news
LIGA SPANYOL
Duel lawan Lokomotiv, Momentum Felix
11 December 2019 13:25 WIB
berita
Atletico membutuhkan penampilan optimal Joao Felix untuk bisa lolos ke 16 Liga Champions, saat melawan Lokomotiv, Rabu (11/12). – Topskor/ist
MADRID – Pertandingan hidup mati harus dijalani Atletico Madrid di matchday terakhir fase grup Liga Champions 2019/20 dengan menjamu Lokomotiv Moskow, Rabu (11/12) atau Kamis dini hari WIB. Kemenangan wajib hukumnya agar tidak bergantung hasil laga lainnya. Sebab Bayer Leverkusen yang akan menyambut Juventus FC juga masih punya kans lolos fase gugur.

Mengingat betapa krusial pertandingan di Stadion Wanda Metropolitano nanti,  ini bisa menjadi momentum bagi Joao Felix. Ini waktu yang tepat untuk dapat mengambil kepercayaan penuh dari klub ataupun penggemar. Membuktikan ia layak dihargai mahal dan bisa menjadi bintang utama tim, penerus Antoine Griezmann yang hengkang ke FC Barcelona.




Baca Juga :
- Messi Main Bagus Barcelona Tetap Kalah, Begini Penyebabnya
- Disingkirkan Atletico Madrid, Petinggi Barcelona Tepis Valverde di Ambang Pemecatan




Membandingkan Griezmann yang sudah merasakan juara dunia atau tiga besar Ballon d’Or (2016 dan 2018), dengan Felix yang direkrut di usia 19 tahun memang terbilang gila. Tapi itu tak terelakkan mengingat biaya transfer yang memecahkan rekor klub; 126 juta euro (sekitar Rp2 triliun). Dan kini, tiba momen baginya mengambil peran besar seraya pendahulunya.

Sejatinya di awal kedatangannya eks penyerang SL Benfica mampu mencuri hati lewat tampil trengginas pada pramusim. Di tambah lagi koneksinya dengan Diego Costa begitu luar biasa. Namun saat kompetisi resmi bergulir perannya meredup dan semakin tenggelam karena cedera menghantam. Akan tetapi Griezmann pun butuh waktu di masa lalu.


Baca Juga :
- Mantan Striker Atletico Madrid Ini Ingin Membela Timnas Malaysia
- Atletico dan Striker PSG Sudah Menyetujui Kesepakatan


Penyerang yang direkrut 30 juta dari Real Sociedad itu butuh 16 laga di La Liga, lima Liga Champions, satu Piala Raja, dan dua Piala Super Spanyol untuk benar-benar bisa mengambil kepercayaan penuh klub ataupun penggemar. Ia diyakini bisa menjadi bintang dan harapan baru usai ditinggal Costa-David Villa usai mencetak hattrick  lawan Athletic Bilbao, 21 Desember 2014.

Felix sendiri telah terlibat pada 15 dari 20 laga Atletico;  1.041 dari 1.800 menit. Dari situ tiga gol dan satu assist diciptakanya. Rapornya pun terbilang bersaing dengan Griezmann, jika dibandingkan di periode yang sama pada 2014/15 lalu (musim pertamanya). Ia kalah produktif tapi unggul dalam hal akselarasi.

Sepanjang musim, penyerang yang sekarang sudah berseragam FC Barcelona itu mengoleksi 25 gol (enam assist) dari 53 laga di lintas kompetisi (3.420 menit). Namun jika dilihat khusus perihal kontribusi di Liga Champions, Griezmann tak banyak ambil bagian di musim debutnya termasuk tak main di laga pamungkas fase grup. Itu kontras dengan Felix.

Penyerang yang baru genap 20 tahun pada 10 November ini terus diandalkan terlepas dari cederanya, dan langsung tampil 36 menit pasca pulih (matchday kelima). Peran second striker, winger, hingga gelandang serang dijalani dan mencetak satu gol. Kini di bulan yang sama saat Griezmann mampu “meledak” bersama Atletico, Felix diharapkan bisa melakukan hal yang sama.

Apalagi dilihat dari penampilan terakhirnya ketika menghadapi Villarreal CF, winger Portugal itu sudah memperihatkan peningkatan. Dia berhasil melepaskan sembilan tembakan ke gawang lawan, terbanyak sejauh musim ini. Performa tersebut diharapkan kembali diulangnya dan menunjukkan tajinya membantu Atletico yang tak bisa mencetak gol di tiga laga terakhirnya.*** TAUFANI RAHMANDA DARI BERBAGAI SUMBER

 

 

loading...
D
Penulis
Dini Wulandari
news
news