news
LIGA INTERNASIONAL
Kalau Lolos Timnas Rusia Boleh Tetap Main di Piala Dunia 2022, Tapi Syaratnya
10 December 2019 06:15 WIB
berita
LAUSANNE - Rusia telah dibekukan dari seluruh kegiatan olahraga tingkat dunia oleh Badan Anti-Doping Dunia (Wada) selama empat tahun ke depan. Sebabnya karena Rusia terus mengelak dari kasus pemalsuan data atlet untuk tes doping dalam beberapa tahun terakhir.

Piala Dunia 2022 Qatar termasuk major event di mana Rusia tidak boleh eksis. Namun ini tidak terbatas untuk tim itu sendiri. Negara adidaya itu hanya tidak diperbolehkan memakai nama Rusia, bendera Rusia, dan lagu kebangsaan Rusia.




Baca Juga :
- Timnas U-19 Kebobolan di Menit Akhir, Ini yang Menjadi Evaluasi Shin Tae-yong
- Adegan Mengerikan, Skater Junior Terkenal Ini Jatuh, Langsung Gegar Otak Parah 


Jadi Timnas Rusia apabila lolos ke Piala Dunia 2022 Qatar, masih boleh tetap bertanding. Tapi dilarang memakai badge Rusia. Dalam bentuk apapun. Hanya memakai bendera netral.

Namun saat kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa, Rusia boleh normal. Bisa pakai bendera Rusia, lagu kebangsaan, sampai nama Rusia. Sebab, ajang itu berlangsung di tingkat konfederasi, belum dunia.


Baca Juga :
- Khabib Nurmagomedov Ungkap Rahasia di Balik Rekor Cemerlangnya
- Timnas U-19 Indonesia Tunjukkan Perkembangan Positif di Kroasia


Sementara Pemerintah Rusia mendorong badan olahraga di negaranya segera mengajukan banding. Sebab, ada masa banding sampai 21 hari ke depan, terhitung sejak Senin 9 Desember 2019. 

Banding bisa diajukan ke Pengadilan Arbitrase Olahraga Dunia (CAS). Perdana Menteri atau PM Rusia Dmitry Medvedev mengatakan keputusan Wada ini begitu menyakitkan.

"Ini adalah kelanjutan dari histeria anti-Rusia yang sudah menjadi kronis," ucap PM Dmitry Medvedev.*Ari DP

news
Penulis
Ari DP
Penggemar semua cabang olahraga. Asli Yogyakarta, KTP Sleman, tinggal di Jakarta.