news
LIGA INGGRIS
Salah Simpan Ambisi Kejar Pencapaian Legenda Man. City
11 December 2019 13:39 WIB
berita
Penyerang Liverpool, Mohamed Salah butuh trofi Liga Primer untuk dapat menyamai pencapaian mantan gelandang Man. City, Yaya Toure./AFP
LIVERPOOL – Gol eksplosif Mohamed Salah saat menjebol gwang AFC Bournemouth di Stadion Vitality pada 7 Desember mengukir rekor. Itu menjadi torehan ke-61 sang pemain di Liga Primer untuk Liverpool FC dalam 87 pertandingan. Yang menarik, penyerang asal Mesir ini melakukannya hanya dalam waktu dua setengah musim. Tepatnya, sejak direkrut dari AS Roma pada musim panas 2017.

The Reds merupakan klub Inggris kedua yang diperkuatnya. Sebelumnya, Salah sempat membela Chelsea FC pada periode 2013-2014. Sayangnya, pemain 27 tahun ini gagal membuktikan kualitasnya. Salah hanya mampu mencetak dua gol dari 13 pertandingan bersama The Blues di Liga Primer. Alhasil, klub London Barat itu pun meminjamkannya ke ACF Fiorentina dan Roma sebelum melepas Salah secara permanen.




Baca Juga :
- Roma Minta Liverpool Pinjamkan Shaqiri
- Jadwal Siaran Langsung Liga Inggris, Duel Menarik Liverpool vs Manchester United




Total, ia sukses mengemas 63 gol dalam 100 laga di Liga Primer. Pencapaian tersebut membuat Salah mampu menyamai catatan dua legenda, Andy Cole dan Fernando Torres. Namun, sang penyerang sedikit lebih mengesankan dibanding kedua pemain tersebut. Pasalnya, posisi dia bukanlah striker murni, melainkan penyerang sayap.

Apa yang dilakukan Salah sejauh ini mengingatkan kepada Yaya Toure yang meraih kesuksesan bersama Manchester City FC pada 2010 hingga 2018. Gelandang berpaspor Pantai Gading ini dikenal sebagai salah satu pemain terbaik yang pernah merumpur di Liga Primer. Ini berkat catatan impresifnya, membuat 59 gol dari 230 pertandingan bersama The Citizens.


Baca Juga :
- Rashford Pakai Mesin Portabel Agar Bisa Fit Lawan Liverpool
- Cuma Sisa 2 Bek Tengah, Klopp Berharap Trio Ini Kembali Saat Lawan Manchester United


Kendati, Toure dan Salah tidak bisa dikomparasi karena posisi mereka yang berbeda. Namun, pada Liga Primer 2013/14, Toure sukses mengukir prestasi individu. Itu berkat 20 gol dan delapan assist yang dibukukan. Cukup tajam bagi pemain yang posisi aslinya merupakan gelandang tengah.

Terlebih, Toure juga berkontribusi atas tiga trofi Liga Primer yang diraih Man. City pada 2011/12, 2013/14, dan 2017/18. Sebelumnya, saat berseragam FC Barcelona pada 2007-2010, dia juga jadi bagian kesuksesan dengan juara Liga Champions 2008/09.

Nah, gelar Liga Primer ini yang masih diburu Salah untuk bisa menyamai pencapaian Yaya. Sebab, bersama Chelsea pada 2013/14, Salah harus puas finis posisi tiga. Sementara, debutnya dengan Liverpool justru berada di peringkat empat Liga Primer 2017/18. Setahun berselang, The Reds nyaris juara yang sayangnya tertinggal satu angka dari Man. City.

Musim ini, peluang Liverpool sebagai kampiun, terbuka lebar. Itu karena hingga pekan ke-16, skuat asuhan Juergen Klopp masih nyaman di puncak Liga Primer berkat 46 poin. Alias, unggul delapan angka dari Leicester City FC di urutan kedua dan 14 angka dari Man. City di posisi tiga, 32 poin.

Selisih poin yang sangat jomplang itu membuat Liverpool dijagokan bisa meraih gelar. Sekaligus, mengakhiri paceklik juara di Liga Primer dalam 30 tahun setelah memenangkannya pada 1989/90. Di sisi lain, bagi Salah, gelar itu akan melengkapi koleksi medalinya. Juga untuk membuktikan secara prestasi, siap menyamai Toure.*CHOIRUL HUDA

Dalam Angka

32 – Mohamed Salah mengukir rekor gol terbanyak di Liga Primer pada 2017/18 yang juga merupakan musim debutnya bersama Liverpool, yakni 32 gol dalam 38 pertandingan.

 

loading...
I
Penulis
I Gede Ardy E
news
news