news
LIGA INGGRIS
Lampard Identifikasi Masalah Utama Chelsea Usai Dipermalukan Everton 
09 December 2019 15:10 WIB
berita
Striker Everton, Dominic Calvert-Lewin sukses mengeksploitasi pertahanan rapuh dalam laga di Goodison Park, akhir pekan lalu./AFP
LIVERPOOL - Caretaker (pelatih interim) Everton FC, Duncan Ferguson membuat efek instan dalam laga debutnya dengan meraih kemenangan penting 3-1 atas Chelsea FC di Stadion Goodison Park, Sabtu (7/12). Sukses pertama mengalahkan The Blues dua kali beruntun di Liga Primer sejak November 1994 ini pun mengangkat mereka keluar dari zona degradasi.

Ferguson ditunjuk menangani Everton untuk sementara setelah Marco Silva dipecat menyusul kekalahan 2-5 dari Liverpool FC pada Derbi Merseyside di Stadion Anfield tiga hari sebelumnya, yang mengakibatkan mereka merosot ke posisi ke-18 klasemen. Faktanya kehadiran striker legendaris The Toffees berjuluk “Big Duncan” itu langsung menghidupkan optimisme tim.




Baca Juga :
- Lampard Hindari Transfer Spontan, tapi Kalau Ada yang Cocok Oke
- Inter dan Giroud Sudah Sepakat, tapi Tunggu Pemain Ini Pergi untuk Bisa Merapat




Pria Skotlandia tersebut berlari-larian di garis lapangan saat Richarlison membawa Everton unggul lima menit setelah kick-off. Dia bahkan melakukan selebrasi dengan seorang ballboy kala Dominic Calvert-Lewin mengambil keuntungan dari kecerobohan lini pertahanan The Blues untuk menggandakan keunggulan tim tuan rumah empat menit setelah jeda.

Publik Goodison Park gelisah ketika empat menit kemudian gelandang Mateo Kovacic berhasil membalaskan satu gol Chelsea dari tembakan jarak jauh. Tetapi pada akhirnya Ferguson lagi-lagi mengekspresikan sukacitanya ketika buruknya sektor belakang Chelsea memungkinkan Calvert-Lewin menembakkan bola melalui sela dua kaki kiper Kepa Arrizabalaga pada menit ke-84.


Baca Juga :
- 5 Sayap Muda Terbaik di Eropa
- Diego Costa Bertinju Melawan Tukang Pijat, Begini Reaksi Pemain Chelsea


Dilatarbelakangi gemuruh sorak sorai publik Goodison Park, Ferguson dan para pemain Everton merayakan kemenangan itu saat peluit akhir berbunyi. Peringkat The Toffees pun naik empat tingkat, dari sebelumnya ke-18 menjadi ke-14. Yang menarik tim seleksi Ferguson tampil penuh semangat ketika mempertontonkan semua kelemahan Chelsea.

Calvert-Lewin yang paling diuntungkan dari rentannya pertahanan Chelsea. Striker 22 tahun ini mengambil peluang dari kekacauan di area penalti klub London Barat itu untuk mencetak gol kedua The Toffees, lalu menyerang lagi selama 10 menit terakhir setelah Arrizabalaga membiarkan sang pemain melepaskan tembakan melalui sela-sela kakinya.

“Sungguh atmosfer yang luar biasa bagi saya, tetapi para pemain yang perlu mendapat pujian. Mereka tampil fantastis; semua bekerja maksimal. Ini kemenangan yang penting setelah periode sulit yang kami lalui,” kata Ferguson.

Tiga kali kebobolan di Goodison Park mempertegas rapuhnya lini pertahanan Chelsea. Setidaknya pelatih Frank Lampard bisa merekrut pemain pada Januari mendatang setelah larangan transfer The Blues direduksi oleh Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS). Dan kekalahan dari Everton ini bisa menjadi alasan bagi Lampard untuk menghabiskan sebagian besar dana untuk memperkuat sektor belakang yang bocor.

Lampard tidak menampik bahwa Chelsea gagal bermain maksimal melawan Everton. Ini membuat sang pelatih cemas terkait rapor pertahanan timnya. Dalam 16 laga Liga Primer musim ini, The Blues telah kemasukan 24 kali, paling banyak di antara tim-tim elite (The Big Six). Sepanjang periode itu pula, mereka hanya mampu membuat tiga clean sheet.

Catatan ini menurun drastis dibandingkan dua musim sebelumnya pada periode yang sama (lihat data). “Kami kebobolan tiga gol yang mengerikan,” ujar Lampard. “Kami harus melepaskan tembakan kami, terutama melawan tim yang memiliki banyak pemain di sekitar kotak penalti. Sangat penting untuk tetap melanjutkan semangat bermain walau disayangkan gagal dapat hasil yang diharapkan," kata Lampard.

Selanjutnya Everton akan bertandang ke Manchester United FC (MU) di Liga Primer pada Minggu, 15 Desember nanti. Sedangkan Chelsea akan menjamu AFC Bournemouth setelah melakoni partai kandang Liga Champions melawan Lille OSC pada Selasa (10/12) malam.***NURUL IKA HIDAYATI

 

 

loading...
I
Penulis
I Gede Ardy E
news
news