news
LIGA INGGRIS
Benitez Beberkan Cara Mengalahkan Liverpool
11 December 2019 16:06 WIB
berita
Pelatih Rafael Benitez yang kini melatih klub Cina, Dalian Yifang, percaya musim ini Liverpool akan mampu meraih trofi Liga Primer./AFP
LIVERPOOL – Rafael Benitez melontarkan sebuah tip bagi Liverpool FC guna mengakhiri penantian panjang mereka untuk merengkuh gelar Liga Primer musim ini. Yang menarik mantan pelatih The Reds asal Spanyol itu juga mengungkapkan cara untuk menghentikan langkah pasukan Juergen Klopp.

Benitez mengangkat trofi Liga Champions sebagai pelatih Liverpool pada 2005 silam namun tidak mampu memberikan gelar liga. Wajar dia mengharapkan Klopp dapat mempersembahkankan hal yang gagal diberikannya dengan bermodalkan performa brilian Mohamed Salah dan kawan-kawan sepanjang musim ini.




Baca Juga :
- Roma Minta Liverpool Pinjamkan Shaqiri
- Jadwal Siaran Langsung Liga Inggris, Duel Menarik Liverpool vs Manchester United




“Saya kira begitu,” kata Benitez ketika ditanya apakah Liverpool akan menjuarai Liga Primer 2019/20. “Mereka luar biasa konsisten. Sangat sulit bagi mereka saat kehilangan gelar musim lalu. Apalagi jika itu terjadi berturut-turut, tentunya!”

Ia melanjutkan, “Saya pikir mereka telah merekrut pemain yang tepat selama beberapa tahun terakhir. Menghabiskan uang, itu jelas, tetapi tim sekarang memiliki banyak pemain yang sangat bagus di posisi-posisi yang tepat. Itu hal-hal yang dicari pelatih. Dan lagi mereka memiliki keseimbangan yang tepat.”


Baca Juga :
- Rashford Pakai Mesin Portabel Agar Bisa Fit Lawan Liverpool
- Cuma Sisa 2 Bek Tengah, Klopp Berharap Trio Ini Kembali Saat Lawan Manchester United


Benitez pun memaparkan keunggulan Liverpool musim ini. “Mereka memiliki kiper dan bek-bek hebat. Ada bek sayap yang rajin menyerang, striker yang memiliki kecepatan, skill tinggi, dan tajam. Para gelandang mereka tak kenal lelah. Makanya sangat sulit untuk menekan mereka,” ujar Benitez menjelaskan.

Ia mengaku pernah mencoba menantang Liverpool bersama Newcastle United FC. “Namun kami tidak bisa mendapatkan ruang di belakang mereka karena Liverpool bermain lebih cepat dari para pemain kami. Itu saja!” ungkap Benitez.

The Reds telah memenangi 24 dari 25 laga Liga Primer terakhir, dan penghitungan 73 poin dalam sembilan bulan berjalan, tercatat 12 poin lebih banyak dibandingkan klub lain di liga utama Eropa pada periode yang sama. Dan, Benitez tidak takut membagikan beberapa ide tentang bagaimana menyusahkan pasukan Merseyside.

Benitez rupanya teringat sukses yang diraihnya saat menghadapi Borussia Dortmund arahan Klopp di Liga Champions. “Ketika saya berada di SSC Napoli, kami mengalahkan Dortmund di kandang karena kami menggerakkan bola dengan sangat cepat dan kami berlari di belakang mereka ketika bek sayap mereka terlalu jauh ke depan.

Jadi bisakah taktik yang sama digunakan melawan Liverpool? “Ruang kosong itu ada di belakang sehingga di situlah Anda perlu memanfaatkannya,” ujar Benitez. “Mereka menekan dengan intens, Anda harus menjauh dari tekanan, berlari, dan meletakkan bola di belakang bek mereka. Jika bisa melakukan itu, Anda akan punya peluang.”

“Di Newcastle, kami berusaha berlari di belakang mereka tetapi mereka sangat cepat sehingga kami tidak bisa melewati mereka. Jika Anda memiliki pemain yang tepat dengan gerakan yang tepat dan kecepatan yang tepat, Anda dapat memanfaatkan ruang-ruang di belakang. Walau sulit, setidaknya ada peluang untuk mencetak gol.”*NURUL IKA HIDAYATI

 

loading...
I
Penulis
I Gede Ardy E
news
news