang menaungi Hamilton, saat itu.

Mercedes diakui Rossi membuatnya cepat beradaptasi dengan W08. “Kesan pertama, Anda akan merasakan sensasi kecepatan yang luar biasa. Sesekali saya mendapat perasaan bagus untuk menekan sekeras-kerasnya. Ini pengalaman luar biasa. Saya seperti pembalap F1 dan tak ingin cepat berakhir,” ujarnya.

Setelah itu, giliran Hamilton yang masuk ke trek dengan YZR-M1 2019. Pada sesi awal, pembalap 34 tahun itu sedikit canggung karena ini kali pertamanya mengendarai motor MotoGP. Pada beberapa sektor, Hamilton juga mengalami sedikit masalah tapi tak sampai terjadi insiden sebagaimana digosipkan.

Seiring waktu, Hamilton makin terbiasa dengan karakter YZR-M1 yang disebutnya bersahabat untuk debutan. Setelah beristirahat dan melihat data-data yang dihasilkan dengan YZR-M1, Hamilton kembali ke trek. Namun, kali ini, ditemani Rossi yang bertindak seperti pemandu agar bisa lebih seimbang.

“Sungguh keren bisa melihatnya di depan mata dengan menggunakan motor yang sama. Saya tak terlalu cepat tapi juga tak terlalu buruk. Hanya perlu berlatih agar bisa seperti Valentino. Jika punya waktu lebih, saya akan mengendarai motor ini sendiri. Berlatih di mana pun saya bisa,” Hamilton, optimistis.

Momen puncak pertukaran ini adalah saat Rossi dan Hamilton masuk ke lintasan bersamaan. Hamilton menunggangi YZR-M1 dan Rossi mengendarai W08. “Secara teknis, treknya sulit karena angin cukup kencang dan saya merasa Lewis sedikit kesulitan. Tapi, posisinya di atas M1 sangat bagus,” kata Rossi.*MUHAMAD FADLI RAMADAN DARI BERBAGAI SUMBER

L
Penulis
Lily Indriyani Sukmawati