news
TINJU
Berkah Juara Dunia, Sponsor Mengalir, Anthony Joshua Kantongi Rp 156 Miliar
11 December 2019 07:27 WIB
berita
Anthony Joshua merebut kembali gelar juara dunia kelas berat IBF, WBA, WBO
LONDON - Anthony Joshua memperkuat statusnya sebagai raja merek setelah mengklaim kembali sabuk kelas beratnya. Dia mengeruk 8,3 juta poundsterling atau sekitar Rp 156 miliar setahun.

Anthony Joshua merebut kembali gelar juara dunia kelas berat IBF, WBA, WBO usai mengalahkan Andy Ruiz Jr. Tiga juri memutuskan Joshua menang angka mutlak.




Baca Juga :
- Liga 1 2020 Dua Wilayah? Ini Tanggapan Klub
- Liga TopSkor U-16: Grande Partita di Gunung Sindur




Kesuksesan itu membawa berkah. Petinju Inggris itu akan menjadi musik bagi para sponsornya - yang membayar AJ sebesar 8,3 juta poundsterling per tahun atau sekitar Rp 156 miliar untuk mendukung produk mereka.

Joshua, 30 tahun, berpotensi menghadapi kehilangan jutaan dalam kesepakatan sponsor jika ia kalah dari petinju Meksiko untuk kedua kalinya.


Baca Juga :
- Maaf Malaysia, Tiga Wakilnya Dilipat Dua Set Langsung di 16 Besar oleh Pemain Indonesia
- Sentuhan Dramatis dan Kreatif dalam Perkenalan Pemain Baru Liga 1 2020


Merek-merek eksklusif seperti Hugo Boss, Jaguar, Land Rover, Audemars Piguet dan Beats By Dre menempatkan Joshua sebagai pusat dan kampanye iklan mahal mereka karena kecakapan olahraga dan ketampanannya.

Dan setelah kemenangan heroiknya, AJ telah menyalakan kembali kepercayaan bahwa dia adalah salah satu bintang olahraga paling laku di planet ini.

PR Guru Mark Borkowski percaya peraih medali emas Olimpiade 2012 telah menggembleng kesepakatan sponsornya setelah mengalami lintasan menurun menyusul kekalahannya yang mengejutkan.

"Itu tidak membuatnya lebih berharga (mengalahkan Ruiz Jr), saya pikir itu hanya memperkuat kesepakatan itu," ungkap Borkowski.

"Dengan olahraga apa pun, terutama olahraga individual seperti tinju, Anda hanya sebagus pertarungan terakhir Anda."

"Kami telah melihat orang-orang jatuh dengan sangat cepat. Ini tentang menghasilkan uang sebanyak yang Anda bisa. Dan Anda harus fokus dalam pertarungan sebanyak Anda menciptakan merek," ungkapnya.

"Anda harus menginvestasikan uang Anda dengan baik. Anda harus memiliki rencana tiga atau empat tahun.

"Saat ini, dia harus menebus kehilangan karena saya pikir penghasilannya bisa turun, karena memenangkan satu pertarungan tidak memperbaiki merek."

Borkowski percaya Joshua akan berjuang seperti David Beckham, yang telah membangun kekayaan bersih sekitar 300 juta poundsterling. Tapi ke depan dia bisa menggunakan latar belakangnya untuk lebih mempengaruhi generasi yang bercita-cita untuk menjadi seperti dirinya.

"Perilaku dan sikapnya dan apa yang ia perjuangkan di luar ring sangat penting," ujarnya.

“Ada peluang besar bagi Anthony Joshua untuk maju di Inggris pasca-Brexit, secara budaya dan sosial."
 

loading...
news
Penulis
Suryansyah
news
news