news
LIGA 1
Gebrakan Baru, Tak Ingin Jadwal Kompetisi Liga 1 2020 Berubah-ubah, LIB Akan Mou dengan Polisi
07 December 2019 11:05 WIB
berita
Petinggi LIB memberi keterangan pers, Kamis (6/12) - TopSkor/Furqon Al Fauzi
JAKARTA – Meski kompetisi tahun ini belum berakhir, PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator Liga 1 dan 2,  sudah membuat ancang-ancang terkait musim depan. Salah satu yang menjadi fokus utama LIB adalah antisipasi penjadwalan kompetisi yang pada setiap musimnya selalu mengalami penundaan.

Tak ingin seperti edisi 2018 dan 2019, yang banyak sekali penundaan, LIB berharap program yang telah dirancang bisa berjalan dengan lancar dan disetujui oleh klub, juga PSSI. Tanggal kick-off Liga 1 2020 sudah ditetapkan, yakni 1 Maret mendatang, namun jadwalnya sedang dalam tahap perancangan.




Baca Juga :
- Lelang 30 Jersey, PSS Sleman Ikut Perangi Covid-19
- Cerita di Balik Pemotongan Gaji yang Bikin Nabil Husein Terharu


Tak hanya bertemu klub dan PSSI (selaku pemilik saham), LIB juga mengagendakan pertemuan dengan Polisi Republik Indonesia. Ini untuk penyesuaian kalender Kamtibmas nasional sepanjang 2020. Hal ini dinilai penting agar tercipta harmoni agenda kompetisi, untuk kelancaran perizinan menggelar pertandingan.

“Nanti kami akan lihat apakah bentuknya MoU (Memorandum of Understanding) atau kesepakatan lain. Jadi, ketika kami sudah jalani petunjuk polisi, mereka punya tanggung jawab bersama untuk melakukan clear masalah yang nanti tiba-tiba muncul di tengah kompetisi,” kata Direktur Utama PT LIB Dirk Soplanit.


Baca Juga :
- Persib Siap Revisi Kontrak Pelatih, Pemain, dan Ofisial
- Mantan Pemain Asing Persebaya Ini Sebut Negaranya Aman dari Covid-19 dan Bawa Timnya Juara


Dirk menambahkan, LIB bakal sangat hati-hati dalam menetapkan jadwal satu musim ke depan. Agenda timnas Indonesia, dalam hal ini kalender internasional FIFA, serta persiapan Piala AFF 2020, jadi pertimbangan. Tak terkecuali agenda Pilkada di sejumlah Kabupaten, Kota, dan Provinsi di seluruh Nusantara.

“Beberapa kali saya bertemu dengan pejabat polisi. Mereka sudah jelaskan, kalender pengamanan mereka itu jelas dalam satu tahun. Itu membuka jalan buat kami dalam berkoordinasi, berapa kali main dalam satu bulan,” kata Dirk. “Kemudian mereka akan melihat dan kasih masukan kepada kami.”

Manajer kompetisi LIB Asep Saputra menambahkan, penjadwalan Liga 1 2020 juga menyesuaikan dengan kalender Liga Champions Asia, Piala AFC, dan AFF Club Championship (ACC) yang akan bergulir untuk pertama kalinya mulai 2020. Peserta ajang ini adalah 12 jawara kompetisi Asia Tenggara.

Selain itu, ada pula agenda nasional Pekan Olah raga Nasional (PON) 2020 di Papua. Segala kegiatan nasional ini diperhitungkan dengan cermat agar tak ada yang dirugikan. Karenanya LIB belum bisa merilis jadwal kompetisi musim depan pada akhir tahun ini. Jadwal sementara baru akan dirilis pada awal 2020.

“Untuk jadwal kompetisi musim 2020 sudah kami rancang. Tanggal 1 Maret kami pikir jadi waktu yang pas untuk memulai kick-off. Tapi kami menunggu arahan PSSI, mengingat ada turnamen pramusim seperti Piala Presiden. Jadi, kalau ada pemunduran kick-off pekan perdana, itu pasti memengaruhi keseluruhan jadwal,” ucap Asep.

Bila sampai laga perdana Liga 1 2020 mengalami perubahan, otomatis pula jadwal akan dirombak ulang. Karenanya, turnamen pramusim diharapkan tidak berlangsung dengan durasi yang panjang, atau mengganggu program kompetisi. “Kalau kick-off ditunda, efeknya bisa ke agenda musim berikutnya,” kata Asep.* Furqon Al Fauzi

news
Penulis
Abdul Susila
Pejalan kaki untuk gunung-gunung tropis Indonesia. Mencintai sastra, fanatis timnas Garuda, dan sedang aktif di sepak bola usia dini. Anak pertama dari tiga bersaudara.
news
news