news
LIGA INGGRIS
Liverpool Tak Lagi Bergantung dengan Tiga Penyerang Utama
07 December 2019 13:55 WIB
berita
Penyerang Sadio Mane (kanan) menjadi pemain Liverpool paling produktif mencetak gol musim ini./AFP
BOURNEMOUTH – Liverpool FC telah menggali metode baru dalam meningkatkan formula kemenangan mereka pada 2019/20. The Reds tak lagi sepenuhnya bergantung kepada trio penyerang andalannya untuk mencetak gol. Kini para bek dan gelandang juga berkontribusi secara teratur dalam menjebol gawang lawan.

Selama dua tahun terakhir, Liverpool sangat bergantung pada gol-gol Sadio Mane, Mohamed Salah, dan Roberto Firmino. Musim ini berbeda. Mereka mempertahankan 32 pertandingan beruntun tanpa kekalahan di ajang liga, termasuk memenangi delapan di antaranya dengan skor 2-1.




Baca Juga :
- Tudingan Li-VAR-pool Tidak Berdasar! Statistik Membuktikan Liverpool Memang Layak Jadi Juara Liga Primer 2019/20
- Rebut Gelar Liga Primer Musim Ini, Liverpool Terima Hadiah Uang Terbesar Sepanjang Sejarah


Musim lalu, 69 dari total 115 gol Liverpool di Liga Primer dan Liga Champions dicetak oleh salah satu dari Mane, Salah, atau Firmino. Musim ini, distribusinya lebih merata ke seluruh lini. Dari 46 gol The Reds di dua ajang tersebut, 24 di antaranya – atau lebih dari 50 persen – bukan atas nama Mane, Salah, atau Firmino.

Itu lebih dari sekadar bahwa Liverpool, dalam arti abstrak, “lebih seimbang.” Mengingat skornya yang ketat, banyak dari gol-gol ini sangat krusial dalam menjaga rekor tak terkalahkan The Reds, yang berarti bahwa mereka tidak harus bergantung pada barisan penyerang yang performanya tetap konsisten.


Baca Juga :
- Kulit Shaqiri Terbakar saat Liburan di Kapal Pesiar, Mirip Kaus Liverpool
- Ada yang Berbeda! Liverpool Luncurkan Jersi Baru Musim 2020/21


Dua sundulan kuat Virgil Van Dijk melawan Brighton & Hove Albion FC, akhir pekan lalu, mengamankan tiga poin bagi pasukan Juergen Klopp. Mane menjaringkan gol kemenangan pada menit akhir melawan Aston Villa FC, tetapi gol balasan, hanya 10 menit sebelumnya, tercipta dari bek kiri Andrew Robertson.

Pemain selain tiga penyerang utama juga kerap muncul sebagai pembeda Liverpool dalam laga-laga yang sulit musim ini. Gelandang Georginio Wijnaldum mencetak gol pertama di kandang KRC Genk di Liga Champions, lalu saat melawan Sheffield United FC serta versus Everton FC dalam Derbi Merseyside, Rabu (4/12) lalu.

Kapten Jordan Henderson menyamakan skor 1-1 melawan Tottenham Hotspur FC. Lalu tendangan roket Fabinho mengawali kemenangan 3-1 atas Manchester City FC. Alex Oxlade-Chamberlain telah menyumbang tiga gol. Gol Adam Lallana dan Dejan Lovren masing-masing menyelamatkan poin melawan Manchester United FC dan SSC Napoli.

Penampilan luar biasa Divock Origi melawan Everton di Anfield membuktikan The Reds punya skuat lapis kedua yang berkualitas. Ini memungkinkan dua dari trisula utama memiliki waktu istirahat yang layak. Sementara Xherdan Shaqiri yang jarang dapat kesempatan pun telah mencetak gol pada laga starternya, tengah pekan lalu.

Bukan tidak mungkin, pemain dari lini pertahanan atau tengah yang akan muncul sebagai penentu saat Liverpool melawat ke kandang AFC Bournemouth, Sabtu (7/12) ini. Kendati demikian, tetap saja The Reds akan berharap tiga penyerang andalannya kembali memperlihatkan ketajamannya di Stadion Vitality nanti.

Bulan Sibuk

Liverpool telah memulai periode yang sibuk Desember ini. Mane dan kawan-kawan bersiap untuk berlaga di berbagai kompetisi. Selain Liga Primer, pasukan Klopp harus bertarung di fase grup Liga Champions, mengatasi Aston Villa di perempat final Piala Liga (Carabao Cup), Piala Dunia Antarklub di Qatar, dan bertemu Everton di Piala FA.

Yang menarik, para analis dari FiveThirtyEight menggunakan perhitungan khusus untuk memprediksi prestasi yang bisa diraih The Reds musim ini. Hasilnya, Liverpool mendapatkan kemungkinan 70% untuk mengakhiri penantian panjang menjuarai Liga Primer untuk kali pertama sejak bergulir pada 1992 silam.

Situasinya berbeda di Liga Champions karena Liverpool tak dipandang sebagai pesaing utama untuk kandidat juara. Klopp dan timnya hanya menjadi underdog musim ini, dengan kemungkinan hanya delapan persen untuk dapat mempertahankan trofi yang mereka rengkuh di Madrid musim lalu.***NURUL IKA HIDAYATI

Persebaran Gol Liverpool Sepanjang 2019/20
Para pencetak gol              Laga   Total gol
Sadio Mane                          20       11
Mohamed Salah                     17        9
Roberto Firmino                   20        4
Alex Oxlade-Chamberlain     13        3
Divock Origi                           15        3
Georginio Wijnaldum           20        3
Virgil Van Dijk                       20        3
Andrew Robertson               20        2
Xherdan Shaqiri                    4          1
Dejan Lovren                         9          1
Adam Lallana                         9          1
Joel Matip                               10        1
James Milner                          16        1
Jordan Henderson                17        1
Fabinho                                  17        1
Trent Alexander-Arnold      21        1

           

 

 

 

 

 

I
Penulis
I Gede Ardy E