news
LIGA 1
Leg Kedua Semifinal Liga 1 Putri Persipura vs Tira Persikabo Masih Menemui Jalan Buntu
12 December 2019 13:32 WIB
berita
Selebrasi Persipura Tolikara Putri/Foto: Media Persipura
JAKARTA – Janji tiinggal janji. Keputusan soal nasib laga leg kedua semifinal Liga 1 Putri antara Persipura Jayapura Tolikara versus Tira Persikabo Kartini ternyata masih menemui jalan buntu. Hingga Rabu (11/12) PSSI belum juga memberikan keputusan soal tim yang berhak lolos ke final menghadapi Persib Bandung.

Sejatinya, manajer Tira Persikabo Kartini, Esti Puji Lestari dan pelatih Dzulfikri Bashari sudah bertemu pengurus PSSI pada 9 Desember lalu untuk membahas masalah tersebut. PSSI pun menjanjikan dua hari ke depan tepatnya Rabu kemarin akan ada keputusan pasti.




Baca Juga :
- Ribuan Bobotoh Sambut Putri Biru bak Pahlawan
- Menjamu Persib Putri, Tira Persikabo Kartini Perkuat Pertahanan


Namun sayang, hingga berita ini diterbitkan tidak ada hasil yang dikeluarkan PSSI mengenai pemenang laga semifinal tersebut. “Yang jelas Tira Persikabo Kartini sudah menjalani kompetisi sesuai regulasi dan kesepakatan tim juga ketika MCM sehari sebelum pertandingan,” ujar Esti.

“Saya harap PSSI bisa adil dan memberikan keputusan dalam waktu dekat. Tentu ini untuk kebaikan kompetisi dan kedua tim juga,” Esti menambahkan.  Sebelumnya semifinal leg pertama di Stadion Pakansari Bogor dimenangkan Persipura dengan skor 5-4.


Baca Juga :
- Persib Putri Satu-satunya Harapan Bobotoh dan PT PBB untuk Meraih Juara
- Hasil Semifinal Liga 1 Putri Belum Jelas, Tira Persikabo Kartini Hentikan Program Latihan


Namun Tira Persikabo bangkit pada leg kedua di Stadion Cendrawasih, Biak, Sabtu (7/12) lalu dengan kemenangan 2-1. Artinya kedua tim mempunyai poin sama dan dilanjutkan adu penalti. Polemik pun terjadi ketika adu penalti akan dilangsungkan. Persipura memilih keluar karena merasa sudah menang dalam gol tandang. 

Sedangkan sesuai regulasi, berdasarkan surat PSSI nomor 5308/AGB/1641/XII-2019, tertulis semifinal Liga 1 Putri 2019 digelar tanpa memperhitungkan gol tandang. Dalam poin selanjutnya, dijelaskan pula bahwa jika hasil imbang akan dilanjutkan adu penalti tanpa adanya perpanjangan waktu.

“Seharusnya memang (Rabu) ini keputusan sudah ditentukan. Sesuai janji PSSI ketika bertemu kami Senin lalu. Tapi hari ini (kemarin) saya juga sudah kirim surat kembali ke PSSI soal kejelasan hasil semifinal ini. Semoga PSSI bisa cepat memberi keputusan sebelum opini publik terus berkembang mengenai masalah ini,” ujar Esti.

Dzul juga mengatakan kekecewaannya mengenai sikap PSSI yang terbilang lambat dalam memberi keputusan. Selain itu, pelatih Tira Persikabo putri tersebut juga menyayangkan federasi terkait kebijakan regulasi tambahan yang diberikan tiga hari sebelum pertandingan leg kedua dijalankan.

“Regulasi baru mengenai agregat itu baru diberikan tiga hari sebelum laga. Ini aneh. Jika memang ingin memberikan regulasi tambahan mungkin lebih tepatnya sebelum semifinal dimulai. Intinya sampai saat ini kami masih menunggu keputusan PSSI. Semoga tidak ada pihak yang merasa dirugikan oleh keputusan federasi nanti,” ujar Dzul.

Di sisi lain, manajemen Persipura berniat melaporkan PSSI ke Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS). “Ini terkait keputusan PSSI yang  kami anggap melanggar regulasi dan statuta FIFA,” ujar sekretaris tim Persipura, Rocky Bebena.

”Kami sudah surati PSSI terkait masalah ini. Dan, dari semua item yang kami tulis, meminta PSSI tidak melanggar regulasi dan statuta FIFA.  PSSI harus segera memutuskan Persipura Putri yang lolos ke final. Sesuai regulasi dan statuta FIFA, kami unggul agregat gol tandang lawan Tira Persikabo Kartini  5-4 di Bogor dan hanya kalah 1-2 di Biak,” kata Rocky.

Untuk memberikan kejelasan dalam masalah yang terjadi, TopSkor mencoba menghubungi Ronny Suhatril selaku Direktur Kompetisi. Kebetulan Roni pula yang menemui perwakilan Tira Persikabo pada 9 Desember lalu. Namun sayang hingga berita ini dibuat yang bersangkutan belum memberikan respons.* Nizar Galang Gandhimar

news
Penulis
Kunta Bayu Waskita
Nyaman di Harian TopSkor, Mantap di TopSkor.id