news
SEA GAMES 2019
Begini Hasil Bedah Jam Terbang Pemain Vietnam U-22 dan Indonesia U-22
09 December 2019 06:15 WIB
berita
Saddil Ramdani saat membela timnas Indonesia dalam laga uji coba internasional - TopSkor/Ady Sesotya
MANILA – Sepak bola Vietnam sedang memanen bibit-bibit andal dari proses pembinaan sejak 2010. Setelah tahun lalu menjadi runner-up Piala Asia U-23 2018, kini The Golden Star berkesempatan meraih medali emas SEA Games 2019.

Dari generasi emas 2018 itu, setidaknya ada tujuh pemain yang masih membela Vietnam U-22, yang kini tampil di SEA Games 2019. Ketujuh pemain tersebut menjadi tulang punggung Park Hang Seo, pelatih Vietnam U-22.




Baca Juga :
- Drastis Gaji Pemain Liga Inggris Dipangkas hingga Wabah Covid-19 Tuntas
- Momen Perlawanan! Arteta Akan Pimpin Tim yang Bakal Mengalahkan Corona


Mereka itu adalah kiper Bui Tien Dung, bek Doan Van Hau, gelandang Truong Van Thai Quy dan Nguyen Thanh Chung, penyerang sayap Nguyen Quang Hai dan Bui Tien Dung, serta striker Ha Duc Chinh.  

Tetapi, Quang Hai dipastikan absen dalam laga final menghadapi Indonesia di Stadion Rizal Memorial, Selasa (10/12) nanti, karena cedera ligamen. Hal ini dinilai sangat merugikan, namun Hang Seo mencoba tak terpengaruh.


Baca Juga :
- Semua Kompetisi di Inggris Disetop, Mencegah Situasi Makin Buruk Akibat Corona
- Prioritaskan Lini Tengah, Arsenal Mau Beli Gelandang Atletico Ini, Pilihan Tepat


Media Vietnam contohnya, sempat khawatir dengan absennya pemain Hanoi FC itu sebelum melawan Thailand. Namun, rasa was-was tersebut dapat diatasi karena pemain lainnya, seperti Nguyen Thien Lhinh dan Ha Duc Chinh tampil impresif.

Adapun katalisator perminan Vietnam adalah gelandang senior Nguyen Trong Hoang. Pengguna nomor punggung delapan itu tak pernah absen dalam enam pertandingan SEA Games 2019, sejak babak grup.

Tah hanya itu, ada tiga pemain eks skuat Asian Games 2018. Dalam ajang yang berlangsung di Indonesia ini, Vietnam menjadi semifinalis. Tiga pemain itu adalah kiper Tien Dung, bek Van Hau, dan gelandang serang Quang Hai.

Sedangkan dalam skuat Indonesia U-22, hanya tersisa 10 pemain eks skuat Piala AFF U-22 2019. Mereka itu adalah Riyandi, Nurhidayat, Andy Setyo, Bagas Adi, Firza Andika, Asnawi Mangkualam, Rachmat Irianto, Sani Rizki, dan Osvaldo Haay.

Sedangkan eks skuat Asian Games 2018, hanya tersisa lima pemain, yakni Andy Setyo, Bagas Adi, Evan Dimas, Zulfiandi, dan Saddil Ramdani. Dalam ajang ini, Indonesia hanya menembus babak 16 besar.

Pertanyaannya, siapakah tiga pemain andalan Vietnam dan Indonesia? Dari Vietnam ada bek Van Hau, gelandang Trong Hoang, dan striker Duc Chinh. Sedangkan Indonesia ada bek Andy Setyo, gelandang Evan Dimas, dan striker Osvaldo Haay.

Namun, pemain kunci yang perannya vital namun agak disembunyikan ada dua nama. Indonesia punya Saddil Ramdani, dan Vietnam punya Hoang Duc. Dua pemain ini yang sepertinya bakal menjadi kartu as Indra Safri dan Park Hang Seo.*

news
Penulis
Abdul Susila
Pejalan kaki untuk gunung-gunung tropis Indonesia. Mencintai sastra, fanatis timnas Garuda, dan sedang aktif di sepak bola usia dini. Anak pertama dari tiga bersaudara.
news
news